[Ulasan] Aldnoah.Zero

Aldnoah Zero

Aldnoah.Zero, kartun dengan genre mecha ini awalnya saya sangat tidak tertarik. Kenapa? Karena memang saya membenci dengan genre yang berbau mecha. Kecuali untuk film layar lebar seperti transformer. Tapi kali ini saya tarik ucapan saya. Kartun ini berhasil membuat saya terus menonton hingga episode 7. Yah, meski kebanyakan kartun mecha tidak jauh berbeda dari cerita lainnya dimana manusia menunggangi robot dan memiliki mesin khusus. Kalau disini namanya Aldnoah Drive.

AWAS SPOILER!!

Kartun garapan Aniplex ini menceritakan tentang manusia yang hidup di Mars, dan orang-orang sana menyebutnya Vers. Lalu orang-orang Vers menyatakan perang terhadap Bumi, dan tahun 1999, terjadi bencana yang disebut bulan runtuh. 15 tahun kemudian, pada tahun 2014, sorang putri dari Vers menyatakan perdamaian terhadap Bumi. Namun saat tuan putri dalam perjalanan, dia diserang oleh sekelompok orang tak dikenal hingga menewaskannya. Karena itu, pihak Vers tidak terima dengan kematian sang putri dan menyatakan perang terhadap Bumi. 37 pimpinan Vers datang ke Bumi dengan titik pendaratan yang berbeda negara di seluruh dunia.

Lalu yang membuat saya tertarik dari kartun ini adalah karakter utama dari Aldnoah.Zero, dia seorang siswa biasa yang cerdik. Mampu melawan robot yang memiliki Aldnoah Drive, padahal dia sendiri memakai robot versi latihan. Dan berbagai macam lainnya yang membuat saya tertarik.

Cerita
Sungguh, saya menyukainya. Meski di episode pertama saya agak sedikit malas untuk menontonnya. Tapi cerita yang diberikan benar-benar membuat saya penasaran. Cerita yang tidak terlalu berat dan ringan karena alur cerita masih maju (Belum ada kilas balik). Memang, masih ada beberapa yang akan membuat para penonton mengatakan, “Lo, kenapa dengan orang itu? Siapa dia?”. Tapi saya yakin, kalau kamu lihat kartun ini, pasti kamu juga akan melihat potensi dari alur cerita yang diberikan.
Grafis
Ah, karena ini mecha, saya jadi sedikit ragu dengan penggambaran dari kartunnya. Saya bahkan tidak begitu suka dengan penggambaran karakter saat kesan pertama melihat di episode satu. Tapi saat saya terus menontonnya, saya jadi menyukainya. Terutama saat aksi pertempuran. Itu sangat KLOP. Saya bahkan terkagum-kagum, luar biasa!
Sedikit spoiler, saya bahkan ingat saat adegan meteor jatuh. Adegan itu sangat terlihat nyata.
Karakter
Seperti yang saya katakan sebelumnya, saya sedikit ragu mengenai ini. Tapi, ada karakter yang saya suka, yaitu Inaho Kaizuka. Karakter ini sangat tenang, tidak memiliki ekspresi yang berlebihan. Tapi dia sangat cerdik. Ada pula sang tuan putri, AsseylumVers Allusia. Saya agak bingung menggambarkan sifat dari karakter ini. Dia memiliki orang yang sangat dipercaya, yaitu Eddelrittuo. Dan sedikit spoiler, sebenarnya sang putri yang dianggap tewas masih hidup dan memiliki wujud karakter yang berbeda dan menetap di Bumi.
Musik
Heavenly Blue, lagu pembuka yang dibawakan Kalafina sudah lebih dari cukup. Sangat klop dengan suasana yang sedang terjadi. SawanoHiroyuki[nZk]:mizuki juga membawakan dua lagu untuk penutupnya. “A/Z” (2, 3, 5) dan “aLIEz” (4, 7). Selain itu, efek suara yang diberikan saat adegan pertempuran sangat bagus. Backsound-nya itu mendramatisir banget.

Kenikmatan Menonton
Saya sangat menikmatinya, terutama saat adegan pertempuran. Meski ada beberapa adegan yang membuat saya kesal karena beberapa karakter dengan sifat yang tidak dimengerti penonton.

Oh, kartun ini benar-benar membuat penontonnya penasaran di akhir episode-nya. Terutama episode 6.


Penilaian
Cerita: 8
Grafis: 8
Karakter: 7
Musik: 9
Kenikmatan: 8
Keseluruhan: 8.0/10


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: