[Ulasan] One Punch Man

Waktu masih mengudara, anime ini banyak dibicarakan di sosial media, bahkan tokoh utamanya sampai dibanding-bandingkan dengan karakter dari anime lain. Saya sendiri cukup tertarik karena ini bergenre aksi-komedi.
Paling enggak, ada yang bisa bikin ketawa buat penyegaran biar enggak terlalu serius, soalnya sebelum nonton ini saya kekenyangan nonton drama.

Baiklah, lupakan. Langsung menuju intinya saja: 

Cerita
One Punch, benar, anime ini bercerita tentang pemuda bernama Saitama yang menjadi pahlawan karena hobi, dan menghabisi lawan-lawannya dengan satu pukulan.

Lantas, bukannya itu terlalu cepat berakhir?

Ada musuh → Saitama datang → Pukul satu kali → Selesai

Memang agak membosankan bila dibayangkan, tapi ternyata aslinya lebih membosankan. Maksud saya, cerita aslinya memang tidak cepat berakhir seperti yang kalian bayangkan. Sebaliknya, malah dibuat jadi begitu lambat, bahkan sampai greget nunggunya.

Misal ada monster muncul menyerang kota, Saitama enggak akan muncul di tempat terlebih dahulu, melainkan pahlawan lain yang muncul dan melawannya. Bisa ditebak, semuanya kalah dan saat Saitama muncul, dengan satu pukulan monsternya pun kalah. Dan nunggu Saitama datang itu greget banget.

Mungkin biar enggak cepat selesai dan untuk membuat penonton lebih mengetahui tokoh-tokoh yang lain. Juga biar tahu kayak apa hebatnya monster itu, kali, ya.

Oh, iya, tadi saya menyinggung pahlawan lain. Benar, pahlawannya bukan cuma Saitama, melainkan banyak sekali, bahkan ada Asosiasi Pahlawan yang memberikan fasilitas kelas untuk semua pahlawan, mulai dari S (yang paling hebat), A, B, hingga C. Masing-masing kelas memiliki ranking tersendiri.

Saya enggak akan bahas tentang asosiasi pahlawan ini, yang jelas ranking setiap pahlawan bisa naik tergantung apa yang dilakukannya. Bahkan naik kelas.

Grafis
Ini studio Madhouse, ya? Jujur saja grafis latar belakangnya keren. Pas adegan bertarung juga dibuat biar masing-masing tokoh bisa kelihatan kehebatannya. Meski dalam beberapa adegan kebanyakan di skip, sih. Misalnya saat menebas dengan pedang, gambarnya berubah hanya dengan kilatan, terus tiba-tiba musuhnya modar.

Tapi saya akui, penggambarannya keren.

Karakter
Agak susah juga jelasinnya, rata-rata hampir semua pahlawan punya satu tujuan, yaitu naik peringkat (ranking) dengan berbagai cara. Tapi itu kebanyakan pahlawan yang termasuk tokoh pendukung, setidaknya itu menurut saya.

Tokoh yang paling disorot adalah Saitama, Genos, hampir semua pahlawan kelas S, dan satu lagi dari kelas C yaitu Mumen Rider, si pahlawan penggoes yang lemah namun sangat gigih meski tahu dia tidak bisa melakukan apa-apa.

Ada juga Genos, bisa dibilang dia adalah cyborg, mungkin? Dia bertemu Saitama dan menjadi muridnya. Karakternya cerdas tapi bego. Bagaimana ya bilangnya … dia polos, gitu, deh.

Buat pahlawan yang lain belum terlalu disorot, tapi ada satu yang bikin saya kesal, yaitu Tatsumaki, si cewek ESPer. Enggak tahu kenapa dia bikin kesal saja, sombong. Enggak tahu dia kalau sudah lawan Saitama kayak apa. Tapi sialnya pengisi suaranya Mbak Aoi Yuuki, bikin greget suaranya. Jadi inget Komachi.

Buat Saitama enggak usah dibahas, deh. Dia kan tokoh utamanya.

Musik
Lagu Pembuka: THE HERO !! ~Okoreru Kobushi ni Hi wo Tsukero~ 「THE HERO !! ~怒れる拳に火をつけろ~」 oleh JAM Project

Lagu Penutup:
#1: Hoshi yori Saki ni Mitsukete Ageru 「星より先に見つけてあげる」 oleh Hiroko Moriguchi (episode 1-11)
#2: Kanashimitachi wo Dakishimete 「悲しみたちを抱きしめて」 oleh Hiroko Moriguchi (episode 12)

Saya suka lagu pembukanya, bikin semangat. Buat lagu penutup sebenarnya bagus, tapi entah kenapa saya merasa enggak pas setelah nonton adegan-adegan bertarung yang bikin semangat, tahu-tahu lagu penutupnya selow. Kalau didengarkan yang fullnya enak, sih.

Kenikmatan Menonton
Meski ceritanya bertele-tele yang bikin saya greget nunggu Saitama datang, tapi pembawaannya bikin enggak bosan. Juga kadang bikin saya ketawa sama aksinya Saitama. Keren.

Oh, iya, ada yang sudah nonton OVA 1? Ternyata kos-kosan yang dibenci Saitama diceritakan di sini.


Penilaian
Cerita: 9
Grafis: 8
Karakter: 7
Musik: 7
Kenikmatan: 9
Keseluruhan: 8.0/10


11 gagasan untuk “[Ulasan] One Punch Man

  • 5 Februari 2016 pukul 04:25
    Permalink

    Okay guys!! Buat kalian yang udah nonton Anime-nya dan udah baca artikel diatas, polling yuk siapa hero class S favorit kalian!! Kalo ane sih #TeamPuriPuriPrisoners

    Balas
    • 5 Februari 2016 pukul 10:41
      Permalink

      Anjay puripuri prisoner. щ(゚д゚щ)ゴラー!
      Mending Tatsumaki, meski reseh tapi yg penting suaranya yg ngisi Mbak Aoi (≧∇≦*)
      #TeamTatsumaki

    • 6 Februari 2016 pukul 21:24
      Permalink

      Banyak yang ngeremehin Hero Class S ini… Padahal ini hero paling kocak. Apalagi Angel dan Devil Style-nya…

    • 6 Februari 2016 pukul 21:27
      Permalink

      wkawkawka, anjay. Jangan ingatkan aku akan gaya itu. Bikin merinding!! _(:3 」∠)_

    • 5 Februari 2016 pukul 12:59
      Permalink

      wah, keren padahal. Banyak yang suka pas masih mengudara musim lalu. (´・_・`)

    • 5 Februari 2016 pukul 13:06
      Permalink

      jarang ngikutin anime baru bro saya… palingan musim ini cuma god eater…

    • 5 Februari 2016 pukul 13:07
      Permalink

      animenya cm naruto sm yugioh saya..wkwkwk

    • 6 Februari 2016 pukul 09:22
      Permalink

      Woh, oke tak apa. Maaf, ya, thanks btw udah respon. Hehe. …(_ _).

  • 4 Maret 2016 pukul 18:12
    Permalink

    Anime udh kedownload tinggal tonton kalo abis UN – niatnya sih gitu tapi saking penasaran sama si botak sableng ini akhirnya gue nonton ampe eps.9 dan kesimpulan gue : genos ganteng :D :D efek hormon feromon dr genos :v dan saitama kocak abis, buat refreshing abis UN bagus

    Balas
    • 5 Maret 2016 pukul 08:41
      Permalink

      wkawkawka, sayangnya kekuatan si botak kurang terkenal _ノ乙(、ン、)_

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: