Ringkasan Cerita Gatchaman Crowds Insight


Harusnya ini terbit tanggal 10 September 2015, tapi malah baru diterbitkan sekarang. Yah, alasannya banyak pokoknya.
Oh iya, yang belum nonton Gatchaman sebaiknya setop, dan jangan diteruskan, soalnya penuh spoiler.
Selain itu, ringkasan sebenarnya cerita dari episode 7. Untuk episode 1-6, silakan baca ulasan gatchaman, meski enggak lengkap, sih.


Dimulai dari episode 7 dengan sikap Tsubasa yang mulai masih membuat saya tidak nyaman. Seperti yang saya katakan pada ulasan sebelumnya, dia terlalu keras kepala. Terutama saat Gel mengalami perubahan fisik, yaitu perut yang mulai membesar. Semua anggota Gatchaman sudah merasakan ada yang aneh dengan Gel, tapi dari pandangan Tsubasa Gel baik-baik saja.

Gel-chan gendut 1

Gel-chan gendut 2

Dan Pai-Pai pun menganggap sama.
Karena Gatchaman menganggap Gel perlu diwaspadai, kecuali Tsubasa yang menyatakan mundur dari posisinya sebagai Gatchaman.

Selain itu, Rui Ninomiya juga memutuskan menemui Rizumu untuk meminta sebuah saran. Dan Rizumu mengatakan “Semua orang akan benar-benar menjadi kera”. Sejak itu, sikap Rui mulai berubah.

Rui Ninomiya

Dipenghujung episode 7, Gel mengeluarkan seluruh gelembung yang ia serap sebelum-sebelumnya. Dan disinilah keanehan muncul, gelembung itu bergabung dengan gelembung yang ada di atas kepala setiap orang, namun berubah warna menjadi merah dan mengeluarkan makhluk aneh yang disebut Kuu. Bahkan gelembung tersebut menjadi ekor Kuu.

Kuu

Kuu 2nd

Kuu 3rd

Diepisode 8, kecemasan makhluk yang disebut-sebut Kuu memudar karena ternyata Kuu tidak “terlihat” berbahaya. Saya tekankan “tidak terlihat berbahaya”. Tapi bagi Gatchaman tetap harus diwaspadai.
Masih ingat yang saya katakan sebelumnya mengenai sikap Rui yang berubah? Sebenarnya perubahan sikap Rui dimulai dari Kuu yang melakukan sesuatu pada Rui dan sejak saat itu Rui selalu mengatakan “Kera” seperti yang disinggung Rizumu.

Rui Ninomiya 2nd

Setelah itu semua, kecemasan mengenai makhluk bernama Kuu ini pun muncul kembali di akhir episode 8, dimana orang-orang yang tidak sependapat dengan Kuu maka akan dimakan. Makanya saya tekankan tidak “terlihat” berbahaya. Tapi bila “diperhatikan” Kuu sangatlah berbahaya. Seperti sabda J.J. yang mengatakan kalau Kuu adalah “hewan buas yang jinak”. Sampai O.D. menyinggung, namanya “buas” tetap harus diwaspadai.

Ganti topik sebentar, soalnya kebetulan nemu adegan ini.

Gelembung Mbah Yuru

Masih ingat dengan perkataan saya mengenai gelembung Hajime yang warnanya tetap saja abu-abu? Ternyata Mbah Yuru (Yuru-Ji) juga sama. Terasa seperti hati Mbah Yuru bergerak atas kehendak dirinya, bukan dikendalikan orang lain. Sama halnya Hajime yang selalu ceria, dan keceriaan itu bukan paksaan, tapi atas kehendak dirinya.

Mbah Yuru

Lanjut ke topik utama, di episode 9 Tsubasa akhirnya sadar akan hal aneh yang diperbuat Kuu, bahkan pikirannya mulai tidak selaras lagi dengan Gel. Pokoknya saya disini senang Tsubasa sadar akan kesalahannya, soalnya sudah berapa episode saya jengkel dengan sikap keras kepalanya.

Tsubasa

Dan, diepisode 11, rencana Gatchaman untuk membunuh Gel pun dimulai. Tidak main-main, langsung tebas tanpa ampun. Bahkan Gel sama sekali tak berkutik. Orang-orang yang melihat kekejaman Gatchaman mulai berpikir akan yang dilakukan Gatchaman terlalu berlebihan, padahal aksi Gatchaman itu atas permintaan orang-orang yang melakukan “vote”.

Selain itu, karena aksi Gatchaman ini, membuat orang-orang mulai berpikir yang pada akhirnya tidak bergantung pada Kuu lagi. Dan Kuu pun sedikit-demi-sedikit menghilang.
Mungkin pesan yang disampaikan:

Meski ada sistim “vote”, tapi jangan biarkan sistim itu mengendalikanmu, karena kebebasan akan pilihan ada di tangan Anda. Kendalikanlah!

Yah, seenggaknya menurutku begitu.

Oh, iya, ini belum berakhir. Karena ada satu hal penting yang belum saya ceritakan, dan hal penting itu ada di episode terakhir, silakan tonton.

Bonus, gambar Mas Joe:

Joe-san

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *