[Ulasan] Show By Rock!!

Lama tidak post. Lagi mode malas.
Ok, lupakan. Sekarang saya akan membahas Show By Rock!!

Sudah lama enggak lihat anime dengan tema band selain K-ON yang saya suka. Eh, muncul Show By Rock. Saya kepincut sama tokoh utama bernama Cyan Hijirikawa. Soalnya megane. Eh, sayangnya itu cuma bertahan beberapa menit.

Baiklah, mungkin ini akan ada spoiler. Jadi silakan pikir-pikir dulu sebelum melanjutkan.

Cerita
Saya pikir ini akan menjadi cerita Slice of Life biasa. Eh, ternyata malah ada unsur fantasi di mana Cyan (tokoh utama) masuk ke dalam dunia lain. Dan yang menarik adalah grafis yang disuguhkan agak berbeda dari anime pada umumnya. (Nanti saya bahas dibagian Grafis)

Dari yang saya tangkap, ini tentang kota yang isinya tempat para band cadas. Karena memang cerita ini bertemakan cadas, jadi disetiap episode hampir selalu ada beberapa konser cadas. Meski tidak full scene dan berbeda.

Berbeda yang saya maksud adalah … adanya Dark Monster yang mengincar konser dengan pemain band yang paling terkenal. Dark Monster ini biasanya mengincar Batu Melodisian yang tersimpan dalam hati Myumon.

Myumon: Sebutan makhluk yang hidup dalam dunia “itu”. Mungkin bisa disebut manusia.

Dan di sinilah Cyan muncul beserta gitarnya yang bernama Strawberry Heart. Benar, untuk mengalahkan Dark Monster, diperlukan musik cadas yang hebat. Sampai episode 6 saya lihat hanya Cyan saja yang dapat mengalahkan Dark Monster. Mungkin kedepannya muncul lagi selain dirinya.

Oh, iya. Apa kalian tahu “Budokan” di Jepang? Budokan adalah gedung aula tempat diselenggarakannya konser cadas berskala besar. Mungkin bisa dibilang panggung surganya para band cadas. Dan, di Show By Rock!! pun ada yang diplesetkan menjadi “BooDooKan”.

Grafis
Ini yang membuat saya tertarik untuk menontonnya. Desain grafis pada karakter yang berubah, 2D yang terkadang berubah menjadi desain lucu saat adegan lawak seperti berikut.

Dan, saat melakukan konser. Tubuh para Myumon akan berubah menjadi 3D seperti berikut.

Agak berbeda bukan? 3D di sini didesain imut, sehingga membuat penonton─terutama perempuan betah melihatnya.

Karakter
Agak sulit juga menebak setiap sifat karakter. Karena terlalu fokus pada Cyan Hijirikawa dan gitarnya bernama Strawberry Hearts. Dia memiliki sifat pemalu dan sangat menyukai musik.

Selain itu, ada Moa sebagai drum yang di isi mbak Ayane Sakura. Itu, lo, yang menyuarakan Iroha Isshiki di Oregairu.Zoku. Saya sadar karena suara manjanya yang imut. Ada pula Chuchu, dia agak sulit ditebak. Entahlah, hmm, kepoan … mungkin? Soalnya dia penasaran akan sosok Cyan yang enggak tahu apapun tentang musik cadas di dunia “itu”. Dan Retoree, dia bassis yang tsundere. Terkadang karena sikap tsundere-nya itu, membuat penonton aku sedikit kesal. Mereka berempat adalah band Plasmagica dari agensi BRR (Banded Rocking Record) yang diketuai oleh Maple Arisugawa.

Selain mereka ada pula band dari agensi yang sama yaitu Shingan Crimsonz yang didalamnya Rom, Crow, Aion, dan Yaiba.

Musik
Lagu Pembuka: Seishun wa Non-Stop! 「青春はNon-Stop!」 oleh Plasmagica
Lagu Penutup: Have a nice MUSIC!! oleh Plasmagica

Jujur saja, saya menyukai lagu penutupnya. Alasannya ada pada desain ilustrasinya yang dibuat 3D saat bernyanyi. Ada yang tahu lagu penutup Miss Monochrome? Anime itu juga dibuat 3D namun hanya berdansa, sedangkan ini melakukan aksi panggung. Yah, namanya juga band.

*Tambahan: Karena ini bertemakan musik, jadi untuk efek suara pastinya seru. Bikin setiap adegan jadi hidup.

Kenikmatan Menonton
Jelas dong menikmati, saya masih penasaran dengan nasib Cyan nanti. Apakah dia bisa kembali ke dunia asalnya? Saya bahkan curiga akan teman-teman dalam satu bandnya yang jangan-jangan mereka adalah ekskul yang ingin Cyan gabung di sekolah di dunia asalnya?

Yah, itu masih asumsi tanpa berpikir sih. Ok, lupakan.


Penilaian
Cerita: 9
Grafis: 9
Karakter: 8
Musik: 8
Kenikmatan: 9
Keseluruhan: 8.6/10


Gambar: Pixiv

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *