[Ulasan] Futsuu no Joshikousei ga [Locodol] Yatte Mita

Locodol ribiw

Saya kira Locodol itu apa, ternyat “Local Idol”. Wah, kartun tentang Idol nih. Soalnya saya suka kartun bergenre Idol, biasanya banyak musik-musiknya. Karakternya pun terlihat imut,  tapi ternyata~~

Locodol ini bercertia tentang gadis SMA bernama Nanako Usami yang mengimpikan ingin menjadi Idol, dan kesempatan itu datang, dia menjadi Lokal Idol (Locodol) melalui pamannya. Saat bekerja dia bertemu dengan Yukari Kohinata yang sekaligus menjadi rekan kerjanya di Locodol. Awalnya Nanako merasa gugup, namun seiring berjalannya waktu akhirnya dia terbiasa dan mulai akrab dengan Yukari, rekannya.

Setelah beberapa lama, muncul karakter baru yang bergabung menjadi anggota Locodol, namun hanya dibagian maskot dan bekerja memekai kostum maskot tersebut, dia adalah Yui Mikoze yang ternyata kakak kelas Nanako. Padahal dia ukuran tubuhnya kecil tapi berdada besar, Nanako sendiri kaget melihat tubuhnya yang tidak sebanding dengan Yui.

Di episode berikutnya muncul karakter baru yang berkerja sebagai manajer baru untuk Locodol, dia adalah Saori Nishifukai. Juga Mirai Nazukari yang bergabung dengan Locodol sebagai maskot dan bekerja secara bergantian dengan Yui.

 

Cerita
Sepertinya saya terlalu banyak berharap. Pasalnya, genre Idol ini berbeda jauh dari bayangan saya. Namanya juga Lokal Idol, ya jadi idol lokal, tepatnya di desa … ah, sebut saja kotanya sendiri. Jadi, mereka cuma mempromosikan tempat, pertokoan, penginapan, dan membantu masyarakat, juga mempromosikan kotanya ke Nasional melalui program-program Idol seperti Festival Idol, Maskot kota, dan sebagainya.

Grafis
Jujur, saya suka dengan grafisnya, lucu dan imut. Juga, biasanya kalau genre Idol itu kan ada aksi panggung dengan pakaian yang mengkilap, tapi tidak dengan Locodol. Mereka, Nanako dan temannya hanya memakai kaos dan rok, atau pakaian lain yang tidak mencolok, sebut saja pakaian sehari-hari. Ini sangat bagus menurut saya.

Karakter
Saya pribadi tidak terlalu suka dengan ekspresi berlebihan pada kartun idol, meski saya menyukainya. Contoh, salah satu karakter gugup berlebihan hingga depresi, atau melakukan hal-hal yang merepotkan anggota lainnya.

Tapi, yah … mungkin begitulah seharusnya kartun Idol dibuat.

Nanako: Karakternya tidak ada yang istimewa, dia hanyalah karakter yang penuh dengan keberuntungan.

Yukari: Dia berasal dari orang berada (kaya), dan dia menyukai Nanako. Kadang hampir ada adegan Yuri antara dia dengan Nanako

Yui: Dia kakak kelas yang sangat bersemangat dan selalu berpikiran positif, bahkan Nanako menjadikannya panutan agar Nanako tidak gugup saat tampil di sebuah panggung.

Mirai: Dia karakter yang lucu dan lugu. Dia pendiam tapi sebenarnya pintar. Sangat sulit untuk diajak bicara, soalnya dia terlalu pemalu

Musik
Biasanya kalau Idol itu musiknya banyak dan pasti ada yang bagus. Tapi kalau locodol lagunya sedikit, bahkan lagu buatan dari anggota Locodol sendiri menurut saya Enggak Ada Impact-nya. Soalnya mereka jadi Idol terfokus untuk mempromosikan kotanya sendiri, bukan diri mereka sendiri.

Efek dan suara karakter menurut saya sudah bagus, bahkan lebih dari cukup. Karena tidak terlalu berlebihan, maksudnya enggak lebay.

Kenikmatan Menonton
Saya menikmatinya kok. Eh, lo kok? Karena ini Locodol, jadi saya terfokuskan pada Slice of Life dan bukan dari ‘bagaimana mereka dipanggung’.


Penilaian
Cerita: 8
Grafis: 9
Karakter: 7
Musik: 5
Kenikmatan: 7
Keseluruhan: 7.2/10


Locodol by YuuichiYouko

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: