[Ulasan] Inou-Battle wa Nichijou-kei no Naka de

Inou Battle

[21:50] <~Fumio> btw nyong request review inou battle van~
[21:50] <~Fumio> mumpung lagi bumming skrg topicnya

Nih, permintaan Anda saya wujudkan. ((●゚ν゚)

Padahal sebenarnya hari ini kemarin mau maraton Cross Ange: Tenshi to Ryuu no Rondo, tapi malah nonton Inou Batoru.
Tapi enggak apa, soalnya seru.

AWAS SPOILER!!

Ceritanya tentang remaja bernama July―Jurai Andou, dia punya sifat alay, kalau di Jepang biasa disebut Chuuni, lengkapnya chuunibyou 「中二病」. Anda pasti tahu, kalau belum tahu silakan gunakan mesin pencari.
Baik, lanjut … Jurai memiliki sifat alay, yang juga anggota dari ekskul sastra. Didalamnya terdapat empat anggota perempuan, yang salah satunya masih bersekolah dibangku SD, namun dia selalu datang ke ruang ekskul sastra.
Lalu apa menariknya? Coba baca paragraf pertama, si Jurai yang bersifat Alay, sudah pasti selalu berkhayal tentang kekuatan super yang seharusnya tidak mungkin ada, namun … ketika sifat alay-nya kambuh, tiba-tiba muncul kekuatan super sungguhan. Dan seluruh anggota ekskul terkena dampaknya, yaitu memiliki kekuatan super. Ada yang bisa menghentikan waktu, menyembuhkan―tepatnya mengembalikan suatu “bentuk” rusak ke bentuk semula. Dan, hari-hari ekskul sastra pun berubah sejak saat itu.
Yang mengejutkan, ketua OSIS, yang jelas-jelas bukan anggota ekskul sastra ternyata juga memiliki kekuatan super. Dan, ketua OSIS tersebut menerima surel kalau ekskul sastra juga memiliki kekuatan super.
Pertanyaan: “Siapa yang mengirim surel tersebut?” Hingga episode terakhir mengudara masih belum diketahui siapa.

Saya ingatkan lagi, AWAS SPOILER!!

Cerita
Sekilas, jadi teringat Chuunibyou demo Koi ga Shitai! , tapi kalau ini keseharian dibalut supranatural yang tiba-tiba muncul dan menjadi “kenyataan”.
Dan, di episode 7 … saya dikagetkan dengan drama luar biasa. Drama antara pengidap Alay dan yang tidak mengerti sama sekali tentang Alay atau sebut saja “chuuni”. Saya enggak akan menyebut “siapa”, soalnya nanti juga kena spoiler. Tapi yang jelas adegannya enggak main-main, benar-benar Feel~.

Grafis
Sayang sekali, kartun supernatural tapi jarang lihat adegan tempur. Ada beberapa sih, tapi enggak begitu heboh. Mungkin dipertemuan selanjutnya akan saya bahas, soalnya cuplikan episode 8 membuat saya penasaran, sepertinya bakal ada adegan pertempuran, nih.
Dan untuk grafis karakter, pokoknya SAYUMI BES, apalagi episode 6, dia pakai kacamata kalau lagi di rumah.

Karakter
Saya ingatkan, untuk bagian karakter akan penuh dengan spoiler sifat dari main character.

  • Jurai Andou: Karakter utama dalam seri ini. Banyak yang bilang kalau dia mirip Rikka Takanashi dari Chuunibyou demo Koi ga Shitai!, karena sama-sama memiliki sindrom Alay. Nama Alay-nya adalah “Guiltia Sin Jurai”. Dia juga sangat dekat dengan Hatoko, makanya dipanggil “Ju-kun”. Tapi Hatoko agak repot dan kesal kalau Jurai pergi ke toko buku buat beli komik dan membaca gratis disana.
    Sifatnya: Cerdas, perhatian, bisa diandalkan namun dengan cara dia sendiri.
    Kekuatan super: Black Flame, Jurai sering menyebutnya “Dark and Dark”, atau diucapkan “Daaku Ando Daaku” 「ダーク・アンド・ダーク」, dimana “Ando” (and) sengaja diucap karena berasal dari namanya sendiri, 「Andou」. Visualisasi kekuatannya adalah bola api yang muncul ditangannya.

Omong-omong, ada kutipan yang saya ingat betul saat Jurai bilang, “Mattaku … shougakusei wa saiko daze.” 「全く小学せは最古だぜ」. Di episode 4, menit ke 17:39. Kata-katanya persis seperti Shidou Itsuka dari kartun “Date a Live OVA” saat Shidou kencan dengan Origami.

  • Tomoyo Kanzaki: Dia perempuan yang bisa dibilang, malas lihat kelakuan Alay-nya Jurai, padahal dia sendiri Alay 「Chuuni」, tapi enggak akut kayak Jurai. Dia juga agak pemalu, dan punya rasa sama Jurai. Tomoyo juga enggak suka kalau Jurai dekat banget sama perempuan lain, apalagi yang enggak dikenal. Kelihatan saat ketua OSIS manggil “darling” ke Jurai, dan Tomoyo langsung cemburu.
    Nama julukannya “Endless Paradox”, dan nama kekuatan supernya adalah “Closed Clock”, atau diucapkan “Kuroozudo Kurokku” 「クローズドクロック」. Kekuatannya bisa mempercepat, memperlambat, atau menghentikan waktu. Namun tidak bisa memundurkan atau mengulang waktu.
  • Hatoko Kushikawa: Hatoko merupakan gadis yang tidak mengerti sama sekali apa maksud dari sifat Alay (Chuunibyo), dia selalu menganggap serius apa yang diucapkan Jurai saat Alay-nya kambuh. Misal saat tangan takan Jurai seolah kesakitan, maka Hatoko akan berusaha memanggil ambulan dan semacamnya, padahal Jurai hanya berpura-pura.
    Sifat Hatoko sendiri; pintar memasak, dan …, pokoknya benar-benar istri idaman.

[15:13] <tono2> istri idaman, yg jago rumah tangga

Nama kekuatan supernya adalah “Over Element”, atau diucapkan Oobaa Eremento 「オーバーエレメント」. Kekuatannya bisa mengendalikan 5 elemen, diantaranya: Air, Api, Tanah, Udara, dan Petir.
Oh, iya. Dapat info kalau kanji dari “Over Element” 「五帝」itu artinya “Lima Penguasa”.

  • Sayumi Takanashi: Sayumi merupakan ketua dari ekskul sastra, dia benar-benar terlihat “WANITA” dan anggun. Tapi dalam situasi tertentu, dia bisa menjadi sangat pemalu. Sangat bertolak belakang dengan karatker yang terlihat, tapi itulah yang membuat saya menyukainya. Apalagi kalau pakai kacamata.
    Nama kekuatan supernya adalah “Route of Origins’ “, atau diucapkan ,”Ruuto obu Orijin” 「ルート・オブ・オリジン」. Kekuatannya dapat mengembalikan bentuk “sesuatu” ke semula. Bukan berarti menyembuhkan, tapi seperti memundurkan waktu dari bentuk fisik “sesuatu” ke awal. “Sesuatu” itu bisa makhluk hidup maupun benda mati. Tapi Jurai pernah mengingatkan kalau, “jangan pernah menghidupkan orang yang sudah mati”.
  • Chifuyu Himeki: Chifuyu merupakan satu-satunya gadis dari bangku SD yang memiliki kekuatan super dan anggota dari ekskul sastra. Dia sangat menyayangi Jurai. Sifatnya juga pemalu, namun sangat jujur, terlihat dari Chifuyu yang menepati janji bahwa dia tidak akan memberitahu siapapun tentang kekuatannya.
    Perlu Anda tahu, nama Himeki Chifuyu 「姫木 千冬」dalam Jepang jika diartikan adalah, “Himeki: Puteri Pohon”, dan “Chifuyu: Seribu Hujan”.
    Kekuatan Chifuyu adalah “World Create”, atau diucapkan “Waarudo Kurieito” 「ワールド・クリエイト」. Kekuatannya dapat membuat “Apapun”. Lapangan tenis, duplikat benda, portal, dimensi, dan “Apapun”. Sama halnya dengan Sayumi, Jurai juga mengingatkan kalau “jangan pernah mencoba untuk membuat benda hidup”.

  • Mirei Kudou: Mirei adalah ketua OSIS yang ternyata juga memiliki kekuatan super. Sifatnya “blak-blakan”, dan sifatnya bakal berubah kalau lagi kasmaran. Terlihat saat dia salah mengira surat yang diberi oleh Jurai adalah surat cinta, padahal bukan.
    Kekuatannya adalah “Grateful Robber” atau dibaca “Gureitofuru Rabaa” 「グレイトフルラバー」, yaitu bisa mencuri kekuatan orang lain dengan syarat; harus melihat kekuatan orang lain digunakan.

  • Musik
    Lagu pembuka dibawa oleh Qverktett: dinyanyikan oleh pengisi suara dari karakter Chifuyu, Tomoyo, Sayumi, dan Hatoko dengan judul “OVERLAPPERS”, dan saya menyukainya. Begitu pula untuk lagu penutup yang berjudul “You Gotta Love Me!” oleh Kato*Fuku.
    Untuk efek suara sendiri sudah bagus, tapi saya masih menunggu adegan pertempurannya. Mungkin akan lebih menarik.

    Kenikmatan Menonton
    SANGAT NIKMAT, saya benar-benar mengikuti alur cerita dan begitu menikmatinya. Apalagi episode 7 yang baru mengudara belakangan ini. Saya saja sampai tidak menduga akan “senikmat” ini.


    Penilaian
    Cerita: 9
    Grafis: 8
    Karakter: 9
    Musik: 7
    Kenikmatan: 10
    Keseluruhan: 8.6/10


    SubaruSumeragi”>

    Dan terima kasih untuk <~Fumio> , <&tono2> , <Satomi> , <tulkuntulkuntul> , <@Akihisa> , <Himezie>
    Dan buat kamu yang ingin berbincang-bincang atau membantu saya mengulas, yuk mampir ke #kunime@irc.rizon.net

    5 gagasan untuk “[Ulasan] Inou-Battle wa Nichijou-kei no Naka de

    • 14 Desember 2014 pukul 09:15
      Permalink

      yg ngirim surat dari anggota F :v / #Spoiler_Alert

      Balas
      • 23 Desember 2014 pukul 18:57
        Permalink

        bengis kah?

    • 12 Januari 2015 pukul 01:51
      Permalink

      “Kata-katanya persis seperti Shidou Itsuka dari kartun “Date a Live OVA” saat Shido kencan dengan Origami”

      Anime itu bukan Kartun…!!!!!

      Anime bukan hanya sekedar ANIMASI…!!!
      TAPI sumber Inspirasi…!!!

      BAKA YAROO…!!!

      Balas

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    %d blogger menyukai ini: