[Ulasan] Action Heroine Cheer Fruits

Action Heroine Cheer Fruits

Kali ini saya akan mengulas Action Heroine Cheer Fruits, salah satu anime yang masih tayang di musim panas 2017 ini. Cerita Action Heroine Cheer Fruits sendiri saya rasa hampir sama seperti anime Locodol. Sekadar informasi, Locodol adalah anime lokal idol atau bercerita tentang idol yang mempromosikan desa atau kota ke tempat lain untuk menarik perhatian agar kota tersebut dilirik para wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Nah, sedangkan Cheer Fruits ini bisa dibilang anime idol berkedok power ranger. Hmm, kira-kira bakal seperti apa, ya?

Cerita

Anime Action Heroine Cheer Fruits ini memiliki konsep cerita idol, meski saya bilang secara tidak langsung. Kenapa? Karena inti ceritanya adalah anak SMA yang menjadi Action Heroine atau Aksi Super Hero sebagai maskot kota lokal untuk mempromosikan kota tersebut ke tempat lain untuk menarik pengunjung. Seperti yang saya katakan diatas kalau anime ini mirip dengan Locodol. Benar, memang persis hanya saja konsepnya jauh berbeda. Di mana Locodol berfokus untuk mempromosikan, sedangkan Cheer Fruits berfokus pada jalan cerita menjadi Maskot Super Hero. Meski sebenarnya memang ada salah satu karakter yang memang sangat berfokus untuk mempromosikan kotanya.

Episode satu hingga enam ini masih pengenalan cerita, di mana kita akan melihat mereka mengumpulkan para anggota untuk menjadi satu tim dalam menjadi Super Hero. Kenapa saya bilang satu tim? Karena di sini anggotanya bukan hanya menjadi Super Hero, tapi ada juga yang di belakang panggung seperti pengurus, bagian peralatan, efek panggung, bahkan tokoh jahat.

Super Hero-nya sendiri ada lima, yang melambangkan buah-buahan dari kota Hinano. Awalnya super hero-nya tidak seperti yang tertera pada gambar, lo. Tadinya mereka menirukan super hero dari maskot lokal kota lain, tapi karena dianggap menjiplak, mereka pun tidak boleh menampilkan aksi panggungnya kembali. Nah, disitu sang ketua proyek, yaitu Misaki Shirogane terpikir untuk membuat super hero lokal sendiri. Konsep dari super hero ini idenya Mikan Kise, yang sekaligus juga menjadi Cheer Yellow atau sebut saja Super Hero Kuning.

Oh iya, mengenai idol, nantinya akan ada idol asli yang ikut menjadi Super Hero, lo. Yaitu Yuui Aoyama, dia sendiri menjadi Super Hero biru sekaligus bagian menyanyi. Yap, meski memang Aksi Super Hero, tapi ada adegan menyanyinya, yang memang dilakukan untuk menarik perhatian bukan hanya dari aksi panggung super hero untuk anak-anak, tapi juga para orang tua dan remaja yang menontonnya.

Grafis

Untuk penggambaran menurut saya Diomedea melakukannya dengan sangat baik. Para karakternya dibuat dengan lucu dan terlihat imut. Hanya saja saya agak kecewa dengan animasinya. Benar-benar minim dan sangat hemat gerakan. Misal ketika adegan bertarung, yang diperlihatkan hanya adegan penting seperti saat menendang, jatuh, keluar efek ledakan, dan lain sebagainya.

Karakter

Masing-masing karakter memiliki perannya masing-masing. Bahkan, meski sudah menjadi super hero, kadang ada saja tugas lain yang dilakukan. Contonya Mikan Kise yang menjadi Cheer Yellow, dia juga yang bertanggung jawab membuat skenario atau naskah alur cerita.

Selain itu juga ada kehidupan lain dari masing-masing karakter yang tidak kita ketahui. Nanti biasanya akan dijelaskan satu per satu, yang membuat para penonton menjadi lebih paham dan tahu betul sifat dan seperti apa sih dulunya mereka ini.

Saya kasih contoh Misaki Shirogane, dia ini putri dari keluarga Shirogane ternama, sekaligus ketua OSIS di SMA-nya. Sejak dulu Misaki adalah orang yang pekerja keras, hanya saja setiap yang dilakukannya selalu berakhir buruk. Bisa dikatakan dia ini selalu punya nasib sial yang menimpanya. Makanya dia suka disebut tidak populer, dan heran kenapa bisa lahir dari keluarga ternama. Mau bagaimana lagi? Soalnya setiap apa yang dilakukannya selalu berakhir sia-sia. Tapi, sikap optimisi dan pantang menyerahnya itu disegani dan dipercaya oleh teman-temannya, yang membuat dirinya yakin apa yang dilakukannya pasti membuahkan hasil.

Ada juga An Akagi dan Kanon Shimura. Mereka ini selalu bertengkar dalam hal sepele. Yah, yang memulainya sih Kanon duluan. Kanon ini putri dari keluarga kaya raya. Hanya saja, dalam perlombaan gym dari klubnya. Dia kalah oleh An Akagi, dan dari situlah Kanon ingin sekali menang dan tidak mau kalah dari An Akagi.

Roko Kuroki, bisa dibilang sahabat dekat Misaki Shirogane, dia ini yang paling tahu betul kehidupannya Misaki. Apalagi pas lagi Misaki terpuruk. Intinya, sih, selama ada Misaki, pasti ada Roko yang selalu menemani. Lalu, Yuuki Aoyama. saudari kembar dari Genki Aoyama. Kalau dibilang kakak adik, memang, malahan Yuuki ini adiknya Genki. Dan, dia adalah mantan grup idol, tapi kembali ke kota Hinano karena alasan tertentu. Dilihat dari kisah hidupnya sih, kemungkinan dia kembali karena orangnya terlalu parno. Terlalu takut dan selalu berpikir negatif dengan apa yang dilihat di sekitarnya.

Musik

Lagu Pembuka: Jounetsu☆Fruit 「情熱☆フルーツ」 oleh Tokimeki Kanshasai 「トキメキ感謝祭」
Lagu Penutup: Hi no Ataru Basho 「陽の当たる場所」 oleh Tokimeki Kanshasai 「トキメキ感謝祭」

Para seiyuu di sini selain mengisi suarakan karakter, mereka juga membentuk grup Tokimeki Kanshasai yang sekaligus membawakan lagu pembuka dan penutup dari seri Action Heroine Cheer Fruits. Lagunya juga keren, lo. Berasa banget idol-nya, apalagi pembukanya yang terdengar begitu ceria untuk mengawali cerita keseharian para Super Hero-nya.

Selain itu, efek suaranya juga menurut saya cukup bagus. Meski tidak begitu spesial, setidaknya cocok ketika melakukan aksi panggung seperti efek suara ledakan atau ketika adegan gelut lainnya.

Kenikmatan Menonton

Sejauh yang saya tonton sampai episode enam, ternyata diluar ekspetasi. Saya malah ketagihan nonton. Soalnya entah kenapa ada unsur yuri-nya. Hahaha. Hanya saja, kadang sifat berlebihan salah satu karakter membuat saya ilfeel. Tapi, untungnya tergantikan dengan beberapa lawakan kecil, yang menurut saya cukup membantu untuk mencairkan dan menghidupkan suasana.

Kalau kamu suka anime keseharian berbalut idol, mungkin ini bisa menjadi tontonan menarik. Hanya saja jangan terlalu berharap lebih dengan animasinya, ya. Jangan disamakan dengan Love Live atau anime idol lainnya, lo!


 

Penilaian

Cerita: 7
Grafis: 6
Karakter: 7
Musik: 8
Kenikmatan: 8
Keseluruhan: 7.2/10

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *