[Ulasan] Nana Maru San Batsu

Nana Maru San Batsu

Q: Apa nama teknik, berdasarkan tarian rakyat Indonesia yang selalu dilakukan otagei atau penggemar ketika menonton konser idola?

Ada yang tahu jawabannya? Pertanyaan di atas merupakan salah satu pertanyaan yang muncul di episode 5 dalam seri anime Nana Maru San Batsu. Lo, kok bisa? Memangnya cerita Nana Maru San Batsu itu seperti apa?

Cerita

Anime ini diadaptasi dari manga berjudul sama karya Iqura Sugimoto yang terbit tahun 2010 yang hingga kini sudah mencapai volume 13. Memiliki genre olahraga dan komedi. Dilihat dari judulnya, Nana Maru San Batsu memiliki arti benar tujuh salah tiga, atau ditulis 7o3x, dan memiliki arti Jari Tercepat bila diterjemahkan dari bahasa Inggris. Konsep ceritanya sederhana, yaitu tentang kuis. Jadi nanti ada lomba adu kuis dengan banyak kategori, mulai dari pertanyaan umum, pelajaran sekolah, hingga plesetan atau biasa disebut “nonsense”.

Jari Tercepat sendiri mengacu pada tombol yang nantinya digunakan ketika akan menjawab pertanyaan. Siapa yang tercepat menjawab menekan tombol akan diperbolehkan untuk menjawab pertanyaan. Yah, intinya sama kayak permainan pertanyaan dalam acara televisi. Tadi saya bilang ini bergenre olahraga, sebenarnya lebih ke adu kecerdasan dibanding adu fisik. Hanya saja pebawaannya sama seperti ketika menonton suatu pertandingan olahraga.

Misal basket, ada satu pemain yang kelihatan lemah, tapi ketika melempar dia memiliki akurasi yang luar biasa, terus penontonnya bakal bilang, “Hebat, padahal dilempar dari sudut acak, tapi selalu tepat sasaran ketika mengoper bola”, atau semacamnya. Nah kalau ini kuis, pertanyaan belum selesai diucapkan tapi sudah tahu jawabannya, sudah ada yang menekan tombol. Reaksi penontonnya pun langsung terkagum-kagum karena jawabannya ternyata benar. Soal ini nanti ada triknya kenapa bisa menjawab benar padahal pertanyaannya belum selesai. Seru, lo.

Sama seperti olahraga fisik yang lain, nantinya akan ada musuh atau rival terkuat, tentu saja dengan teknik menjawab pertanyaan yang berbeda dan luar biasa, yang membuat sang tokoh utama, Shiki Koshiyama semakin bekembang karena bisa mengetahui tenik-teknik menjawab dengan cepat. Malahan kita penonton juga bisa belajar dari pertanyaan-pertanyaan yang muncul.

Grafis

Studio yang mengadaptasi adalah TMS Entertainment, dengan arahan Masaki Ozora yang dibantu penulisan naskah oleh Yuuko Kakihara. Penggambarannya sendiri menurut saya sudah cukup bagus, animasinya lumayan hanya saja terkadang kualitasnya tidak dijaga. Dalam arti ada satu adegan yang gerakannya terlihat tidak begitu menarik.

Karakter

Setiap karakter memiliki kemampuan dalam menjawab pertanyaan. Malah, masing-masing memiliki jenis atau kategori cerita yang dikuasai. Misal Shiki Koshiyama, dia ini benar-benar jago dalam pelajaran sekolah atau pertanyaan umum. Soalnya dia waktu SMP sering banget membaca buku di perpustakaan. Hanya saja sifatnya yang begitu bodoh dalam membaca situasi membuat saya agak kesal melihatnya. Malah, secara enggak langsung dia ini masuk dalam karakter yang memiliki situasi harem.

Lalu Daisuke Inoue, dia sangat pandai dalam pertanyaan plesetan dan matematika. Tak disangka dia ini memang sangat jago berhitung. Padahal kalau dilihat, dia ini otaku pakai banget. Tahu, ‘kan, maksud saya?

Kemudian Mari Fukami, dia adalah perempuan yang maniak banget sama kuis. Keunggulannya yaitu etimologi, dan memiliki kemampuan memprediksi cepat untuk menebak jawaban sebelum pertanyaan selesai dilontarkan. Ada satu hal yang membuat saya tertarik, yaitu pengisi suaranya yang bernama Umika Kawashima. Dia adalah seiyuu pemula yang bisa dibilang ini adalah debut peran utama pertamanya selain menjadi karakter pendukung. Kalau didengar dari suaranya, jelas sekali Mbak Umika sangat berusaha keras untuk memerankannya. Hanya saja suaranya jadi terdengar memaksakan. Pas adegan imut, suaranya malah membuat keimutannya hilang. Bukan berarti saya menjelekkan Mbak Umika, hanya saja suaranya yang paling menonjol membuat saya tertarik untuk mengetahui lebih dalam dari Mbak Umika. Soalnya perannya dalam anime lain yang menjadi karakter pendukung lumayan cocok, lo. Misal dalam Hunter x Hunter yang memerankan Pyro atau Hana Okada dalam anime Star Driver.

Ada juga Gakuto Sasajima, dia adalah ketua dari klub kuis. Sungguh maniak kuis sama seperti Mari Fukami hanya saja memiliki kemampuan yang jauh lebih hebat, tapi bukan dalam arti menjawab pertanyaan, ya. Soalnya saya belum pernah melihat Gakuto Sasajima ikut kuis. Hanya saja analisa-analisa yang diucapkan benar-benar membuat dirinya terkesan sangat hebat.

Oh iya, Gakuto ini punya adik yang namanya Jinko Sasajima, muncul pertama kali di episode 4. Hingga episode 6 sendiri saya belum melihat kemampuannya ketika mengikuti kuis. Soalnya dia ini memang sangat pandai merakit alat elektronik. Malahan saya enggak tahu dia ini memang betulan “bakal” ikut kuis atau cuma jadi karakter pendukung yang kemampuannya ya cuma sebatas merakit alat elektronik. Nantikan saja di episode 7 ke sana. Saya juga penasaran.

Eh, tunggu! Ada Mbak Ayane Sakura! Mbak Ayane ternyata menyuarakan Chiaki Sonohara. Pantas suaranya enggak asing, kayak pernah dengar, pas dicek ternyata Mbak Ayaneru. Hahaha.

Musik

Lagu Pembuka: On My MiND oleh Mrs.GREEN APPLE
Lagu Penutup: ○○○○○ oleh Baby Raids JAPAN

Tidak banyak yang akan saya jelaskan, baik pembuka dan penutup menurut saya enak didengar. Efek suara pun dibuat dengan sangat baik, apalagi pas lagi adegan yang bikin penonton deg-degan.

 

Kenikmatan Menonton

Episode satu sendiri ternyata diluar ekspetasi. Saya dibuat tertarik dan penasaran akan cerita selanjutnya. Untuk episode 1 – 6 baru pengenalan karakter, nah nantinya di episode 7 bakal masuk cerita kompetisi, yang pastinya bakal muncul karakter-karakter yang memiliki kemampuan hebat. Saya sangat menantikannya. Mungkin lain kali akan saya ulas kembali kalau sudah nonton sampai tamat.

Omong-omong, anime ini cocok buat kamu yang suka genre olahraga, tapi ingat, ini bukan adu fisik, lo.


Penilaian

Cerita: 8
Grafis: 7
Karakter: 7
Musik: 7
Kenikmatan: 8
Keseluruhan: 7.4/10

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *