[Ulasan] Tsurune: Kazemai Koukou Kyuudoubu

Lima Anggota Tim Panahan Putra SMA Kazemai
Lima Anggota Tima Panahan Putra SMA Kazemai

Tsurune: Kazemai Koukou Kyuudoubou atau bisa diartikan dengan Tsurune: Ekskul Panahan SMA Kazemai, merupakan anime bergenre olahraga yang diadaptasi dari novel ringan karya Kotoko Ayano dan diadaptasi menjadi anime yang baru tayang sebanyak enam episode. (Terhitung sejak artikel ini dibuat)

Penayangannya sendiri sempat diundur satu minggu karena ada masalah eksternal yang mengakibatkan mundurnya jadwal tayang. Anime ini sendiri meski dilabeli genre olahraga, tapi sebenarnya lebih ke drama yang dikhususkan untuk penonton wanita. Yap, karena para karakter utamanya memang cowok atau sekumpulan pria layaknya anime “Free!”.

Meski begitu, anime ini tetap dapat dinikmati oleh para penonton pria seperti saya sendiri yang memang lumayan seru untuk ditonton.

Cerita

Konsep ceritanya sendiri berpusat pada Minato Narumiya yang saat SMP terkena Target Panik. Target Panik sendiri bukanlah penyakit dalam medis, hanya istilah yang menyerang seorang pemanah di mana yang bersangkutan akan merasa gelisah atau gugup saat akan menembakkan anak panah. Gugup di sini berbeda dari demam panggung, tapi lebih ke tidak percaya diri. Biasanya orang yang kena Target Panik ini saat menarik anak panah akan langsung dilesatkan karena merasa gelisah.

Nah, Minato sendiri saat sadar akan hal itu dia pun berhenti menjadi pemanah karena dirinya merasa tidak akan bisa sembuh dari Target Panik. Suatu hari Minato bertemu dengan Masaki Takigawa yang sedang melakukan panahan, dan Masaki ini dulunya juga sama seperti Minato, dia terkena Target Panik tapi sampai sekarang tetap melanjutkan panahan.

Dari situlah Minato merasa dia juga pasti bisa sembuh dari Target Panik dan mulai bergabung dengan ekskul panahan di sekolahnya, yaitu SMA Kazemai.

Namanya olahraga pastinya tidak akan seru kalau tidak ada pertandingannya, bukan? Nah, kebetulan saat Minato bergabung dengan ekskul panahan, di dalamnya sudah ada 4 anggota cowok yang memang berniat ingin mengikuti turnamen grup panahan. Tapi, turnamen grup sendiri minimal diikuti 5 orang, dengan masuknya Minato berarti syarat untuk ikut sudah terpenuhi.

Baca Juga:  [Ulasan] Uma Musume: Pretty Derby

Hanya saja tidak semudah itu, Minato masih harus berjuang melawan Target Panik yang menyerangnya dan berusaha untuk menjadi bagian dari tim panahan dalam ekskul tersebut. Sekadar informasi, tim panahan khususnya pria dalam ekskul panahan tersebut sedikit tidak karuan karena memang setiap tokohnya kurang bisa bekerja sama.

Karena itulah saya bilang anime ini lebih ke drama dibanding olahraganya. Meski begitu, sejauh ini dramanya tidaklah berat. Hanya permasalahan satu karakter yang memang agak keras kepala dalam tim panahan tersebut.

Grafis

Buat para pecinta anime siapa sih yang tidak kenal studio Kyoto Animation? Sama seperti anime Free!, Tsurune pun diadaptasi oleh Kyoto Animation. Jadi gambarnya tidak perlu diragukan lagi. Saya sendiri betah nontonnya.

Karakter

Sebelumnya saya bilang anime ini berpusat pada Minato Narumiya, tapi sebenarnya makin ke sini jadi lebih berpusat ke antar hubungan tim panahan itu sendiri, diantaranya yaitu Minato Narumiya sendiri, Seiya Takehaya yang dulunya satu SMP dengan Minato, Nanao Kisaragi dengan kepribadiannya yang ceria dan punya banyak penggemar perempuan. Dibilang ceria dia ini menurut saya dia memiliki sifat kekanakkan namun dengan pikiran yang dewasa. Bukan kekanakkan sih, lebih ke paling tebar pesona mungkin, ya? Saya susah mendeskripsikannya.

Lalu ada Kaito Onogi, dia sangat dekat dengan Nanao, malah dipanggil Kacchan oleh Nanao. Kacchan ini gampang banget marah dan keras kepala. Tapi kalau dilihat menurut saya memang karena orangnya yang malu-malu dan sulit jujur, kalau kerennya Tsundere. Satu lagi Ryouhei Yamanouchi, nah kalau dibilang paling kekanakkan, Ryouhei adalah karakter yang sangat cocok memegang sebutan tersebut. Sifatnya ini masih seperti anak kecil yang tidak tahu apa-apa. Dia sendiri tertarik dengan panahan setelah melihat Minato di SMP.

Baca Juga:  [Ulasan] Chio-chan no Tsuugakuro

Dari ke lima karakter cowok diatas, ada juga tiga karakter cewek yang juga merupakan anggota panahan. Meski tidak terlalu disorot, tapi lumayanlah untuk mempermanis tontonan terutama buat para cowok.

Musik

Lagu Pembuka: Naru oleh Luck Life
Lagu Penutup: Orange Iro 「オレンジ色」 oleh ChouCho

Lagu pembukanya sendiri dinyanyikan dengan ceria dan sangat enak didengarkan. Dengan ilustrasi yang memperkenalkan para karakter dan tokoh-tokoh lain membuat penonton jadi penasaran “Siapa dia?”. Lalu lagu penutupnya sendiri bernuansa sedih dan “ngena” banget.

Untuk efek suara menurut saya sangat bagus apalagi pas adegan memanahnya. Rasanya kita jadi kayak ikut memanah, dan itu terasa banget.

Kenikmatan Menonton

Terus terang awalnya saya merasa ada yang kurang, tapi masuk akhir cerita episode satu di mana Minato bertemu dengan Masaki saya jadi mulai memikirkan banyak hal. Mulai dari siapa? Apa hubungannya? Kok bisa di situ? Dan makin ke sini pun lumayan sedikit terjawab meski masih ada beberapa misteri lainnya.

Di myanimelist sendiri anime ini memiliki rating yang lumayan tinggi, sepertinya berkat penonton cewek. Meski begitu saya sangat yakin kalau penonton cowok pun akan menyukai anime ini. Setidaknya tontonlah 3 episode awal. Nanti kalian akan tahu di mana menariknya.


Penilaian

Cerita: 7
Grafis: 8
Karakter: 7
Musik: 9
Kenikmatan: 8
Keseluruhan: 7.8/10

irzie

Seorang pengulas amatir yang ingin terus meningkatkan kemampuannya. Ada perlu? Kontak saya di twitter @irzie_

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.