[Ulasan] Shigatsu wa Kimi no Uso

Shigatsu

 

Edit: Dikotak komentar ada spoiler, buat kamu yang enggak mau kena mending jangan baca, terutama sama komentator yang namanya “irzie”.

Baiklah, sebenarnya kemarin pagi adalah post terakhir kunime. Karena memang post terjadwal sudah habis. Nah, sekarang entah kenapa saya ingin mengulas kartun yang baru saja selesai maraton semalam, dan SEMPURNA, ini membuat saya terharu. Apalagi Episode 6. Sungguh SIALAN SEMPURNA!!

Awalnya saya malas untuk nonton, karena saya paling benci nonton kartun yang ada neto-rare. Oops, spoiler. Ah, bodo amat.

AWAS SPOILER!!

Jadi, kalau saya lihat dan diringkas, cerita kartun ini adalah tentang seorang pemuda bernama Kousei Arima yang menjadi artis pianis ketika kecil. Dia banyak dikenal oleh kalangan pianis lainnya. Namun, sejak masuk SMP, Arima ditinggal ibunya, yang telah mengajarkan dia bermain piano sejak kecil. Saya tidak membaca komiknya, tapi banyak spoiler kalau ibunya meninggal karena sakit, tapi memang benar sih kalau saya tonton dari episode awal hingga terkini.
Dan saat SMP, ketika seorang teman bernama Tsubaki Sawabe, yang merupakan teman masa kecil Kousei memperkenalkan teman satu kelasnya, yaitu Kaori Miyazono, hidup Kousei berubah. Yang awalnya tidak mau lagi bermain piano, tapi saat melihat Kaori tampil bermain biola di teater, hati Kousei seakan bergerak. Dia memang karakter yang keras kepala dan susah untuk di ajak berkompromi. Tapi Kaori berhasil memenangkan hati Kousei untuk menjadi pianis pendamping dalam sebuah lomba. Perjalanan musik mereka pun dimulai dari sana. Banyak karakter muncul, drama, ingat DRAMA! Saya benci drama ini! Tapi memang bagus menjadi pelengkap cerita sih, saya saja setuju.

Omong-omong, beberapa penjelasan dibawah ini juga termasuk spoiler, jadi pikirkan baik-baik lagi sebelum digulir kebawah dan dibaca.

Cerita
Saya dapat dari salah satu anggota MAL, dia bilang gini.
Ada 3 hal yang akan membuatmu senang dalam kartun ini:
• Drama Romantis.
• Musik Klasik.
• Ketika dua hal diatas digabung.

Dan, jangan lupa kalau ini cerita tentang masa SMP. Bukan SMA, jadi jangan mikir macam-macam. Tapi tetap, dramanya dapet meski masih SMP.

Grafis
Entahlah, saya baru lihat grafis kartun dengan penggambaran seperti ini. Atau memang saya saja yang jarang nonton kartun Jepang, ya? Pokoknya Studio A-1 BEST.
Bisa dilihat saat adegan bermain musik, gerakan tangan seperti benar-benar diperhatikan, staff penggarap memang tidak malas membuat anime ini. Saya salud.
Oh, iya. Dibeberapa adegan ada grafis yang berubah, kadang jadi chiby atau benar-benar berubah.

Karakter
Saya akan menjelaskan sedikit sifat karakter utamanya.

 

SAYA TEKANKAN SEKALI LAGI, ANDA BISA MELEWATI BAGIAN INI KALAU TIDAK INGIN TERKENA SPOILER.

Kousei Arima: Dia memiliki masalah, yaitu tidak bisa mendengar suara not piano yang ia mainkan. Bukan karena penyakit, bisa dibilang seperti sebuah trauma karena telah ditinggal pergi Ibunya, dan sejak saat itu, Kousei tidak ingin bermain piano lagi.
Sifatnya keras kepala, dia tidak mau berusaha sebelum mencoba, tapi entah kenapa si Kaori enggak pernah nyerah buat menyemangati Kousei.

Kaori Miyazono: Dia gadis yang suka musik, pertama kali bertemu dengan Kousei adalah di taman. Ketika itu, Kousei diajak teman masa kecilnya, Tsubaki, buat dikenalkan oleh gadis yang suka musik, mungkin dengan ini Kousei bisa bermain piano lagi. Namun, perlu kalian ingat, kalau pertemuan Kousei dan Kaori adalah tidak sengaja, Tsubaki sebenarnya memperkenalkan Kaori pada Ryouta. Dan Kousei diajak Tsubaki hanya sekadar menemani saja.

Kaori itu sifatnya saya enggak tahu. Beneran. Yang saya perhatikan, dia itu suka musik, enggak tertarik sama yang namanya kompetisi, dia lebih senang bermain dengan lagu yang ia mainkan dan membuat penonton gempar, dia juga orang gigih dalam arti selalu tidak menyerah pada Kousei agar bisa bermain piano lagi.

Tsubaki Sawabe: Gadis yang paling dekat dengan Kousei, karena dia adalah teman masa kecil Kousei.
Sifatnya, agak tomboi, dia enggak mau lihat Kousei enggak bisa main piano lagi tapi dia enggak bisa apa-apa terhadap Kousei (Gimana ya bilangnya?), dan dia kena ntr. Entahlah, dia menyesal karena telah memperkenalkan Kaori dengan Kousei.

Dan berikut beberapa komentar terhadap Tsubaki.

[21:15] <&Konno> bisa jelasin karakter Tsubaki?
[21:15] <&Konno> sifat*
[21:15] <&tono2> MAKSUD LOH?
[21:15] <&tono2> goblog, tolol, idiot, elek
[21:16] <&tono2> wis
[21:16] <~Fumio> mending mati ndue karakter kaya kae

Tapi saya tetap mendukung Tsubaki kok, mendukung untuk menunggu dia menangis karena ntr lagi.

Ryouta Watari: Saya bingung sama ini karakter, dia merupakan Main Character tapi kayak karakter pendukung, dia sangat terkenal dikalangan gadis sekolah. Bisa dibilang kalau dia itu Play Boy.
Sifatnya susah ditebak, dan perlu kalian tahu, sebenarnya Kaori diajak Tsubaki biar bisa ketemu Ryouta. Tapi malah dekat sama Kousei.

Musik
Lagu pembuka dan penutup BEST. Dan untuk efek suara menurut saya sudah pas, soalnya banyak adegan yang membuat berubah grafis.
Dan untuk musik saat salah satu karakter bermain klasik, ah saya baru merasakan merindingnya mendengar lagu klasik seperti ini.

Kenikmatan Menonton
Nikmat banget, apalagi saat Tsubaki kena ntr. Opps, banyak spoiler nih.
Dan kartun ini adalah kartun drama di musim gugur 2014 yang membuat saya menitihkan air mata, terutama saat adegan ntr-nya Tsubaki, emosi saya ikut bergejolak.


Penilaian
Cerita: 9
Grafis: 8
Karakter: 9
Musik: 9
Kenikmatan: 10
Keseluruhan: 9.0/10


Shirahadori

21 Comments

  1. Mas2 , saya mau nanya maksudnya Tsubaki kena NTR gimana yah ? :D

    • maksudnya si Tsubaki kepaduk batu pas lg jalan, terus nyemplung jembatan, terus ga bisa berenang, terus ga ada yang nolongin, terus mati

    • baru tau orang bisa nyemplung di jembatan :v akwoakwoak

    • bisa lh gan, jembatannya terbuat dari bahan dasar air

    • tes donk bang nyemplung , kalau bisa agak malaman , ntar ke lindes :D

    • Beneran mau tahu? Soalnya spoiler, lo.
      ntr: neto-rare, coba deh cari digugel “arti ntr”, nanti kamu paham maksudnya. (o´艸`)

    • Gimana ya jelasinnya, pokoknya Tsubaki sakit hati, nyesek liat Arima deket-deket Kaori.
      Mas udah nonton kartunnya?

  2. nanya gan. di episode 22 bagian saat lagi baca surat di dekat kereta api, saya kurang mengerti. P.S yang dimaksud kan Kaori kepada Kouse apa ya ??

  3. Isi surat ‘kan? Ungkapan Kaori ke Kousei?

    Maksudnya, sebenarnya si Kaori dari dulu udah suka dan kagum sama Kousei, dulu dia ingin dekat dengan Kousei, tapi kalau Kaori terang-terangan minta dikenalin ke Kousei lewat Tsubaki enggak bakal bisa.
    Soalnya Tsubaki juga suka sama Kousei, dan Kaori tau kalau Tsubaki suka sama Kousei, gk mungkin ‘kan Kaori nyakitin perasaan Tsubaki?
    Makanya Kaori bohong ke Tsubaki kalau dia minta dikenalin ke Ryouta, biar secara enggak langsung Kaori bisa dekat sama Kousei, dan itu terjadi di Bulan April, makanya judulnya “Kebohonganmu di Bulan April”.

  4. kouse arima dan kaori san hidup,
    kaori san hidupmu akan di ingat di hati penonton –” :'(

  5. Mungkin Surat Yang Di Kasih Ke Kousei Itu Cuman Kebohongan Orang Tuanya Agar Kousei Tidak Bisa Melihat Kaori Lagi

    Karena Di Tengah Cerita Waktu Kaori Masuk Ke Rumah Sakit Dia Bilang “Kamu Tidak Usah Datang Kesini Karena Ter Ingat Masa Lalu mu”

    Desas Desus’a sie ada Season 2’a Mungkin Akan Bertemu Kembali Mereka Ber2

    • maaf nih kak, saya gk pernah atau lebih tepatnya belum nemu asumsi seperti ini. Tapi yg jelas asumsi ini menurut saya gk mendasar. Karena memang kematiannya sudah dipastikan.

      Dan soal s2 juga banyak yang bilang begitu. ( ´_ゝ`)

  6. Jadi Ga Sabar Tunggu SEASON2’a kaya gimana mungkin dia masuk sekolah musik di SMA nanti

  7. Arima kousei udah nerima kepergian kaori saat selesai tampil, di eps 22 dia ngucapin sayonara, kalaupun kaori masih hidup, dia nggak bakalan tega ninggalin kousei. Walaupun ane pengen kaori tetep hidup, keputusan tetap di tangan mangakanya

    • yap, kita gk bisa ganggu gugat. Tapi kita bisa bikin ff sesuai keinginan kita, kalau belum bisa move on 😂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *