[Ulasan] Sore ga Seiyuu!

Sebenarnya ini udah lama saya ingin menontonnya, satu hal yang membuat saya tertarik, karane judulnya “seiyuu”. Pasti bakal memperlihatkan cerita menarik, apalagi dengan grafis yang bisa saya katakan cocok untuk genre komedi.

Tapi sepertinya malah lebih cocok dengan judul “drama seiyuu”. Lo, kok bisa? Yuk, langsung ke intinya aja.

Cerita
Namanya juga seiyuu, ya bagaimana pun juga ini cerita tentang pengisi suara. Atau lebih tepatnya kehidupan pengisi suara, yang dimulai dari awal melakukan pekerjaan pengisi suara lalu mendapat tawaran untuk menyuarakan karakter ini dan itu, namun dalam prosesnya terdapat drama, yang jujur saja menurut saya malah bikin kesal. Memang itu sedang adegan sedih, cuma sifat karakter yang bisa dibilang terlalu lemah, jadi gampang syok dan depresi. Yah, saya tidak menyalahkan, malah mungkin kalau saya jadi dia juga tanpa sadar akan melakukan hal yang sama, apalagi tekanan yang begitu besar dalam melakukan setiap pekerjaan.

Cerita yang dikarang Masumi Asano ini memiliki tiga tokoh yang paling disorot, anatara lain Futaba Ichinose, Ichigo Moesaki, dan Rin Kohana. Mereka bertemu saat mengisi suarakan suatu tokoh dalam satu anime yang sama. Dan ketika ada seseorang yang melihat mereka bertiga begitu akrab dan akhirnya membuatkan unik bernama “earphones”. Nah, dari sini drama perjalanan karir mereka dimulai.

Grafis
Ini adaptasi dari komik indie, ‘kan? (beritahu bila salah). Bila diperhatikan desain Futaba jauh berbeda dengan yang orisinil, atau hanya perasaanku?

Yang jelas sih menurut saya bagian grafis ini kurang, selain ketidakcocokan dengan drama yang disajikan. Gerakan saat konser earphones juga kurang sentuhan.

Karakter
Ini yang paling menarik, enggak main-main beberapa nama-nama terkenal seperti Kaoru Aizawa, Banjou Ginga, Yuri Gaga, Noriko Hidaka, Kie Honma, Yui Horie, Hiroshi Kamiya, Akemi Kanda, Rina Kawada, Madoka Kimura, Mai Kobayashi, Rikiya Koyama, Rie Kugimiya, Yuji Machi, Machico, Aya Nakashima, Yuuji Nara, Hiroshi Narishima, Takeru Naya, Masako Nozawa, Ryoko Shiraishi, Rina Sudou, Miku Taguchi, Chiaki Takahashi, Yukari Tamura, Mai Tomiki dan Ayane Yamada turut andil dalam memerankan karakternya sendiri. Meski dalam dunia nyata belum tentu kepribadiannya sama seperti yang diceritakan, sih. Selain itu juga ada Ayaneru yang berperan sebagai Sayo.

Jujur saja, yang paling kaget pas nama Yui Horie muncul. Kupikir cuma nama, ternyata yang menyuarakan pun orang yang sama.

Terlepas dari itu, Futaba sang tokoh utama ini adalah seiyuu amatir dari Aozora Production. Sedangkan Rin adalah siswi kelas 3 SMP dan Ichigo adalah orang yang memang dari awal bercita-cita menjadi seorang Seiyuu Berkarakter.

Musik
Saya cuma mau memberitahukan judul lagu saja. Soalnya bingung mau ngebahas apa. Intinya mah lumayan.

Lagu Pembuka: Sore ga Seiyuu! 「それが声優!」 oleh Earphones 「イヤホンズ」 (Marika Kouno, Rie Takahashi, Yuki Nagaku)

Lagu Penutup:
♪ Anata no Omimi ni Plug In! 「あなたのお耳にプラグイン!」 oleh Earphones 「イヤホンズ」 (ep 1-5, 7-11)
♪ Mimi no Naka e 「耳の中へ」 oleh Earphones (ep 6)
♪ Hikari no Saki e 「光の先へ」 oleh Earphones (ep 12-13)

Untuk lagu penutup ada sesi “request”, tapi saya enggak cari info mengenai hal itu yang benar-benar permintaan atau bukan.

Kenikmatan Menonton
Awalnya nikmat, cuma dramanya bikin kesal. Jadi inget im@s CG, beberapa tokoh terlalu berpikir berlebihan. Tapi, justru mungkin disinilah daya tariknya.

Semua pekerjaan enggak mudah, ada lika-likunya. Termasuk pengisi suara.


Penilaian
Cerita: 8
Grafis: 6
Karakter: 8
Musik: 6
Kenikmatan: 7
Keseluruhan: 7.0/10


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *