[Ulasan] Sword Art Online II – Mother’s Rosario

Asuna x Konno


Sebelum mulai, saya turut berduka atas berpulangnya Monty Oum, sang kreator RWBY. Semoga diampuni dosanya dan diberikan tempat yang lebih baik.
Selain itu, saya ucapkan selamat ulang tahun untuk Rin Tohsaka. Sudah, itu saja.


Lanjut ke ulasan, dan curcol dulu ah. Padahal lagi nonton Girlfriend Beta, eh malah penasaran sama Yuuki Konno dan enggak sadar sudah sampai tamat. Jadi Girlfriend Beta saya tunda. Sekarang ngulas SAO II – Mother’s Rosario.
Omong-omong, kartun ini masuk dalam kategori tayang musim panas, lo. Tapi saya berikan tag musim gugur.

Cerita
Wah, dari semua seri, menurut saya yang paling ngena cuma ini. Disini, karakter yang paling ditonjolkan adalah Asuna Yuuki dan Yuuki Konno. Cerita tentang Yuuki Konno dengan sudut pandang Asuna, mungkin bisa dibilang begitu.
Jadi ini mengenai player terkuat di ALfheim Online dengan julukan Zekken 「絶剣」atau Absolute Sword yang tidak lain adalah Yuuki Konno. Dia mencari seorang pemain untuk membantunya melawan BOSS di lantai 27, dengan alasan agar nick-nya tercantum didinding pemain lantai dasar (Kalau tidak salah).
Namun, dibalik itu semua, ternyata tersimpan rahasia “kenapa mereka (Konno dan anggota serikatnya―Sleeping Knights―Dengan Konno sebagai ketua) ingin mencantumkan nick-nya”

Sudah ya, biar enggak spoiler. Intinya ceritanya bagus, Kirito jarang muncul, Sinon juga sih, tapi enggak apa, kan sudah ada Dik’ Konno.
Omong-omong, ceritanya juga enggak selalu mengenai Konno, karena sudut pandang yang diambil adalah Asuna, jadi Asuna disini juga memiliki masalah tersendiri. Kadang ada beberapa adegan kilas balik mengenai dirinya.
Selain itu, karena saya membaca novel ringannya, ada beberapa adegan yang diskip. Seperti penjelasan mengenai Avatar ALO lain milik Asuna yang diberik nick―kalau tidak salah―Erika. Dan kalau saya perhatikan, ada beberapa adegan tambahan yang seingat saya tidak ada dalam novel, seperti perburuan dungeon dengan Sinon―eh, ada enggak, sih?

Grafis
Sebenarnya sih sama saja, soalnya ALfheim Online. Hanya saja ada tambahan karakter baru, dan grafis lebih cerah dibanding saat di Gun Gale Online. Yah, soalnya GGO penuh dengan warna hitam.
Tapi entah kenapa untuk adegan pertarungan saya lebih menyukai saat di GGO. Soalnya masih ada beberapa adegan yang menggunakan metode lawas, misal saat Leafa menyerang lawan, maka gambar akan berubah menjadi kilatan cahaya yang tiba-tiba sang lawan tewas tanpa ada proses pertarungan yang diperlihatkan.

Karakter
Saya sempat kaget mendengar suara karakter Yuuki Konno dan Kyouko Yuuki (Ibu Asuna). Jauh dari bayangan saya, tapi buat Konno enggak ada masalah sih. Saya malah jadi ngefans sama mbak Aoi Yuuki (pengisi suara Konno).
Tadi saya bilang sempat kaget sama Bu Kyouko, iya, benar … soalnya saya pikir suaranya bakal lebih angkuh, kejam, sadis. Tapi biasa saja sih, cuma sifatnya itu saya enggak suka.

Selain dua karakter diatas, ada beberapa karakter baru dari serikat Sleeping Knights, seperti: Siune, Jun, Tecchi, Talken, Nori, Clovis, Merida.
Omong-omong, Siune di dunia nyata ternyata megane.
Oh, iya. Perlu kamu tahu, pendiri serikat Sleeping Knights adalah Aiko Konno. Dia adalah kakak dari Yuuki Konno.
Ah, sampai ingat diepisode terakhir, mbak Aoi Yuuki suaranya kok berubah jadi nenek-nenek, ya.

Lo, ini bahas karakter apa suara sih. Pokoknya itulah, sifat karakter enggak perlu dibahas, yang penting nikmatin sata feel-nya.

Musik
Saya suka lagu pembuka yang dibawakan Haruka Tomatsu dengan judul “Courage”. Tidak hanya dimanjakan dengan lagunya, ilustrasi yang diberikan juga menyegarkan dan pas. Dan di episode terakhir, Haruka Tomatsu membawakan lagu berjudul “Separate Ways” 「セパレイト・ウェイズ」.
Sedangkan lagu penutup dibawakan LiSA dengan judul “Shirushi” 「シルシ」. Lagunya menurut saya biasa saja sih, hanya saja didukung dengan ilustrasi yang ngena, jadi saat mendengarkannya berasa banget Feel-nya.
Untuk efek suara cukup―tidak―sangat bagus, entahlah, saya menyukai beberapa efek suara ketika seorang karakter dihadapkan dengan situasi sulit.

Kenikmatan Menonton
Pokoknya nikmat pakai banget.


Penilaian
Cerita: 9
Grafis: 7
Karakter: 9
Musik: 8
Kenikmatan: 10
Keseluruhan: 8.6/10


*Gambar Rin Tohsaka oleh byulrorqual @pixiv

Dan buat kamu yang ingin berbincang-bincang, yuk mampir ke #kunime@irc.rizon.net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: