[Ulasan] Kantai Collection: KanColle Movie

Kisaragi
Kisaragi

Dulu saya pernah mengulas KanColle seri TV-nya pada 2015 silam. Saat itu saya ulas dengan sama sekali tidak memberitahu bagaimana alur cerita atau cerita macam apa di sana. Termasuk cerita Kisaragi yang karam. Nah, karena di movie ini lebih terfokus ke Kisaragi, jadi spoiler mengenai karamnya Kisaragi saya rasa tidak masalah, karena memang sudah tayang dua tahun lalu.

Untuk meminimalisir spoiler, di ulasan kali ini juga tetap saya ungkit sedikit saja mengenai alur cerita biar penasaran sendiri buat nonton. Seperti apa ceritanya?

Cerita

Kantai Collection The Movie ini ceritanya tentang Kisaragi yang ternyata kembali dari lautan setelah dirinya dinyatakan karam. Tapi, kembalinya Kisaragi ternyata membuka kembali misteri yang telah lama dilupakan. Misteri itu adalah tentang para musuh gadis kapal yang disebut sebagai para makhluk dunia bawah ternyata adalah mantan gadis kapal itu sendiri. Konon mereka yang karam itu kembali hidup namun dengan ingatan baru dan menjadi makhluk dunia bawah.

Fakta ini hanya diketahui oleh segelintir orang. Lalu apa hubungannya dengan Kisaragi? Nah, karena di sini Kisaragi ternyata kembali hidup dengan ingatan yang masih sama. Disebutkan dalam waktu dekat dia juga akan menjadi makhluk dunia bawah, dan mau tidak mau para gadis kapal pun nantinya akan menjadi musuh Kisaragi.

Sampai di sini sudah ada gambaran seperti apa filmnya? Intinya sih tentang Kisaragi yang hidup kembali dan akan seperti takdirnya nanti. Saya enggak mau banyak bercerita, yang jelas konsep ceritanya bagus, hanya saja menurut saya kurang panjang untuk seukuran movie.

Grafis

Bagus seperti biasa dengan tambahan gadis kapal baru seperti Chokai, Tenryuu, Aoba, Furutaka, Kinugasa, dan beberapa lainnya. Hanya saja jangan terlalu berharap. Karena adanya mereka bukan berarti adegan aksi tambahan bakal ada. Mereka hanya cameo dalam cerita, yang jarang muncul saat adegan aksi.

Tapi untuk keseluruhan saya masih mending movie dari pada seri TV yang terlalu banyak lendir, atau mungkin hanya perasaan saya?

Karakter

Jangan lupa pada Fubuki, bagaimana pun juga dia adalah tokoh utama dalam cerita, baik dalam seri TV maupun movie. Meski begitu, alur cerita tetap pada sekitar Kisaragi. Fubuki di sini nantinya juga akan diberi tahu kebenaran mengenai misteri yang dialami Kisaragi. Bukan hanya Fubuki, Mutsuki yang sangat dekat dengan Kisaragi pun diberi tahu, dan tidak salah lagi dia sangat kaget saat mengetahuinya.

Mendengar hal itu, lalu apa yang dilakukan Mutsuki? Di sini dia akan diberikan pilihan sulit tentang takdir Kisaragi. Seperti yang kalian ketahui, Mutsuki sangatlah dekat dengan Kisaragi, apa pun yang terjadi dia tetap mendukung Kisaragi. Jadi kira-kira sudah tahu kan apa yang akan dilakukan Mutsuki? Yap, dia tetap mendukung penuh dan berusaha semampu mungkin untuk menolong Kisaragi, tapi bagaimana caranya? Inilah yang sulit dilakukan oleh Mutsuki.

Musik

Lagu Penutup: Kikan 「帰還」 oleh Shiena Nishizawa

Jujur, saya terlalu larut dalam mengikuti cerita. Yang jelas saya suka dengan adegan aksi yang diberikan. Lebih terasa “DUAR”-nya. Dan efek suara yang diberikan memang sangat cocok dengan situasi yang ada.

Kenikmatan Menonton

Saya sendiri sebagai penggemar KanColle dan memang memainkan game-nya, tentu sangat menikmati filmnya. Dan saya rasa kalian yang hanya sekadar ingin nonton pun sepertinya bukanlah suatu masalah. Meski ada kaitannya dengan seri TV, tapi saya rasa kalian bisa menonton langsung movie-nya baru setelah itu nonton seri TV kalau memang penasaran kisah masa lalu. Soalnya di movie ini memang cuma menceritakan misteri makhluk dunia bawah yang menjadi musuh para gadis kapal.


Penilaian

Cerita: 9
Grafis: 8
Karakter: 8
Musik: 7
Kenikmatan: 8
Keseluruhan: 8.0/10

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: