[Ulasan] Youkai Apartment no Yuuga na Nichijou

Youkai Apartment no Yuuga na Nichijou
Youkai Apartment no Yuuga na Nichijou

Untuk mengawali musim baru, yaitu musim panas 2017, saya akan mengulas anime yang satu ini. Secara harfiah ini artinya Kehidupan Apartemen Youkai yang Anggun. Youkai di sini bisa berarti hantu, siluman, atau jenis makhluk gaib lainnya. Tapi, seperti biasa, saya hanya akan mengulasnya dengan acuan episode satu hingga enam.

Langsung saja.

Cerita

Cerita Youkai Apartment no Yuuga na Nichijou memang seperti judulnya, yaitu apartemen berhantu. Bergenre misteri yang dibalut dengan drama keseharian. Saya sendiri sangat suka dengan konsep ceritanya. Belum lagi episode satu yang diceritakan dengan cukup baik. Pengenalan karakter yang sangat bagus, tokoh utama yang lumayan, cerita yang menarik, menjelaskan beberapa emelen-elemen dalam cerita yang membuat dramanya jadi hidup.

Sedikit gambaran, anime ini bercerita tentang Yuushi Inaba yang ingin bersekolah di SMK di luar kota agar bisa keluar dari keluarga pamannya. Singkat cerita Yuushi tidak memiliki orang tua dan harus tinggal bersama pamannya, tapi anak atau bisa dibilang keponakannya terlihat sangat cuek dan tidak suka tinggal bersama Yuushi. Karena itu Yuushi bertekad ketika lulus SMP dia ingin pindah dan keluar dari rumah pamannya.

Musim semi pun tiba, ketika rencananya akan pindah ke asrama sekolah baru, tiba-tiba terjadi kebakaran pada asrama yang akan ditinggali, Yuushi pun bingung dan mencari-cari kontrakan. Kebetulan dia menemukan apartemen yang bisa dia tinggali sementara selama 6 bulan sambil menunggu asramanya kembali dibangun. Nah, selama 6 bulan inilah kehidupan Yuushi yang berbeda dari sebelumnya ia alami dengan begitu berwarna.

Yang menarik adalah, ceritanya yang tidak terlalu fokus pada “youkai” saja. Ini memiliki sudut pandang tokoh utama. Jadi benar-benar dilihat dari kehidupan Yuushi Inaba. Kebetulan Yuushi ini punya sahabat bernama Mizuki Hase. Tapi karena jalan hidup mereka berbeda, Mereka pun terpisah namun tetap saling berhubungan jarak jauh. Sudah kayak pacaran saja, ya. Hahaha.

Selain persahabatan diatas, sebenarnya anime ini lebih berfokus pada gaya hidup manusia yang monoton. Bangun tidur, makan, berangkat sekolah / kerja, pulang, tidur, dan begitu setiap harinya. Tapi yang dirasakan Yuushi ini berbeda dari apa yang pernah ia rasakan ketika di rumah pamannya ketika SMP. Dia merasa benar-benar hidup, benar-benar merasakan kehangatan dalam apartemen yang ia tinggali.

Berbicara soal apartemennya, sebenarnya biasa. Isinya memang ada hantu atau disebut youkai. Tapi tidak semuanya hantu. Memang ada penghuni manusia yang lain. Bisa dibilang, apartemen ini adalah tempat tinggal manusia dan youkai. Mereka hidup berdampingan di sini. Ada yang memang sejak awal hantu, ada juga yang sebelumnya manusia, meninggal, lalu arwahnya jadi youkai dan hidup dalam apartemen tersebut.

Nah, ini yang menarik. Seperti yang katakan sebelumnya, ceritanya tidak berfokus pada youkai, dalam arti bukan hanya seramnya hantu yang tinggal di apartemen, melainkan cerita drama dari setiap youkai yang tinggal. Nanti kita akan tahu bagaimana hidup beberapa youkai yang tinggal di sana. Ada juga arwah gentayangan yang semasa hidupnya benar-benar berat, makanya dia jadi gentayangan.

Untuk episode satu hingga lima ini masih sangat berfokus pada kehidupan Yuushi. Nanti episode enamnya mulai ada hal baru. Yuushi bisa mengendalikan youkai. Bisa dibilang nanti Yuushi punya peliharaan Youkai. Keren, ‘kan? Entah kenapa saya jadi ingat Natsume Yuujinchou. Hanya saja Natsume lebih handal ketimbang Yuushi. Hahaha, jelas, lah!

 

Grafis

Studio yang menangani adalah Shin-Ei Animation. Jarang dengar dengan studio ini, ya? Sebenarnya studio inilah yang menggarap Doraemon, lo. Tapi, bukan berarti penggambarannya seperti Doraemon. Tentu saja lebih modern dan bagus. Bisa dibilang lebih ke mengga tapi sebenarnya tidak juga.

Beberapa adegan hantu yang menyeramkan pun di gambar dengan cukup baik, jadi berasa hawa seramnya. Oh, iya, meskipun ini anime keseharian, tapi sedikit ada gelutnya, lo. Nah, di sinilah saya hanya ingin menyampaikan kalau jangan terlalu berharap dengan adegan gelutnya. Wahahaha. Tapi sungguh, adegan yang diberikan cukup memuaskan.

Karakter

Di sini yang paling ditekankan adalah Yuushi Inaba. Jadi saya hanya akan menceritakan Yuushi saja. Dia ini memiliki sifat yang terlalu fokus pada masa depan. Sifat ini dia dapat persis ketika dia kehilangan orang tuanya. Dia benar-benar mengubah hidupnya dan ingin sekali mandiri.

Hanya saja, dia ini masih belum yakin dengan apa yang dilakukannya. Terkadang dia masih ragu untuk melakukan sesuatu. Tapi kadang juga dia langsung melakukan hal yang memang seharusnya dilakukan dengan segera. Contohnya saja ketika ada yang butuh bantuan, Yuushi akan langsung menghampiri dan mengulurkan bantuannya.

Selain kehidupan pribadinya, dia ini punya sahabat sejati bernama Hase. Kalau ketemu, curhatnya sama Hase dan benar-benar bikin hatinya lega, karena sudah bercerita panjang lebar apa yang telah dialaminya. Begitu juga dengan Hase.

Musik

Lagu Pembuka: Good Night Mare oleh Lozareena 「ロザリーナ」
Lagu Penutup: Nichijoushiki Broken down 「日常識 Broken down」 oleh Yuushi Inaba (Atsushi Abe), Mizuki Hase (Yuuichi Nakamura)

Lagu pembukanya dibawakan dengan ceria, benar-benar cocok untuk mengawali cerita Yuushi yang berwarna di apartemennya yang penuh youkai. Dan lagu penutupnya sendiri dinyanyikan oleh pengisi suara dari Yuushi dan Hase. Untuk ini saya tidak ingin berkomentar, ah.

Efek suaranya sendiri cukup bagus. Misal ketika adegan seram, benar-benar dibuat merinding dan menakutkan. Perubahan adegannya sangat cocok dengan efek suara yang diberikan.

 

Kenikmatan Menonton

Awalnya kita akan disuguhkan dengan drama Yuushi ketika pertama kali merasakan apartemen youkai dengan diselingi beberapa drama yang membuat kita adem melihatnya. Oh, iya. Satu hal, selama 6 episode ini saya belum lihat adanya adegan romansa. Jadi jangan berharap lebih, ya. Kalau cuma interaksi dan sedikit layanan kipas mah tetap ada.

Di episode ke enam ceritanya mulai sedikit berubah. Yang saya lihat sih, Yuushi sudah mulai terbiasa dengan melihat penampakan hantu. Bahkan di episode 6 ini Yuushi bisa mengendalikan youkai. Bisa dibilang dia memiliki youkai pribadi.

Anime ini sangat cocok buat kamu yang pengn nonton dengan santai. Meski tidak ada komedinya, tapi cukuplah untuk bersantai sambil menonton drama segar dari Yuushi.


Penilaian

Cerita: 9
Grafis: 7
Karakter: 8
Musik: 7
Kenikmatan: 9
Keseluruhan: 8.0/10

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: