[Ulasan] Kiznaiver

Sakamoto

Sempat enggak tertarik lihat sampulnya. Dilihat-lihat sampulnya macam Hamatora, grafisnya mirip-mirip bagaimana, ‘gitu. Cuma kalau Kiznaiver ini lebih ke drama dari pada supernaturalnya. Yap, drama, ini yang bikin saya penasaran buat nonton episode selanjutnya.

Btw, saya baru nonton sampai episode 6.

Cerita
Di episode pertama ini pada menit-menit awal lebih fokus ke Katsuhira Agata, dia tokoh utama dalam serial animasi ini. Entah apa maksud dan tujuannya, tapi seperti ada yang disembunyikan oleh tokoh ini. Terlihat pada menit-menit awal saat Katsuhira bertemu Noriko Sonozaki di kala kecil. Namun saat SMA sekarang ini Katsuhira seperti tidak mengenal, lebih tepatnya seperti baru mengenalnya. Noriko sendiri kelihatannya biasa saja dan sudah menyadarinya. Yah, meski sampai episode 6 inti ceritanya bukan bahas itu, sih.

Oke, lanjut. Jadi anime ini bercerita tentang tujuh karakter yang dikenal sebagai 7 Dosa Pokok (Bisa dicek di wiki). Semacam Nanatsu no Taizai tapi dalam versi modern. Lupa apa saja, yang jelas bukan Sombong, Tamak, Iri, dan lainnya. Nah, mereka dilakukan eksperime dengan menanam sistem kizuna pada tubuh mereka. Tujuannya? Masih belum jelas, tapi kalau dilihat dari ceritanya, mereka ini saling terhubung dalam merasakan rasa sakit. Misal si A jatuh, dan lututnya terluka, nah si B, C, D, F, sama G bakal merasakan sakitnya. Tapi cuma berefek sebentar. Maksudnya saat si A jatuh dan lututnya terluka, maka rasa sakit itu akan terus ada hingga lututnya sembuh, namun si B dan lainnya hanya merasakan sakit diawal saja. Anggap saja saat benturan.

Yap, kalau ada yang tahu Kokoro Connect, anime ini persis kayak itu. Cuma bedanya enggak sesepesifik Konnect (Kokoro Connect), kenapa? Karena kalau Konnect benar-benar terhubung satu sama lain. Bahkan sampai bertukar jiwa. (Maaf spoiler). Berbeda dengan Kiznaiver yang sampai saat baru terlihat rasa sakit saja yang terhubung satu sama lain. Kenapa saya bilang “baru”? Soalnya bisa saja ke depannya ada perkembangan, seperti di episode berapa saya lupa, ternyata hati mereka pun bisa terhubung kalau-kalau ada yang sedang galau.

Grafis
Seperti yang saya bilang diawal paragraf, saya pikir ini anime mirip Hamatora yang ada supernaturalnya. Ternyata malah lebih ke dramanya. Yah, malah jadi nilai tambah buat saya, soalnya jadi pengin terus nonton.
Kembali ke pembahasan, grafisnya menurut saya lumayan. Malah ada yang bilang Trigger sama SHAFT itu sama, soalnya desain karakter dan latar belakang agak mencolok warnanya. Mungkin bisa diibaratkan Mekakucity atau Bakemonogatari.

Karakter
Saya enggak akan membahas ke tujuh tokoh, yang jelas semuanya memiliki sifat dan karakteristik yang berbeda. Bagaimanapun juga mereka dibuat sedemikian rupa untuk menghidupkan cerita dengan latar tokoh yang berbeda-beda. Yap, benar, mereka di sini seperti dipaksa untuk curhat mengenai keadaan mereka satu sama lain. Toh, memang inilah tujuan sistem kizuna, menyatukan perbedaan. Setidaknya itu yang saya tahu dari anggota penguji coba sistem kizuna ini.

Tapi, saya masih bingung dengan Katsuhira dan Noriko, mereka sebenarnya memiliki hubungan apa? Sampai-sampai ada kilas balik di mana saat kecil mereka ternyata sudah saling mengenal. Cuma Katsuhira saja yang tidak tahu menahu. Omong-omong, Katsuhira ini orangnya pendiam dan tidak tertarik mengenai dirinya maupun sekitarnya. Dia juga tidak merasakan rasa sakit saat dipukul. Itu saja.

Musik
Lagu Pembuka: “LAY YOUR HANDS ON ME” oleh BOOM BOOM SATELLITES
Lagu Penutup: “Hajimari no Sokudo「はじまりの速度」 oleh Sangatsu no Phantasia

Saya lumayan suka sama lagu pembuka, enak didengar. Lagu penutupnya pun apik, rasanya pas setelah menonton drama diakhiri dengan lagu yang lumayan mellow. Efek suara seru juga, apalagi ditambah efek visual seperti saat merasakan sakit bersamaan. Macam nonton film aksi.

Kenikmatan Menonton
Sejauh ini saya menyukainya dan penasaran akan episode selanjutnya. Buat kamu yang suka nonton drama persahabatan, ini bisa jadi rekomendasi. Saya masih berharap akan cerita menarik ke depannya. Mungkin nanti akan saya bahas lagi kalau ada yang seru mengenai Kiznaiver.

Oh, btw. #HonokaIsBest


Penilaian
Cerita: 9
Grafis: 8
Karakter: 7
Musik: 7
Kenikmatan: 9
Keseluruhan: 8.0/10


2 Comments

  1. Waduh min, ane sih #TeamChidori. Imut banget soalnya… Rambutnya diiket gitu makin seksi doi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *