[Ulasan] Dimension W

Mira Yurizaki

Halo halo. Wah, saya malas banget buat nonton anime baru. Saya hanya mengikuti Seikaisuru Kado. Ada Hinako, tapi baru sampai episode 6.
Sisanya mungkin saya tonton maraton setelah lebaran, hehe.

Nah, hari ini saya bukan mengulas anime baru, melainkan lawas. Judulnya Dimension W.
Ini sebenarnya sudah saya tonton dulu, tapi tidak diulas. Kali ini saya tonton ulang sekalian di ulas. Soalnya OVA-nya keluar baru-baru ini.

Cerita

Untuk mengurangi penggunaan mobil non-listrik, harga bensin dinaikkan sangat drastis. Hal ini dilakukan seiring pengoperasian “Sistem Dunia” yang sudah hampir satu dekade.

Pada tahun 2036, ditemukan dimensi baru yang terhubung dengan dimensi X, Y, Z, yaitu Dimensi W. Alat induksi elektromagnetik antar dimensi, yang dikenal sebagai “coil”, dibuat khusus untuk mengambil energi yang tak terbatas dari Dimensi W. Sebanyak 60 menara raksasa dibangun di seluruh dunia untuk mengatur energi tersebut. Berkat itu, seluruh dunia mendapat pasokan energi yang layak.

Pemerintah bersama New Tesla Energy membuat sistem baru, dan inilah yang disebut sebagai “Sistem Dunia”, yang saya singgung sebelumnya. Sistem ini benar-benar mengubah dunia hingga ke akarnya, yang membawa perubahan bagi para umat manusia.

Intinya, ada sebuah alat yang dinamakan “coil”. Seperti yang disebutkan diatas, coil ini mengambil energi tak terbatas dari Dimensi W, dan diubah menjadi energi listrik.  Coil ini sangat berguna, karena dapat menggerakkan benda yang memerlukan listrik. Karena itu semua kendaraan dialihkan menggunakan coil, tidak menggunakan bensin lagi.

Dalam cerita ini, namanya penemuan, pasti ada hal ilegal. Nah, di sini diceritakan ada robot wanita bernama Mira Yurizaki dan seorang pria bernama Kyouma Mabuchi yang memiliki misi untuk mencari coil ilegal. Tidak hanya Mabuchi, banyak orang-orang yang mencari coil ilegal untuk mendapat bayaran tinggi. Ada pula yang memang mencari dengan tujuan lain. Orang-orang yang mencari coil ilegal ini biasa disebut para kolektor.

Untuk Mira, sang robot wanita sendiri ini mencari coil karena perintah ayahnya (yang membuat dirinya). Tujuannya masih belum jelas apa. Nah di sini yang menarik. Nanti setiap kasus saat mencari coil akan terhubung pecahan-pecahan misterinya.

Oh iya, Mabuchi sendiri orang yang membenci coil. Karena itu, disetiap aksinya dia tidak pernah menggunakan benda atau alat yang terintegerasi dengan coil.  Mobil saja pakai yang berbahan bakar minyak (bensin). Bahkan senjata pun pakai benda tajam seperti pisau yang dikaitkan dengan benang.  Nah, nanti juga diceritakan kenapa Mabuchi membenci coil, awal mula coil, siapa yang membuat Mira, dan lainnya.

Grafis

Studio yang bertanggung jawab adalah Studio 3Hz. Studio ini juga dulu pernah mengambil Sora no Method.  Satu lagi Studio Orange, kalau pernah nonton Active Raid, atau Black Bullet. Mungkin kalian bisa membayangkan bagaimana grafisnya. Hanya saja Dimension W ini lebih kasar. Tapi untuk penggambaran karakter perempuan masih terlihat imut, kok.

Adegan bertarungnya cukup seru, saya menikmatinya. Ilustrasi lagu pembuka yang bagian dansa diawal-awal menarik perhatian saya, ini menandakan staf yang mengerjakan tidak malas. Setidaknya menurut saya begitu.

Karakter

Untuk karakter sendiri tidak banyak yang saya jelaskan, hanya dua saja. Yaitu Kyouma Mabuchi dan Mira Yurizaki.
Mabuchi sendiri memiliki pengalaman buruk dengan coil, yang membuat dirinya benci akan coil. Alasan dan penyebabnya bisa kalian tonton diepisode enam ke atas.

Mabuchi ini sifatnya agak keras kepala dan semau dia sendiri, mungkin karena pengalaman di masa lalu yang tidak mau kena masalah. Dia ini orang yang kuat. Kalau dalam cerita, dia ini dulunya ikut dalam satuan yang disebut grendel. Grendel ini semacam kelompok yang sangat terlatih, dan para anggotanya memiliki kekuatan fisik yang mengerikan. Bahkan terkadang mereka disebut sebagai monster grendel.

Mira sendiri merupakan robot perempuan yang dibuat oleh Profesor Shidou Yurizaki. Prof. Shidou juga merupakan penemu coil. Saya kesampingkan masalah Prof. Shidou.

Mira ini merupakan robot yang memiliki tingkat emosi luar biasa. Dia dibuat dengan sangat kompleks yang membuatnya bisa memiliki emosi seperti manusia. Mulai dari menangis, cemberut, malu, senyum, dan sebagainya.

Bahkan, Koorogi yang sempat menolong Mira ketika tak sadarkan diri mengatakan kalau dalamnya sangat kompleks. Kalau dibongkar, mungkin dia enggak akan bisa memasangnya kembali. Padahal di luarnya memiliki bahan robot seperti pada Four (robot bawahan Mary, dan Mary ini bisa dikatakan orang yang mempekerjakan Mabuchi).

Oh, iya, nanti kita akan mengetahui masa lalu Kyouma dan Mira. Seperti yang saya singgung sebelumnya, nanti akan diberi tahu kenapa Mabuchi benci coil, awal mula Mira dibuat oleh Prof. Shidou. Yang jelas kilas balik dari setiap karakter ini memberikan nilai tambah yang membuat penontonnya tahu seluk-beluk yang ada pada karakter tertentu. Dan kita, penonton bisa menilai sang karakter baik atau mungkin buruk.

Musik

Lagu Pembuka: Genesis oleh STEREO DIVE FOUNDATION
Lagu Penutup: Contrast oleh Fo’xTails

Lagunya seru dan enak didengarkan, membuat semangat sebelum nonton. Tidak hanya itu, lagu penutup dibuat dengan cukup bagus, yang membuat saya tidak pernah melewatkannya hanya sekadar untuk mendengarkan sesaat sebelum benar-benar selesai.

Selain itu, suara dari Kyouma Mabuchi sangatlah pas. Mengingat Kyouma ini memiliki karakter yang dalam, keren, masa bodoh / tak acuh. Dan Mira yang fenimim pun disuarakan dengan begitu imut.

Untuk efek suara sendiri menurut saya sudah cukup bagus, tapi jangan terlalu berharap dengan adegan aksinya, ya.

Kenikmatan Menonton

Saya tonton ulang dari episode satu sampai selesai hanya dalam satu hari. Yah, mumpung libur dari pagi beberapa jeda lalu dilanjutkan, sore pun selesai. Intinya sih bagus, cerita disetiap episode-nya bikin penasaran yang membuat saya kepengen lanjut ke episode selanjutnya. Akhir cerita pun saya cukup puas karena tidak terlalu menggantung. Yap, “tidak terlalu”. Soalnya saya masih pengen liat keimutan Mira. Huehehe.

 

Penilaian

Cerita: 8
Grafis: 8
Karakter: 8
Musik: 9
Kenikmatan: 9
Keseluruhan: 8.4/10

2 Comments

  1. Dua Studio dalam 1 anime hm…. Saya belum pernah dengar ada yang seperti ini xD. Kedua studio ini pun belum cukup terkenal, masih sedikit saja yang mereka kerjakan. Studio orange 14 anime dan Studio 3Hz 7 anime. Mungkin saja ada pertengakaran pertengkaran saat membuat gambaran gitu xD misalnya studio orange mau nya kek gini terus Studio 3Hz maunya kek gini (perbedaan pendapat) begelut sudah mereka itu wkwkwk (Kayaknya)

    • wkawkawkawk.
      Yg bertanggung jawab sih Studio 3Hz dengan bantuan Orange.
      Tapi grafisnya menurutku umah termasuk bagus, keren, sangar. huehehe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *