[Ulasan] Minami Kamakura Koukou Joshi Jitensha-bu

Minami Kamakura Koukou Joshi Jitensha-bu
Minami Kamakura Koukou Joshi Jitensha-bu

Ekskul Sepeda SMA Perempuan Minami Kamakura, setidaknya begitu artinya. Saya lihat di mal banyak yang tidak suka dan bosan akan anime ini. Padahal studio yang bertanggung jawab adalah J.C. Staff. Studio yang sudah terkenal dan tidak diragukan lagi dalam mengadaptasi suatu anime. Lalu apa yang membuatnya bosan? Oh, iya. Saya baru nonton sampai episode 6, ya. Nanti akan di tambah artikel terbaru mengenai episode selanjutnya.

Yuk, langsung ke baca ulasannya!

Cerita

Anime ini bercerita tentang sepeda di Enoshima, Jepang. Berbeda dengan Yowamushi Pedal yang berfokus pada olahraga, anime ini lebih ke promosi kotanya. Memang ada teknik bersepeda, balapan sepeda, dan beberapa tips dalam bersepeda seperti halnya Yowamushi Pedal, tapi Minami Kamakura ini memiliki alur yang sangat santai, maju, dan hampir tidak ada dramanya. Kalau ditonton memang sungguh membosankan. Hampir setiap episode memiliki cerita yang mulus.

Diawali dengan Hiromi Maiharu, sang tokoh utama yang baru pindah ke Enoshima, yang kebetulan tidak bisa mengendarai sepeda, dia berlatih dengan sepeda perempuan dengan teman yang baru ditemuinya, Tomoe Akizuki.

Tapi, saya ini memang maniak anime yang bercerita santai seperti Non Non Biyori, Flying Witch, dan semacamnya. Jadi kalau dibilang membosankan, ya memang saya akui membosankan. Tapi tidak lebih membosankan dibanding nonton anime ecchi yang ceritanya lebay bukan main macam Hagure Yuusha sih menurut saya.

Kenapa begitu? Ada hal yang membuat saya tertarik untuk menonton ini. Disetiap akhir cerita ada adegan tambahan di mana kita akan diberi tahu tips sepeda, seperti memilih frame, cara memperbaiki ban yang kempes, rantai lepas, memilih sadel, cara duduk, dan lainnya. Tips ini juga dilakukan oleh Yuuki Hirose dan Yui Fukuo. Mereka ini seiyuu pemula, lo. Tapi suaranya enggak kalah imut sama seiyuu senior lainnya. Apalagi anime ini merupakan debut pertamanya Yuuki Hirose. Dan dia ini akan tampil lagi sebagai Noriko Yamada di anime Alice to Zouroku yang akan tayang musim semi pada April 2017 ini.

Sedikit informasi mengenai dua seiyuu ini. Mereka merupakan anggota dari grup idola A応P, atau dibaca AOP (dalam bahasa inggris). Grup yang dibentuk oleh Nikkei Enterteinment ini sudah pernah menyanyikan lagu anime seperti Diamond no Ace, Osomatsu-san, 12-sai, dan Time Travel Shoujo: Mari Waka to 8-nin no Kagakusha-tachi, di mana Yui Fukuo pernah mengisi suarakan salah satu karakter pendukung di dalamnya sebagai Rika Hayase yang sekaligus debut pertama menjadi Seiyuu.

Omong-omong, sampai episode 6 ini ceritanya lumayan mulai seru, lo. Sudah masuk  ke episode balapan sepeda yang diadakan kepala sekolah SMA Minami Kamakura, yang diadakan pada malam hari. Balapan ini memiliki jalur sepanjang 1km dengan 30 lap, yang berarti para peserta harus melakukan balapan sejauh 30km.

Grafis

J.C. Staff mah jangan tanya, cuma terkadang saya jadi berpikir soal orang-orang di forum yang bilang,

“Ada apa dengan J.C. Staff? Kenapa kau mengambil anime yang seperti ini?”

“Apa tidak ada anime lainnya?” dan lain-lain.

Yah, kembali ke sebelumnya. Menurut saya anime ini berfokus pada promosinya. Sang studio, J.C. Staff sendiri pasti sudah memikirkannya matang-matang kenapa mengambil anime dengan tema sepeda seperti ini. Selain itu, grafis yang diberikan juga bagus, kok. 3D ketika bersepda juga masih enak dipandang, cukup luwes gerakannya.

Karakter

Saya enggak akan menceritakan rincian setiap karakternya. Yang jelas sih, mereka di sini seperti tidak ada hambatan. Semua dilalui tanpa ada drama, maju dengan sangat mulus. Mulai Hiromi Maiharu yang baru pindah, yang lupa cara menaiki sepeda akhirnya bertemu dengan Tomoe Akizuki. Tomoe sendiri merupakan putri dari penjual Sake di Enoshima. Dia ini lumayan tahu banyak mengenai sepeda.

Ada pula Fuyune Kamikura, dia anak orang kaya. Malahan keluarganya langganan sake di keluarga Akizuki. Dia punya kakak yang tidak bisa jalan. Fuyune sendiri ingin bersepeda karena kakaknya itu. Dia ingin memperlihatkan tempat yang bisa dicapai dengan kakinya. Makanya dia memilih sepeda karena bisa mencapai tempat lain dengan berkayuh.

Lalu Natsumi Higa. Asli saya pikir cowok, tahunya cewek. Saya sampai lupa kalau di anime ini enggak ada cowoknya. Menurut saya Natsumi lah yang paling berpengalaman dalam hal sepeda. Terlihat dari cara mengendarainya, dia mengerti teknik-teknik bersepeda seperti yang biasa kita lihat di Yowamushi Pedal saat melakukan formasi kereta untuk menghambat angin dari depan agar di belakangnya tidak terlalu capek mengayuh sepeda. Dan terakhir Sandy McDougal. Dia bule. Tapi kemunculannya baru di episode awal-awal saja. Terhitung sampai episode 6 dia belum bergabung dengan Hiromi dan teman-temannya.

Oh iya, enggak cuma Mbak Yuuki Hirose dan Mbak Yui Fukuo yang baru dalam dunia seiyuu, lo. Ada juga Emiko Takeuchi dan Natsumi Fujiwara. Meski lebih senior dari Mbak Yuuki dan Mbak Yui, tapi mereka ini baru menyuarakan beberapa karakter saja. Apalagi Mbak Emiko yang sebelumnya juga pernah ikut andil di Yowamuhi Pedal dan menyuarakan karakter laki-laki sebagai Takuto Akishiba.

Tunggu, Ada Mbak Yurika Kubo! Sebelumnya saya pernah cerita mengenai dirinya di Ulasan Urara Meirochou yang menyuarakan Koume. Saya kepincut sama kecantikannya saat menyanyikan lagu pembuka Urara Meirochou di MV-nya. Suaranya pun kalau ingat wajahnya malah makin imut. Huehehehe.

Musik

Lagu Pembuka: Jitensha ni Hana wa Mau 「自転車に花は舞う」 oleh AOP
Lagu Penutup: Niji Yume Road 「にじゆめロード」 oleh Ika-san 「いかさん」

Lagu pembukanya sendiri dibawakan oleh AOP yang sebelumnya saya ceritakan. Bagus, kok. Memperlihatkan suasana ceria karakter di dalamnya. Dan lagu penutupnya sendiri malah lebih fokus ke sepedanya. Haha.

Kenikmatan Menonton

Bosan tidaknya anime ini menurut saya gimana tanggapan orang yang nonton, sih. Saya pribadi yang memang suka banget sama anime dengan genre keseharian yang sangat santai, tentu seru dan suka. Yang habis nonton Kuzu no Honkai enggak ada salahnya nonton anime ini. Apalagi yang habis di obok-obok perasaannya sama Bu Akane. Huehehe.


 

Penilaian

Cerita: 7
Grafis: 7
Karakter: 6
Musik: 8
Kenikmatan: 8
Keseluruhan: 7.2/10

4 gagasan untuk “[Ulasan] Minami Kamakura Koukou Joshi Jitensha-bu

  • 4 April 2017 pukul 14:16
    Permalink

    Saya sudah masukan anime ini dalam anime winter 2017 tapi gak jadi ditonton karena lupa ^_^

    Balas
    • 4 April 2017 pukul 15:54
      Permalink

      Wah, lumayan bagus loh buat ngabisin waktu. huehehehe

  • 16 April 2017 pukul 19:55
    Permalink

    minimal ceritanya gak terlalu ngeselin kaya long riders lah

    nonton ini makin sedih aja karena lagi gak bisa gowes karena sepeda saya ada yg minjem dalam waktu yang lama (diambil orang)

    Balas
    • 17 April 2017 pukul 03:22
      Permalink

      Saya malah belum nonton long riders, eh lebih tepatnya gk tau kalo ada judul itu. Paling Yowamushi, itu pun gara-gara dulu nongol di TV.

      eh diambil orang? Turut berduka dah sama sepedanya. wwww _(:3 」∠)_

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: