[Ulasan] Fate/kaleid liner Prisma☆Illya 2wei Herz!

Illya

Akhirnya selesai juga cari tampilan baru buat kunime, meski masih ada beberapa yang harus dibongkar dan dipoles sedikit. Baiklah, terlepas dari itu, akhirnya saya bisa mengulas lagi. Karena saya tertinggal jauh, jadi saya mulai dari musim panas 2015, yaitu Fate/kaleid liner Prisma☆Illya 2wei Herz! . Sebelumnya saya sudah mengulas musim sebelumnya dengan judul Fate/kaleid liner Prisma☆Illya 2wei! , dan seri kali ini adalah kelanjutannya.

Buat mengingat-ingat, diakhir episode ditemukan kartu ke delapan, dan Miyu begitu terkejut saat mengetahui ada kartu ke depalan. Yap, di musim ini dibeberkan kenapa Miyu terkejut. Untuk mempersingkat, langsung saja kebagian cerita:

Cerita
Untuk cerita sayangnya tidak langsung melanjutkan musim sebelumnya, jadi dari episode satu sampai (kalau tidak salah) enam benar-benar cerita keseharian. Meski kadang ada sedikit nyenggol ke benang merah, sih. Tapi menurut saya layanan kipas yang diberikan terlalu lama.

Di episode tujuh mulai serius, penyergapan untuk mendapatkan kartu ke depalan dimulai. Di sini bagian serunya, entah kenapa saya malah memikirkan alur ceritanya hampir sama seperti pada Fate/Stay Night UBW. Begini, kartu ke delapan tidak disangka muncul, yang seharusnya hanya ada tujuh. Miyu saja sampai kaget, kenapa roh pahlawan menambah satu? Kalau yang nonton UBW pasti ingat ada satu roh pahlawan yang muncul tanpa ritual pemanggil. Siapa lagi kalau bukan Gilgamesh? Benar, di fate/kaleid muncul, meski tidak disebutkan kalau itu adalah gilgamesh. Bila dilihat menurut saya itu memang dia, soalnya memiliki Banyak harta Mulia.

Oke, oke. Sudah cukup. Intinya ceritanya begitu. Saya enggak mau kasih spoiler lagi. Dari yang saya lihat, lagi-lagi ceritanya menggantung. Bakal ada musim berikutnya. Tunggu saja!

Grafis
Seperti sebelumnya, masih bagus. Cuma saya masih kangen sama adegan pada episode enam di musim pertama. Epik banget. Studio Silver Link ini juga menurut saya sudah bagus untuk menggambarkan beberapa efek yang mungkin memang sama seperti UBW yang dipegang oleh Ufotable. Terutama pada efek pengambilan harta mulia milik gilgamesh.

Oh, iya, ada sedikit menggunakan grafis 3D di episode-episode klimaks. Meski agak aneh dipandang, tapi tetap bagus karena digabungkan dengan efek pertarungan yang seru dan menghibur.

Karakter
Dibagian keseharian (episode 1 – 6) lebih banyak menceritakan IIlya dan kawan-kawannya. Nah, di sini saya baru sadar kalau Mbak Satomi Sato menyuarakan Mimi Katsura. Kalau fokus ke keseharian, banyak layanan kipas (Fan Service) yang diberikan. Misal dari pengisian Mana antara Kuro dan Ilya yang harus berciuman, atau sisi busuk dari Suzuka Kurihara yang menceritakan tentang fujoshi-nya. Bahkan Suzuka sampai menyeret Mimi masuk ke sisi busuknya.

Selain itu, dibanding musim sebelumnya …, berkat bagian keseharian ini beberapa karakter jadi semakin diperhatikan. Katakan saja Tetsuko Gakumazawa, dia ini karakternya semakin menjadi-jadi di sini, meski cuma sebagai tokoh pengganggu yang menjengkelkan. Juga Mimi Katsura yang sudah saya katakan sebelumnya mengenai terseretnya dia ke sisi busuknya Suzuka. Dia itu kalau enggak salah tokoh yang pandai di kelas, tapi malah memiliki hobi membuat fantasi BL.

Terlepas dari itu, Rin Tohsaka dan Luviagelita Edelfelt tidak berubah. Masih selalu bertengkar, apalagi kalau ketemu Shirou Emiya. Kadang saya suka ketawa-ketawa sendiri waktu Silvia bilang, “Shero …, Shero …, Ooohohohoho.” hahaha.

Musik
Lagu Pembuka: Wonder Stella 「ワンダーステラ7」 oleh fhána

Lagu Penutup:
#1: Happening☆diary 「ハプニング☆ダイアリー」 oleh Yumeha Kouda (eps 1-6)
#2: Wishing diary by Yumeha Kouda (eps 7-10)

Ganti cerita, lagu penutup pun ganti di episode tujuh. Tapi menurut saya masih asyik lagu pembukanya. Ditambah ilustrasi saat Ilya berubah di menit-menit awal pada lagu pembuka.

Terlepas dari itu, efek suara yang diberikan masih sama seperti musim sebelumnya. Paling dibagian keseharian efek suaranya sudah cukup bagus meski sedang tidak masuk benang merah.

Kenikmatan Menonton
Saya sendiri menikmatinya, meski awalnya jujur saja saya agak kecewa karena terlalu lama masuk benang merahnya, tapi gara-gara ceritanya seru juga, apalagi yang Mimi sama Suzuka, jadi okelah. Diepisode akhir episode tujuh pun bikin penonton penasaran dengan munculnya kartu kedelapan yang tidak diduga keluar dari dunia cermin. #oops

Sudahlah, kita tunggu kelanjutannya yang bakal keluar musim panas tahun 2016 ini!


Penilaian
Cerita: 8
Grafis: 9
Karakter: 8
Musik: 7
Kenikmatan: 9
Keseluruhan: 8.2/10


2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *