[Ulasan] Musaigen no Phantom World

Musaigen no Phantom World

Sejak insiden yang terjadi lebih dari sedekade lalu, otak manusia telah mengalami perubahan drastis. Kenyataan dan khayalan jadi saling berhubungan, dan segudang entitas khayal muncul ke dunia.

Kisah ini berkaitan dengan Phantom. Phantom itu adalah kata umum dari hantu, dedemit, monster, dan makhluk supernatural lainnya. Awalnya mereka dianggap takhayul, atau hanya bisa dilihat oleh segelintir orang. Tapi sepuluh tahun lalu, fasilitas penelitian yang dimiliki oleh perusahaan bernama Alayashiki diledakkan oleh teroris.

Virus istimewa yang menginfeksi otak pun mulai menyebar. Bahaya Biologis skala besar yang mengenai banyak populasi, menyebabkan malafungsi otak. Dan hasilnya, semua orang jadi bisa melihat Phantom.
Dengan kata lain, Phantom adalah makhluk yang menerobos tembok dunia nyata dan takhayul.

Begitulah kira-kira sepenggal ringkasan dari anime ini. Intinya, anime ini memiliki cerita yang berkaitan dengan dunia lain, tapi tidak dikategorikan ke dalam horor. Karena genrenya penuh aksi.

Baiklah, langsung saya bahas per kategori.

Cerita

Melihat penggalan di atas, menurut saya konsep dari anime ini cukup menarik. Di mana seseorang bisa melihat hantu (saya sebut Phantom), tanpa harus memiliki keturunan indera keenam atau semacamnya. Bukan hanya itu, karena tidak semua Phantom membahayakan. Seperti namanya; Phantom yang berarti hantu. Jadi ada sebagian yang selalu mengganggu manusia dengan cara membuat orang tersesat di jalan, atau semacamnya. Bahkan, kalau maghrib, kekuatan Phantom semakin menjadi-jadi.

Selain itu, Phantom yang masuk dalam kategori membahayakan akan dimusnahkan. Tapi tidak semudah yang dipikirkan, untuk itu ada beberapa tokoh yang memiliki kekuatan khusus untuk membasmi Phantom. Memang tidak semua anak-anak khusus memiliki kekuatan supernatural. Hanya saja, diceritakan beberapa ibu yang terkena efek virus istimewa( seperti yang disebutkan saya sebelumnya), saat menyusui anaknya secara otomatis akan memiliki kekuatan supernatural.

Di sini, orang yang memiliki kekuatan supernatural membentuk grup untuk menyegel atau memusnahkan Phantom. Bahkan dibayar. Jadi tidak heran di episode awal si Haruhiko (tokoh utama) dan Mai (sebut saja heroine) menyerang Phantom berbahaya di area sekolah. Malahan siswa-siswinya pada nonton.

Terlepas dari itu, sepertinya saya memang jangan mudah ditipu oleh cerita. Meski konsepnya cukup bagus, tapi bukan berarti ceritanya mantap. Eksekusi ceritanya kurang. Saya sempat baca seseorang di forum mal. Dia mengatakan anime ini sangat klise, di mana si tokoh utama lemah, harem, ada satu cewek berdada besar, satu datar, satu loli, satu cuek, latar sekolahan, banyak layanan kipas, dan satu lagi Kyoto Animation.

Yah, apa yang diucapkan memang benar. Bahkan ada beberapa cerita yang menurut saya membosankan. Tapi untungnya menjelang akhir mulai serius, di mana benar-benar melawan Phantom yang sangat berbahaya. Sudah seperti melawan Last Boss. Eh, memang Last Boss, deng.

Grafis

Jangan berharap lebih meskipun ini termasuk anime aksi. Tapi saya terpukau dengan aksi pertarungannya di episode dua. Soalnya pakai sudut kamera secara FPS.
Malah menurut saya grafisnya menutup kekurangan cerita. Jadi lumayan betah lihat grafis yang begitu bagus.

Karakter

Enggak banyak yang harus dibicarakan, mengingat apa yang saya bahas di akhir kategori cerita. Yah, Ichijo Haruhiko memang lemah. Dia ini kutu buku, tapi bukan berarti penyendiri atau menutup diri. Malahan punya banyak teman, cuma karena suka baca buku, jadi dia jarang berolahraga. Yang berdampak tidak bisa bertarung.

Soal bertarung itu urusan Mai Kawakami, sisanya penyegel yaitu Haruhiko sendiri. Ada juga Reina Izumi yang pemalu, dan Koito Minase yang cuek-bebek. Yang suka loli juga ada Kurumi Kumamakura. Untungnya beberapa karakter disuarakan oleh seiyuu yang tidak asing. Seperti Mbak Maaya Uchida yang menyuarakan Koito, ada pula Mbak Hayamin yang menyuarakan Reina.

Oh iya, satu lagi. Yaitu Ruru, entah cuma perasaan atau memang keberadaannya cuma jadi pajangan? Ah, kalian saja yang menilai. Soalnya dia kayak enggak melakukan apa-apa dalam cerita.

Musik

Lagu Pembuka: Naked Dive ole SCREEN mode
Lagu Penutup: Junshin Always 「純真 Always」 oleh Azusa Tadokoro

Pembukanya sangat bagus. Bewarna dan ceria. Untuk efek suara menurut saya sudah cukup. Tidak lebih dan tidak kurang. Yah, memang beginilah seharusnya. Intinya mah tidak ada yang spesial.

Kenikmatan Menonton

Kalau kalian suka cerita absurd, atau ingin memiliki waifu kawaii. Nonton ini juga sudah cukup. Bagaimanapun juga grafisnya mantap. Asal jangan berharap banyak sama cerita, sih. Tenang, episode spesialnya isinya layanan kipas, kok.


Penilaian

Cerita: 6
Grafis: 9
Karakter: 7
Musik: 7
Kenikmatan: 7
Keseluruhan: 7.2/10

4 Comments

  1. kebanyakan FS trus ngalor ngidul ceritanya jadi kaga jelas dah jalan ceritanya.
    KyoAni lagi nyoba genre jual FS sama jual waifu

    • bener bgt, kalo liat cover nya kawakami mai di light novel, gambarnya lebih mantap di anime ny (KyoAni), terutama dada ny. lol

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *