[Ulasan] Kyoukai no Kanata Movie: I’ll Be Here – Mirai-hen

Awalnya saya enggak berniat buat mengulas film layar lebar ini, cuma gara-gara penasaran, apalagi habis nonton yang bagian ke satu, jadi pengin ngulas. Ah, iya, benar, ini film layar lebar bagian kedua. Yang sebelumnya berjudul Kyoukai no Kanata Movie: I’ll Be Here – Kako-hen. Cuma saya enggak mengulasnya, soalnya cuma rangkuman dari seri TV-nya.

Untuk seri TV kayaknya aku mengulasnya, deh. Tapi dicari enggak ada di arsip. Wah, hilang … mungkin. Masih inget juga aku ngulas gara-gara ada episode idolnya. Oke, lupakan. Intinya film layar lebar bagian kedua ini adalah lanjutan dari yang pertama.

Buat yang nonton seri Kako-hen pasti sudah tahu epilog yang disuguhkan bukan? Itu, lo, saat Mirai Kuriyama bilang “Siapa diriku? Dan, siapa kamu?” Intinya hilang ingatan, nah di Mirai-hen ini memang tidak diceritakan penyebab hilangnya ingatan itu, tapi justru bagaimana caranya agar Mirai tetap seperti itu. Lo, maksudnya? Nanti saya jelaskan.

Cerita
Sebelumnya, saya enggak akan menceritakan penuh, karena anime ini memang baru muncul meski sebenarnya sudah tayang sejak April kemarin.

Awal mulai agak mengecewakan juga, maksud saya mengenai “bagaimana cara agar Mirai tetap hilang ingatan”. Yang mengusulkan ini tidak lain adalah Akihito, dia merasa lebih baik seperti ini untuk mencapai kebahagiaan.

Disisi lain, Hiroomi telah menjadi ketua untuk klan Nase, yang sebelumnya Izumi menyatakan mengundurkan diri.

Dalam cerita, para pemburu siluman digegerkan dengan munculnya siluman yang tak biasa, maksudnya cara menyerangnya lebih cerdas dan beraturan. Dan para pemburu dibingungkan dengan apa sebenarnya itu? Benarkah siluman? Atau hanya boneka yang dikendalikan? Saya enggak akan memberikan spoiler lebih, yang jelas dalangnya adalah Miroku Fujima. Itu, lo, pria berkacamata. Dan dia ternyata mengincar Mirai yang masih tidak tahu siapa dirinya, untuk memberikan informasi mengenai “Siapa sebenarnya jati diri dari seorang Mirai Kuriyama?”. Dan ketika Mirai tahu kehidupannya yang sebenarnya seperti apa, terutama saat kecil yang dikenal sebagai klan darah terkutuk. Dari situ, dimulailah cerita yang sesungguhnya.

Grafis
Saya akui grafisnya sangat bagus, Kyoto Animation memang luar biasa. Namun, bagian adegan pertarungan seperti terlihat dipercepat, gerakannya enggak luwes, ini terlihat dari sudut kamera yang diperdekat ke karakter, atau tiba-tiba karakter itu tumbang. Mungkin mereka sedang menghemat biaya.

Karakter
Sebenarnya sih enggak ada yang perlu dibicarakan. Sungguh, hanya Akihito yang keras kepala dan Mirai yang terlalu pesimis mengenai jati dirinya. Maksud saya, ketika Mirai bertanya pada Akihito siapa dirinya, karena ia merara Akihito pasti tahu sesuatu. Dan Akihito pun menjawab dengan kebohongan, disitu Mirai merasa tidak percaya namun pesimis untuk membongkar lebih dalam.

Tokoh lain masih seperti biasanya, paling Hiroomi yang telah menjadi ketua klan sifatnya agak berubah karena didesak dengan kekacauan yang ada, yakni penyerangan yang didalangi Miroku. Tapi untung Ayaka Shindou seperti membimbing Hiroomi agar tetap tenang.

Musik
Aitakatta Sora 「会いたかった空」 oleh Minori Chihara

Malas bahas musik, yang jelas sih saya menikmati lagu diatas saat berakhirnya cerita. Efek suara pun tidak begitu menggelegar seperti pada seri tv-nya.

Kenikmatan Menonton
Awal cerita memang saya agak kesal dengan keputusan Akihito. Apalagi dengan tidak adanya perlawanan dari dalang utama. Seakan-akan dirinya sudah menang dengan menyatakan bahwa keinginannya telah tercapai. Selain itu, saya agak kaget dengan peran Izumi di sini. Sial, salah satu tokoh perempuan keren yang saya kagumi ternyata seperti ini!

Tapi, saya suka dengan cerita antara Akihito dan Mirai. Kalau bukan karena Mirai yang megane, mungkin saya tidak akan menyukainya.


Penilaian
Cerita: 7
Grafis: 8
Karakter: 7
Musik: 7
Kenikmatan: 6
Keseluruhan: 7.0/10


12 Comments

  1. Hai admin.
    Salam kenal sebelumnya. Mau nanya admin. Jdikalo langsung nnton movienya aja apakah kita bakal langsung ngerti? Karena tertarik mau nnton. Terimakasih admin.

    • Hai dan salam kenal juga.
      Sebenernya gpp, cuma yg Kako-hen ini rangkuman singkat.
      Saya sih menyarankan nonton yg TV ny aja langsung biar lengkap dan rinci. Baru dilanjut ke movie yg mirai-hen.

  2. I’m confused. Emangnya ingatan Mirai kembali semua? Seingatku Mirai emang hilang ingatan beneran tpi memutuskan mengulangi semuanya dari awal. Butuh pencerahan nih

  3. Hi admin
    Ane mau tanya, anime yang tv ny yang episod 1-12 atau yg mna..?

  4. Kalau udah yg liat tv ny, berarti kg usah liat yg kako-hen dong. Langsug ke mirai-hen

    • iyap, langsung ke Mirai-hen juga bisa.
      Kalo lupa cerita, bisa nonton yg kako-hen dulu.

    • lebih detail yg tv, karena memang yg kako hen cuma rangkuman. Jadi dipersingkat.

  5. Min pengen nanya itu adegan waktu kilas balik dalam ingatan Mirai, yg mirip Mirai itu siapa ya soalnya dari baju penduduknya kaya jaman dulu banget sama yang mati d tanah itu d tusuknya cuman pake bambu

    • Pertanyaan ini saya simpan dulu, ya. Kemaren ada yg tanya juga soal ingatan Mirai, tp belum saya jawab.

      Maapkan, saya agak samar ceritanya, jadi kayaknya harus nonton ulang, mungkin lusa akan saya jawab.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *