[Ulasan] Gatchaman Crowds Insight

Sebelum menonton Gatchaman Crowds Insight, saya tonton ulang musim pertamanya. Kangen sama BGM-nya saat berubah atau beberapa adegan yang bikin cenat-cenut.

Tentu saja, saya juga nonton seri ONA yang berjudul “Gatchaman Crowds Insight: Inbound”, sebut saja episode 0 dari musim kedua yang hanya berdurasi 15 menit. Tapi, meski 15 menit adegan bertarungnya tetap buat saya kepincut, terutama efek suaranya.

Baiklah, langsung saja ke inti ulasan.

Cerita
Di episode 0 muncul Crowds Merah yang menyebut diri mereka VAPE, dan di episode 1, Joe Hibiki menjelaskan kalau VAPE artinya “Violent Ape”, yang bisa disebut juga dengan “Kera Agresif”.

Di musim kedua ini awalnya bercerita tentang peperangan Crowds merah yang dipimpin oleh Rizumu Suzuki melawan Crowds biru yang dipimpin oleh Rui Ninomiya. Namun, seiring bertambahnya episode, berubah jadi cerita politik. Penyebab masalahnya masih satu, yaitu tentang CROWDS yang seharusnya ada atau tidak. Dan jawabannya ada di episode tujuh. Sayangnya saya belum nonton, mungkin akan dilanjut di ulasan tahap kedua.

Grafis
Masih sama, dan saya sangat suka dengan grafis 3D-nya. Apalagi saat adegan lambat.

Tunggu …, rambut? Desain gatchaman si karakter baru yang bernama Tsubasa Misudachi ada rambutnya. Saya baru sadar ketika memperhatikan bentuk hitam dibelakangnya, dan saat bergerak, bentuk hitam itu agak sedikit terurai, apalagi dengan tambahan rambut depannya. Jelas sekali itu rambut.
Setahu saya gatchaman yang ada rambutnya hanya Hajime, namun warnanya bukan hitam melainkan merah jambu.

Yah, disamping hal itu. Grafis 2D-nya dibeberapa adegan masih agak terlihat kaku, terutama saat bertemunya Rui Ninomiya dan Rizumu Suzuki untuk pertama kali.

Karakter
Ada beberapa karakter baru yang sebelumnya sudah saya singgung seperti Rizumu Suzuki dan Tsubasa Misudachi. Namun, masih ada satu lagi yaitu Gelsadra. Dia adalah alien yang dapat mengeluarkan perasaan manusia dalam bentuk fisik, tepatnya gelembung warna yang terbang di atas setiap kepala manusia. Tapi, ada satu hal yang membuat saya bingung, warna gelembung Hajime selalu bewarna abu-abu. Saya curiga ini ada hubungannya dengan sikap Hajime yang “mungkin” nanti akan berubah.

Tsubasa di sini memiliki karakteristik yang mudah berterus-terang, dia mengatakan apa pun yang dialaminya dengan mudah. Bahkan saat Pai-Pai menegurnya Tsubasa tetap pada pendiriannya yang menganggap hal itu benar menurut dirinya. Tapi entah kenapa saya benci karakter seperti itu, terlalu keras kepala.

Sedangkan Rizumu sendiri masih belum jelas, Sousai X sendiri mengatakan Rizumu adalah mahasiswa di salah satu universitas di Jepang. Note yang ia miliki pun masih belum diketahui dapat dari mana.
Ralat, di episode 3 ternyata si Berg Katze sendiri yang melepas Note milik Rizumu.

Musik
Lagu Pembuka: “Insight” oleh WHITE ASH
Lagu Penutup: “60 Oku no Tsubasa 「60億の翼」” oleh ANGRY FROG REBIRTH

Lagu pembuka masih dinyanyikan WHITE ASH seperti musim pertamanya, sedangkan lagu penutup terdengar seperti “bersemangat” tidak seperti musim pertama yang agak lembut dinyanyikan oleh Maaya Uchida si penyuara Hajime Ichinose.

Dan … BGM-nya masih menggelegar, terutama saat si Tsubasa berubah untuk pertama kali. Sial! Keren banget!

Kenikmatan Menonton
Greget juga nontonnya, seru. Dan jangan lupa, “ini bukan anime pahlawan-pahlawanan, melainkan tentang politik”. Omong-omong kata ini saya dapat dari salah satu penggemar anime yang saya dapat dari Facebook.

Intinya saya menikmati, soalnya ini memang salah satu anime yang saya tunggu-tunggu di musim ini.


Penilaian
Cerita: 8
Grafis: 8
Karakter: 7
Musik: 9
Kenikmatan: 9
Keseluruhan: 8.2/10


2 gagasan untuk “[Ulasan] Gatchaman Crowds Insight

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: