[Ulasan] Glass no Hana to Kowasu Sekai

Buat ulasan seri TV-nya nanti dulu deh. Baru nonton bokumachi soalnya. Dan karena animenya hype, saya jadi malas mengulas. Jadi film layar lebar dulu deh, yang kebetulan ada Mbak Ayaneru.

Oh, mungkin bakal penuh spoiler, soalnya bingung juga mau mulai dari mana. Ini ceritanya memang membingungkan. Eh, mungkin saya membuatnya tambah bingung (?)

OK, lanjut ….

Cerita
Awalanya sulit dicerna, apa maksud dari ceritanya. Tapi masuk ke beberapa menit berikutnya dijelaskan dengan tidak langsung dan bertahap. Kalau yang saya tangkap sih, ini tentang profesor hebat yang membuat Kotak Pengetahuan yang dijalankan dengan Sistem Operasi Violet. Di dalamnya dipasangkan (instal) dua antivirus bernama Dual dan Dorothy. Mereka bertugas mengamankan data kalau-kalau ada visus datang. Nah, biasanya kalau sudah terinfeksi, dengan terpaksa data tersebut akan dikompresi dan dihapus. Memang seperti itulah mereka diprogram. Kalau ada yang salah komen, ya. Ini cuma kesimpulan singkat saya.

Nah, Kotak Pengetahuan itu apa sih? Itu berisi cadangan data mengenai dunia dari musim-ke-musim. Jadi semacam kehidupan palsu yang sengaja dibuat, namun bila ada keganjalan langsung dianggap virus dan dilenyapkan. Kenapa saya bilang kehidupan palsu? Karena di dalamnya memanglah kumpulan data cadangan yang terbagi menjadi beberapa hierarkis dan masing-masing memiliki perannya sendiri. Data cadangan itu dikumpulkan dan direstorisasi dari berbagai zaman dan tempat. Tujuan dibuatnya sudah diberi tahukan dimenit awal, yaitu untuk membuat dunia yang ideal.

Terlepas dari semua itu, singkat cerita, kedua antivirus itu kedatangan tamu bernama Remo. Namun masih belum jelas siapa Remo, karena saat dideteksi dia bukan program antivirus, juga sama sekali tidak terjangkit virus. Yang akhirnya membuat Dual merasa ingin menjaganya, tentu saja sempat ditentang oleh Dorothy. Tapi seiring berjalannya waktu mereka menikmati waktu saat-saat mereka sedang bertiga.

Grafis
Penggambarannya menarik. Enggak ada yang spesial, meski enggak terlalu berkesan tapi adegan bertarungnya cukup bagus untuk ditonton.

Mungkin bisa dibilang tampilannya cukup cerah dan berwarna? Soalnya banyak adegan di dalam Kotak Pengetahuan.

Oh, iya. Ada ada satu adegan dimana grafisnya begitu nyata. Gambarnya ada diakhir ulasan, ya.

Karakter
Di sini cuma ada tiga karakter yang memang paling sering disorot; Dual, Dorothy, dan Remo.

Dual sendiri disulih suarakan oleh Risa Taneda. Yah, jadi sifatnya itu agak-agak pendiam tapi paling pemikir. Gimana ya bilangnya …. Pokoknya gitu, deh.
Sedangkan Dorothy sendiri yang disuarakan Mbak Ayane Sakura adalah tokoh yang banyak omong, macem Nacchan di non non biyori. Tapi dia benar-benar patuh akan aturan dan tidak peduli apa yang sudah dilakukannya. Tapi makin ke sini, Dorothy jadi agak memikirkan tentang dunia yang telah dilenyapkannya karena terinfeksi virus.

Satu lagi, Remo yang disuarakan Yumiri Hanamori. Dia polos, mungkin bisa diibaratkan Menma dari AnoHana? Untuk tokoh seperti apa Remo ini, saya tidak akan memberi tahu. Pokoknya tonton sampai akhir!

Musik
Lagu penutup yang berjudul
Yume no Tsubomi 「夢の蕾」 yang dibawakan oleh tiga pengisi suara yang saya sebutkan dibagian karakter cukup enak didengar. Berasa feelnya.

Efek suaranya saat adegan-adegan tertentu cukup pas. Dalam artian tidak ada yang spesial.

Kenikmatan Menonton
Meski awalnya enggak begitu paham, tapi cerita mengalir dengan pelan, dan itu memberi penjelasan bertahap mengenai cerita yang disampaikan. Feelnya juga dapat. Bagi saya cukup menikmati untuk film berdurasi satu jam ini.


Penilaian
Cerita: 8
Grafis: 8
Karakter: 7
Musik: 7
Kenikmatan: 7
Keseluruhan: 7.4/10

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: