[Ulasan] Kamisama Dolls

Kyouhei dan Utao
Kyouhei dan Utao

Halo, sudah satu bulan penuh saya enggak ulas lagi. Tapi masih saja ada berkomentar. Makasih banget yang sudah mampir dan berkomentar. Dan maafkan, ada yang masuk spam, jadi gk ke baca.

Dan kali ini dengan tampilan baru, header baru, saya akan mengulas anime lama. Yap, bukan baru. Hehe. Judulnya Kamisama Dolls, anime ini tayang saat musim panas 2011. Sebenarnya saya sudah menontonnya, tapi saya tonton ulang dan sekalian saja saya ulas.

Sebelumnya saya mohon maaf, mungkin ulasan kali ini akan sangat singkat. Tidak mengulas membuat kemampuan mengulas saya menurun, saya bingung bagaimana mengulasnya, bagaimana menulisnya, dan apa yang seharusnya saya tulis.  Kedepannya mungkin saya akan lebih berhati-hati lagi, terutama di anime musim panas terbaru ini.

Cerita

Ceritanya tentang orang yang bisa mengendalikan boneka. Tapi, boneka dalam cerita di sini sering disebut dewa atau kamisama. Bentuknya berbeda-beda, begitu pula kekuatannya. Benar, setiap boneka memiliki kekuatan tersendiri. Dan hanya orang tertentu yang bisa mengendalikan kamisama.

Dalam cerita, dikisahkan Kyouhei Kuga pergi ke kota dan memulai hidup baru demi melupakan kenangan tentang boneka yang ia sering lakukan di desa. Tapi apa daya, apa yang ia inginkan justru tidak terkabulkan. Aki, sahabat baiknya dari desa lepas dari penjara. Dan pergi ke kota untu mencari Kyouhei. Lalu pihak desa pun mengirim beberapa pengguna boneka lain untuk menangkap Aki. Termasuk adiknya Kyouhei, yaitu Utao Kuga.

Utao sendiri mengendalikan boneka yang sebelumnya Kyouhei kendalikan. Tapi balik lagi, dia ingin melupakan semua itu dan pindah ke kota. Alasan Kyouhei tidak ingin mengendalikan boneka lagi dan kenapa sahabat Kyouhei yang bernama Aki dipenjara tidak akan saya beri tahu, karena sudah termasuk spoiler berat.

Yang jelas gambaran ceritanya seperti itu. Ini anime aksi dengan bumbu romansa.

Grafis

Saya sendiri tidak begitu peduli soal grafis anime dibawah tahun 2013. Ini sudah termasuk bagus. Adegan bertarungnya pun sudah masuk dalam kategori keren. Saya menikmatinya.

Karakter

Untuk karakter saya enggak akan cerita banyak. Yang jelas tokoh utama bernama Kyouhei Kuga di sini orangnya susah jujur, dan agak bego. Apalagi kalau soal cinta.

Untuk karakter ceweknya sendiri, wah …, ternyata ada Mbak Kana Hanazawa yang menyuarakan Mahiru Hyuuga. Mahiru di sini ketika muncul dia mengaku suka dengan Kyouhei, baginya Kyouhei adalah pahlawan hidupnya. Dia bahkan pergi ke kota untuk menjemput Kyouhei dan menjadikannya pasangan. Sifatnya terlalu percaya diri, dan rada bego juga. Mungkin cocok kali, ya, kalau sama Kyouhei. Hehe

Oh, Utao sendiri, si adiknya Kyouhei, dia asli bego. Dia ini suka sama Kyouhei, tapi sifatnya itu cemburuan dan suka bikin ulah.

Masing-masing karakter memiliki kisah hidup yang dalam. Terutama Kyouhei dan Aki. Di anime ini memang lebih fokus ke mereka. Bukan, lebih tepatnya ke desa yang mereka tinggal. Nanti ada episode kilas balik mengenai desanya.

Musik

Lagu Pembuka: Fukanzen Nenshou 「不完全燃焼「」 oleh Chiaki Ishikawa
Lagu Penutup:
a) Switch ga Haittara 「スイッチが入ったら」 oleh Chiaki Ishikawa (eps 1-6, 8-13)
b) Natsu no Niwa 「夏の庭」 oleh Chiaki Ishikawa (ep 7)

Jujur saja saya enggak terlalu memerhatikan musik. Satu hal yang saya tahu, suara latarnya menghidupkan cerita.
Efek suara ketika adegan kamisama yang bertarung menurut saya juga bagus. Masing-masin kamisama memiliki suara yang berbeda, dan menurut saya ini memperlihatkan kepribadian si pengendalinya. Dan itu bagus.

 

Kenikmatan Menonton

Bagi yang memedulikan cerita ketimbang grafis menurut saya anime ini cocok untuk ditonton. Ceritanya benar-benar membuat penonton ketagihan disetiap akhir episodenya. Bahkan saya masih butuh untuk kelanjutan cerita ini, karena akhir cerita yang sangat tanggung.

Tapi, cocok lah untuk ditonton, apalagi yang suka aksi.


Penilaian

Cerita: 9
Grafis: 7
Karakter: 7
Musik: 8
Kenikmatan: 9
Keseluruhan: 8.0/10


2 gagasan untuk “[Ulasan] Kamisama Dolls

  • 26 Juli 2017 pukul 12:44
    Permalink

    Ane langsung nonton abis baca review nya, anime ini ceritanya bagus ternyata

    Balas
    • 26 Juli 2017 pukul 13:18
      Permalink

      Yap, lumayan dalem ini ceritanya. Apalagi kalo udah masuk ke eps 6.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: