Pembahasan Mengenai Cerita Shigatsu wa Kimi no Uso

Kaori 3

Sebenarnya saya tidak ada niat untuk menulis ini. Karena sempat drop dan tidak mau melanjutkan untuk menonton Shigatsu wa Kimi no Uso. Saya berhenti diepisode 6. Ketika mau lanjut, ternyata banyak spoiler kalau Kaori meninggal. Ah, sial, langsung masuk daftar drop.

Tapi, banyak teman-teman menanyakan, “Kenapa kok Kaori bisa meninggal?”, “Apa sih penyakit Kaori Miyazono?”. Dan akhirnya semalam saya ngebut dari episode 7 sampai tamat. Sayangnya saya tetap tidak tahu apa yang membuat Kaori sampai meninggal. Namun, karena ketidaktahuan itu membuat penasaran, akhirnya saya blusukan ke forum berbahasa inggris. Dan menemukan banyak kesimpulan mengenai penyakit Kaori dan beberapa pembahasan lain mengenai anime Shigatsu wa Kimi no Uso.

Lalu, apa sih penyakit yang diderita Kaori Miyazono? Saya jawab “tidak tahu”, namun …, yang jelas, Kaori mengalami penyakit terminal. Ini tidak bisa disebut juga sebagai penyakit, namun penyakit terminal ini adalah hal ketika pasien didiagnosis penyakit terminal, maka pasien tersebut sudah tidak dapat diselamatkan, dan hanya tinggal menunggu kematian menjemputnya.

Hal yang membuat pasien dalam keadaan penyakit terminal ada banyak, misalnya kanker, gagal jantung, gagal ginjal, atau penyakit lain yang―bisa dibilang―berbahaya.

Dan, ada yang mengatakan kalau Kaori masuk terminal karena penyakit yang menyerang saraf. Hal ini disimpulkan dari beberapa adegan, seperti di episode 15 saat Kaori berjalan yang tiba-tiba terjatuh dan tidak bisa menggerakkan kakinya.

Kaori 1

Kaori 2

Kaori 4

Kaori 5

Kaori 6

Kaori 7

Dan adegan di mana Kaori menjalani rehabilitasi untuk berlatih berjalan.

Kaori Rehabilitasi 1

Kaori Rehabilitasi 2

Kaori Rehabilitasi 3

Memang dua hal di atas tidak bisa membuktikan kalau Kaori mengidap penyakit yang menyerang saraf. Ini hanya pendapat yang saya cocokkan dari beberapa gambar yang saya ambil dengan pendapat dari berbagai forum. Dan, saya juga tidak bisa menyebutkan rincian jenis penyakit apa yang menyerang saraf itu.

Ada juga yang mengatakan kalau penyakit Kaori sama dengan penyakit yang diderita Ibu Kousei, Saki Arima. Namun, lagi-lagi saya tidak tahu apa sih penyakit yang diderita Ibunya Kousei? Mungkin memang sama dengan Kaori. Sifat yang menjengkelkan itu pun ada pada diri Kaori, seperti saat memaksa Kousei untuk berlatih piano dan semacamnya. Tapi, hal itu mereka lakukan (Saki & Kaori) karena ingin membahagiakan Kousei, memang tidak masuk akal. Mereka tahu kalau hidup mereka tidak lama lagi, karena itulah mereka memaksa Kousei berlatih keras agar dapat melihat Kousei bahagia untuk yang terakhir kali.

Dan yang terakhir, mengenai judul Shigatsu wa Kimi no Uso yang dapat diartikan “Kebohonganmu di Bulan April” diambil dari adegan saat pertama kalinya Kaori dan Kousei bertemu di musim semi, tepatnya di bulan April, di mana Kaori mengatakan kalau dirinya menyukai Watari, padahal … yang sebenarnya dia sukai adalah Kousei sendiri.

Kalau saya pribadi lebih menyukai Tsubaki Sawabe. Pokoknya #SaveTsubaki

252 Comments

  1. penyakit yang dideritanya bone marrow failure atau gagal sum sum tulang belakang. saya juga blusukan nyari penyakit apa karena bener-bener di anime ini ga dikasih tau sama sekali penyakitnya tapi malah penyakit ini jadi penyebab utama plot anime ini terus jalan (menyebalkan bukan? bikin penasaran). terus setuju banget nih sama pendapat pribadinya lebih suka sama Tsubaki chan dibanding sama Kaori cahan…setujuuu…entah gmn pokonya aga risih waktu kaori dateng xD. mungkin karena waktu yang dihabiskan tsubaki sama arima lebih banyak ketimbang sama kaori yg cuma numpang lewat kali ya atau emg dari dlu lebih suka rival dari heroin xD (terbukti di slh satu anime nagi no asukara, lebih suka sama sahabat Manaka xD)

    • Woh, Gagal Sumsum Tulang Belakang, dipikir bener juga.
      Iya, saya juga mikir gitu. wwww (*´∇`*) Udah bareng dari kecil tapi gk dinotis-notis. Sakit bgt tuh. Ah, pokok e #SaveTsubaki ( ✧Д✧) カッ!!

  2. hmm tapi benar” sangat di sayang kan kaori chan meninggal T.T,itu membuat kokoro saya lelah untuk menonton nya 2 kali
    tapi juga klo kaori ga di buat meninggal pasti yg kasian tsubaki chan :3
    pokoknya gimana gitu rasanya ,bener” ga kuat nonton diulang lagi ~

    *saya telat nontonnya karna ga nonton anime 7 bulan :3

    • Tunggu? Kamu nonton 2x? Aku aja malas buat nonton ulang 2x, cukup 1x kokoro ini diobok-obok.

      Yg penting Tsubaki-chan gk modar. #TeamTsubaki (≧∇≦*)

    • Anjay nonton ini emang buat nangis.. Varahlah.. Emang bikin penasaran nih penyakitnya Kao-chan. Kebetulan aku kuliah di musik dan lagu-lagu klasik macam itu emang jadi makanan sehari-hari, jd semangat pengen main main beberapa lagu2 Chopin. Btw dua tahun sblm main piano Arima kok kayak anak SD ya? :D

    • Wih, keren bang bisa main lagu-lagu gitu.
      Eh, 2 tahun? Kok saya lupa, ya. Kayaknya emang sifatnya gitu deh.

  3. Kaoriteam# kenapa mesti kelinci lincah ini yang RIP why !! Why KUNIME WHY !!?

    kesian aku gak sanggup lagi liat anime ini
    Pfffft (serius)

    • Wkawkawka.
      Jujur, saya aja abis nonton galau dan sampe sekarang gk ada niat buat rewatch, bahkan sebelum nonton udah tau RIP aja udah males-malesan.
      Dan, ternyata Karori beneran modar. ANJAY!! Langsung deh #TsubakiTeam (*´▽`*)

    • Nanti gua edotensei dah si Kaori, sedih gua liatnya 😭😭😭
      #kaoriteam

    • jangan, nanti gw baper liat kaori idup di kendaliin pake edotense. Apalagi yg ngendaliin elu. ε=ε=ε=┌(;*´Д`)ノ

  4. gue kan jarang galau ni, kalo gue mau galau ya gue tntn lagi dah film ini wkwkwk sedih bgt yak .. tapi yg mash blm tau itu, arima sma nya dmana ,- kompetisinya aja ga tau menang atau kaga, terpisah dong tsubaki ama arima

    • Wah, hebat. Bisa tontong ulang. Saya mah cukup sekali. Gk mau ngeliat Tsubaki sakit hati. (´;Д;`)

      Kurang tau sih kalo soal SMA, tapi yg jelas Tsubaki sama Arima itu teman masa kecil, jadi menurutku gk terpisah. Mungkin yg jadi penghalang bagi Tsubaki itu, “musik” yg disukai Arima, sedangkan Tsubaki? Dia sama sekali gk tau mengenai “musik”. #CMIIW

  5. Wanjer gua masih gk terima kaori RIP….rada nyesel gua nonton tu anime bikin nangis aje..apalagi pas si kosei bilang “sayonara” wanjer gua nangis gua gk terima :’3

  6. Akhirnya ada anime yg bikin gw nangis sejadi2nya, sepertinya gw ga sanggup buat rewatch, tp yg episode 22 sering gw rewatch,, nyesek sihh tp itu sensasinya. Wakwakwkaw

    • wkawkawkawka. Ketagihan nyeseknya nih. (o´艸`)

      Yg episode sekarang udah nonton? OVA atau ONA tuh, lupa. (」・ω・)」

  7. hebat x anime ini, serasa kita hidup di cerita dan musicnya.. di awal episod ngakak masuk ke intro inti mulai bingung dengan kaori, masuk ke inti mulai nyesek dengan pemikiran irama terhadap hidup dan hubungannya dengan kaori dan di episod 21 sempat niat lambaikan tangan buat lanjut nnton saat kaori sempat tewas(asumsi) tapi tiba2 koma dan sadarkan diri lalu bertemu kembali dengan irama membawa ke atas rumah sakit (sempat di beri harapan kaori akan sembuh dengan operasi minimal bisa duet kembali dengan irama). masuk episode terakhir malah irama duet dengan kaori dalam imajinasinya.. timbul pemikiran selesai sudah.. di php in sama yg buat anime. masuk ke scene di mana irama membaca surat dari kaori tentang yg sebenarnya… udah lah..

  8. Asli setelah mengikuti anime ini sampai fin, Hati gw kok jadi galau terus ya ? Kaori kan Kawaiii… knp malah mati ??? Udah gitu endingnya kurang gregett…. Padahal klo Kaori msh idup,siapa tau bisa berlanjut ke Season ke 2 T_T

  9. Ini anime yang pertama kali buatbsaya nangis sejadi jadinya dan kayak ada perasaan aneh ngeganjel gitu dibsekitar dada atas.
    Anohana sama Angel beats cuma buat mata saya berkaca kaca aja gk ampe kaya gini

    • Saya kebalik mas, lebih sakit anohana, meski cerita awal – pertengahan bikin eneg, tapi gk kek shigatsu, ending pun dibikin eneg (╥ω╥`)

  10. Selesai kaori duet sama arima kousei kaori langsung jatuh pingsan dan kaori dibawa kerumah sakit.arima,watari dan tsubaki menjenguk kerumah sakit untuk melihat kaori.kata kaori dia mengidap penyakit ANEMIA.itu di episode 4.?

  11. Jujur,,,,,ane nonton 2x endingnya -_-“….dan ini adalah salah satu dri 2 anime (1 nya school days) yg bikin emosi ane melonjak,kecewa, dan terharu bahkan galau dan ampe mw mewek :v sampe2 kepikiran ampe bbrp hari :v dari sekian bnyk anime, cman ini yg bsa bikin nangis bahagia :v

    • wkawkawkawka, ngomongin School Days itu anime paling kampret, tapi lebih kampretnya gw tamat.

      Emang sih lebay, tapi gw juga sama, sampe beberapa hari kepikiran. Eh, tunggu, nangis bahagia? Woh. Σ(゚д゚;)

  12. Asli ini anime Right in the feels banget. Gua terharu ending-nya pas Arima baca surat dari Kaori, apalagi bagian…

    “Suki-desu” (Cry intensifies)

    By the way, ane suka banget opening Nanairo Syhmphony. Pengen nangis tapi ane kan gentleman :)

    Pokoknya setelah nonton anime ini sampai akhir, you’re gonna feel like Miyazono Kaori lives in your heart, and if you forget about her anyway she will haunt you like a ghost… (no, i’m not cry)

  13. Wah, kubu kaori nih.
    well, aku juga kecewa sih, sampe galau dan males nonton kartun lain beberapa hari #LebayModeOn
    Cuma pas Kaori sakit itu ngeselin, mirip Ibunya Kousei. (っ `-´ c)!!!

  14. (nimbrung yak) habis nonton ni anime udah ane drop habis nonton ep1lamaaa bgt dropnya gegaara kekeke, iseng” nonton lagi abis nonton ampe ep7 ane baru feel dah 2 hari maraton langung ane tamatin dannn nyesek tapi keren ;’) kira” si arima bakal jadian gak ya sam si tsubaki awas kalo enggak udah ane otp-in mereka berdua eh -.-

  15. woh, monggo.

    Saya mah dukung aja, soalnya #TeamTsubaki (≧∇≦*)
    Cuma Arima menurut saya perubahan setelah Kaori meningga enggak terlalu mencolok, mungkin memang gk ada rasa kali ya sama Tsubaki. (´;Д;`)
    Labil bgt dia kayaknya, deh.

  16. wah, gw kudet banget yak. gw malah belom nonton sama sekali. sekarang gw lagi download sambil cari-cari sinopsisnya, tapi kok abis baca komen komen diatas jadi ragu buat nontonnya. gw nonton angel beats aja ga kuat :’v
    tapi gpp sih, berhubung udah banyak spoiler jadi ga akan terlalu shock kalo nonton (mungkin) :p

    • Saya doakan setelah nonton Anda shok berat terus galau bukan maen abis tamat. #loh ε=ε=ε=┌(;*´Д`)ノ

    • baru beres nonton, sengaja dilama-lamain biar lebih berasa feelnya -,-
      ga bisa comment apa-apa, masih shock, kokoro ini masih sakit T^T
      #teamkaori

    • Wah, dilama-lamain. Ya galaunya juga bakal lama.
      Selamat bergalau ria, deh. ε=ε=ε=┌(;*´Д`)ノ

  17. Gue nonton anime ini sekitar 6-8 bulan yang lalu . Efeknya bener bener bikin galau sampe sekarang :'( kaori susah dihilangkan dlm ingatanku . Awalnya sih gue kira ga menarik , flat gitu tapi pas ketemu sama mbak kaori rasanya filmnya jadi seru . Paling seneng pas episode 11 itu pas kaorinya ngomong sama arima di padang rumput gitu ditemani kunang2 . Disitu keliatan bgt kaori bakal RIP pas bilang *kalo gasalah* “sayangnya aku tdk bisa terus bersamamu” gitu atau gimana beehh nangis itu. Dan episode 22 jg diulang dan feelnya ttp sama . Gaberani ngulang nih anime . Atit kokoro ini mbak kaorinya meninggal #teamkaori

    • wkawkawka, yg galau. (≧ω≦)
      Saya juga sih, malah sebelum kena spoiler udah ngerasa ada yg gk beres. Awalnya biasanya aja, tapi pas diakhir malah, Arrrrgghh щ(゚д゚щ)ゴラー!

      Langsung dah gk mau rewatch, sekali pun BD-nya. (´;Д;`)

  18. Gatau mau komen dimulain dari mana.

    Ini anime,aduh susah banget ngejelasin feel gua,campur aduk,emang sih baru selesai nontom seminggu lalu,tapi KAAAAOOOORIIII :”

    Awalnya,diusulin temen buat liat ini anime,terus nyoba deh nonton, 3harian selesai.
    Ga tau kenapaa,abis selesai nonton,kok malah kebawa terus,keinger Kaori terus :”(
    Sampe sampe gue download semua lagu,opening,ending song nya juga,serasa ga rela Kaori meninggal :”(

    Ah kaco gue nih,malah curhat (-,-“)

    Yang jelas gue udah bebrapa hari ini sedih banget mikirinnya huhu T_T

    • wkawkakwka, jangankan situ. Saya seminggu jadi gk mood mau nonton yang lain, kepikiran terus. Galau gk karuan. (´;Д;`)

  19. Saya nonton anime ini sampai 4 x atau lebih :), ceritanya menarik .
    walaupun kaori bukan teman masa kecil arima, tapi dari kecilnya dia udah mengagumi,
    sampai ga berani masuk dikehidupan arima melihat persahabatan (arima,watari,tsubaki) akhirnya memberanikan diri mengajak bermasin musik, coba bayangkan arima, orang yang udah jatuh dibuat bangkit lagi :) ( menurut saya ini heroin yang paling bagus #teamkaori) .
    tambahan Emi Igawa kelihatan suka juga sampe diam-diam nonton acara biola karena ada arima ikut acara gala tersebut ,
    jangan lupakan juga buat yang suka karakter loli (Nagi Aiza = adiknya takeshi),
    terlihat mulai suka sama arima . :)

    kalau ada season 2,bisa – bisa harem detected .
    berarti ending segitu sudah pas sekali :)

    waktu pertama kali nonton :) saya juga seperti kalian galau berhari-hari :)
    diobati nonton anime santai dan penuh commedy akhirnya sembuh hahaha !

    • Buset 4x, udah kek temenku aja. Dia ketagihan nonton Shigatsu.
      Tapi btw, aku agak kurang setuju sama yg membangkitkan Arima lagi. Menurutku itu cuma keegoisan Kaori yang gk mau Arima berhenti main Piano. Makanya Kaori maksa. Malah terkesan mirip Ibunya Arima yg udah tau mau mati tp gk mau anaknya tertekan dan berhenti main piano.

      Yah, seenggaknya menurutku begitu. Btw, #teamtsubaki wwwww ε=ε=ε=┌(;*´Д`)ノ

    • iya dong, saya ini gk suka arima. Tapi dilampiaskan ke Kaori. Eh, lo? Hehehe. ε=ε=ε=┌(;*´Д`)ノ

    • Setahu saya FIN itu bahasa perancis yang artinya “TAMAT”/”SELESAI”. #koreksiBilaSayaSalah

  20. Baru nonton lagi anime ini totalnya udh 2x, dan selama nonton gabisa lepas dari cinta segitiga yang disajikan. Dan smpe skrng gabisa habis pikir sama endingnya, kenapa kaoru harus wafat. Dan setelah itu tidak ada kejelasan lagi gimana nasib arima kedepannya dan jenjang karirnya. Dan sampe skrng juga setiap malem pasti selalu kepikiran sama kaoru hehehe so sad bgt

  21. Apa gak bakal ada S2 nya gtu yaa ? Asli sedih bgt lihat kaori nya mninggal, plinh nyesek pas di eps 21 si arima main piano smbil nangis, backsound nya juga pas bgt. klo ada S2 nya mungkin lbih seru:-D

    • Jangan!!!! Jangan ada S2!!!! Cukup hatiku dibuat galau berhari-hari dengan S1. T___T

  22. Tpi impossible sih ada S2 nya soalnya kan bahan buat S2 kagak ada
    Knapa harus kaori yg mati jdi sdih:'(

    • iyap, doujin juga banyak bgt kok kalo mau cari kelanjutannya biar gk galau.
      Tinggal nunggu live action aja bang, kayaknya bakal seru.

    • Hmm, angel beat mungkin? Saya kalo denger ost ny masih galau mulu, padahal udah berapa taun lalu nontonnya.

    • Tpi gua blum bisa move on dari kaori?? gua malah nge rewacth film nya berkali kali pas ada kaori sama kousei nya?? miris bgt lhat 2 orang itu??

    • anjay, niat. Saya mah gk kuat, bang. Cukup sekali kokoro ini hancur. _(:3 」∠)_

    • Ane klo dengerin ending ke 2 nya shigatsu malah ke inget kaori gak bkal bisa Move On:-D
      Oke, hbis ini tak download dlu

  23. Njirr… Baru beres nonton hari ini bener sakit nyesek banget…. Tadinya ane lebh seneng ke tsubaki eh… Pas liat episode 22nya langsung nambah nyesek.. Siaallll

    • Aih, kalo suka ke Tsubaki harusnya gk nambah nyesek bang, kan jadi ada kesempatan buat Tsubaki deketin Kousei.

      Tapi, yah … saya juga yang #TeamTsubaki ikut nyesek deng liat Kaori tau-tau gk ada. Ini mah salah dokter nya ლ(ಠ益ಠლ)

    • Sayangnya kalau sudah waktunya (meninggal) ya tak bisa menghindar lagi. #acceptingkaoridies #shelivesinyou

  24. Sherlock holmes yang sudah meninggal saja bisa dihidup kan lagi karena keinginan pembacanya.. dan mungkin ini kaori juga bisa, sebenernya operasinya sukses tapi dia tak mau kousei lari Di belakang nya terus ingat ketika kousei diajak bunuh diri bersama. Kousei bilang apakan? Ada kemungkinan season ketika mereka dewasa kali. Kalau tsubaki.. dia pernah jatuh hati ke orang lain toh.. hati baja.. beda dengan cintanya kaori..

    • Mungkin ada benarnya, tapi saya gk setuju dengan pendapat yg Tsubaki.
      Tsubaki itu suka ke Kousei sejak kecil. Terus kenapa dia bilang udah suka ke orang lain? Itu karena dia gk mau tersakiti, meski ujungnya malah tersakiti.
      Begini, ada A suka ke B, tp A tau C suka ke B dan B gk sadar. Terus apa yg dilakukan A? Kemungkinan besar A menyerah dan berusaha menyukai orang lain. Ingat, “berusaha”, itu karena si A gk bisa lupain B meski dia tau susah bgt buat dapetin.
      Kasusnya Tsubaki sama kek perumpaan di atas.

      Soal S2 saya pikir gk akan ada, meski pemikiran saya bisa salah, tapi paling banter cuma OVA/Episode spesial

  25. Tobat lah.. Angel beats + shigatsu = sengsara bro! Yang blom nonton mending gausah sblom merasakan apa yang kami rasakan ? BTW gw #teamkaori ??

  26. Uuuuu… dari awal saya udah shipping si Kaori. Sama-sama pegang biola soalnya.
    Q_Q

    Bngst lah, gw baru selesai nonton. Kokoro ini langsung nyesek sampe gak bisa napas. Beberapa hari ke depan bakalan gegulingan di kamar, baper luar binasa.

    • Anjay, aku paham banget deh perasaan dikau. Sampai nonton film lawak pun nanti kalau udah rampung malah galau lagi. haha _(:3 」∠)_

  27. habis nonton chuunibyou (yg kisah cinta nya bikin ketawa abis2an karena tingkah lakunya) lanjut ke shigatsu, ehh pas nnton ep1 nya keren nih anime pikir gue, lah gk taunya lama-kelamaan nonton bikin nyesek aja,,, T_T nyesel abisss… mainin perasaan gue aja.. btw, gw #teamtsubaki ??

    • Ciye, langsung galau mode nih. _(:3 」∠)_
      Wah, bagus. Saya juga #teamtsubaki ?

    • Menurut saya mah seru. Drama sinetron, bikin jengkel. Tp patut dicoba. ( ͡~ ͜ʖ ͡°)b

    • Monggo, bang.
      Eh buset 4x, saya aja mau nonton BD ny gk jadi-jadi. Cukup TV ny aja dah. _ノ乙(、ン、)_

  28. Ya seru aja nntn ny, soalny pas mau d eps last udh merinding.wkwk
    Msih terbayang bayang klau denger soundtrack nya.
    Tv, emng ada.?
    Eh denger denger bulan agustus mau d tayangin lgi tu film shigatsu.

    • ew, baru kebaca komennya.
      Gk, maksudnya yg ditonton kita itu kan versi tv, bukan BD.

      Yg agustus itu kalo gk salah yg live action, deh, Tp gk tau jadwal tayangnya juga sih.

  29. nih anime bikin tahan puasa 1 minggu, jadi gak nafsu makan, gak nafsu minum, males nonton anime , malas nge game, keingat kaori terus,,,,,,,,,,,,,,

    pengennya nangis mulu di kamar ;( apalagi dengerin ost yang ending2 nya

    awalnya nyesek pas masuk ke episode ke 16, pas kaori bilang ” kau mau tidak bunuh diri berdua bersama ku” :3 langsung deh mewek mewek

    paling nyesek + gak nyangka pas ending nya .WTF -_- apalagi pas arima baca surat dari kaori -_- langsung deh bawa laptop ke luar rumah sambil teriak KAAAAAAMMMPRET , WHY KAORI WHY WHY (histeris)

    • Wah, sama bang. Malah nonton anime lawak tetep gk nyembuhin galau saya seminggu. Ketawa mah ketawa, tp nanti kalo udah rampung tetep aja inget Kawori. (╥ω╥`)

    • hmm, bingung juga kalau mau ngasih saran.
      Coba Guilty Crown, Yuuki Yuuna wa Yuusha de Aru, atau gk Mahou Shoujo Madoka Magica. Emang semuanya genre aksi. Tapi dramanya bagus menurutku. Aku sih nyaranin nonton Yuuki Yuuna. hehe.

  30. Flim terbaik dari semua flim yang pernah gua tonton yang .
    Gua nonton ini padalah pas bulan april tapi sampai sekarang gua masih kangen sama si KAORI dan suka dengerin semua Ost nya ni flim.

    Buat pertama kali gua nangis itu karna gua pikir si Miyazono kaori pengen trus hidup dan seneng seneng sama si arima khousei () eh di malah di kasih penyakit ,di episode akhir atau episode berapalah sebelum si ARIMA bilang SAYONARO ,gua tuh berharap banget si kaori di oprasi sembuh eh pas DENGER kata SAYONARA harapan gua lenyap ama air Mata trus yang bikin nangis lagi pas Si ARIMA BACA SURAT peninggalan KAORi.
    Bro balas komentar gua biar gua bisa ngungkapin perasasn gua biar sedikit demi sedikit bisa ilang ni perasaan .

    • Wah, pasti galau banget ini. Saya malah pas galau nyalah-nyalahin dokternya, kenapa operasinya bisa gagal. Kampret bener dah itu, Kaori ny pasrah pula. Buset dah itu, kampret banget. щ(゚д゚щ)ゴラー!

  31. Bro izri flim yang lebih sedih dari SHUGATSHY WA KIMI NO USO apa

    • hmm, Angel Beats udah nonton? Atau gk Yuuki Yuuna Yuusha wa de Aru. galau-galau dah.

  32. Angle bits udah tapi menurut gua mah ending nya ngebahagiain
    Tapi flim

    Yuuki Yuuna Yuusha wa de Aru mau langsung download ah

    • Angel beats kurang seru jalan ceritany , masa tembak”an gitu :v
      Tpi ending ny lumayan lh , wktu si tenshin blngin klau cowok itu yg donorin jantung
      #spoiler mmpus loe yg blum nnton
      Wkwkwk

      AnoHana(The flower we saw that day)
      Juga tearjerker anime bro nnton aja
      #nospoiler
      Ending ny bkin nanggis jga

    • Ho o, bener. Tp justru tembak-tembakannya yang bikin penasaran, yang tau-tau endingnya kayak gitu. Anjer nyesek. wkawkawk
      AnoHana iya seru, tp tiap eps ny bikin jengkel! щ(゚д゚щ)ゴラー!

  33. Udah CLANAND
    Oh ia mau nannya clanan pas adegan sedih sedihan itu cuma mimpi kan ??

    • waduh, clannad drop euy. Gara-gara kena spoiler kalau sedih bgt dan blablabla. Jadi gk bisa bantu. hehe.

  34. Lah, udah lama liat nih blog tpi bru brani coment#gulingguling. Apa cman ane disini yg ulang animenya tiap minggu smpai scriptnya di hapal di luar kepala tapi masih nangis kejer?

    Kokoro sya masih kurang kuat pak buat nahan nih air yang kampretnya keluar tanpa izin :v eh btw gue setuju kalo si-Kaori end, klo kagak gitu nih anime bakalan jdi salah satu anime mainstream wkwkwkk. Enak tuh yg bagian kebohongan yang manis, lebih greget dan anti mainstream. But as always, #TeamKaori. Dannan no aho! Motto kamae, owaki suruzo!#digebukinIrama.

    • Selamat bergabung saya ucapkan.
      Wkawkwa, gile, sampe hapal. Nonton tanpa sub ngerti dong ini?
      Dan, tunggu, tonton ulang? Saya gk kuat, sumpah dah gk kuat. Temenku udah rewatch sampe 3x dan masih ketagihan. buset AMPUN DJ!!

      NO!! #TeamTsubaki ( ー̀εー́ )

  35. #teamkaorimiyazono :v
    Team tsubaki jgn salahin kaori
    Si kaori emng udh tau tsubaki dekat bngt sma kousei , makany wktu mau dekatin kousei dia memilih dngn berbohong , pas di surat ny kan ad di sampaikan , jadi kaori msh mentingin si tsubaki jga :v
    Tsubaki toh yg gak tau diri , mau sma senpai ny lgi :v

    Your lie in april best tearjerker anime deh…

    • anjer, saya gk terima!! ( ー̀εー́ )
      Tapi emang sih salahnya Tsubaki, cuma bukan itu masalahnya. Menurutku hal itu wajar, apalagi dia lagi stres berat gara-gara tau gk bisa dapetin Kousei. Makanya di coba pacaran sama kakak kelas, yang mungkin dengan begitu Tsubaki bisa melupakan Kousei.
      Tapi, yah, cinta mah tetep cinta, berusaha lupain malah makin nyesek. Cuma akunya agak kesel gara-gara Tsubaki diem aja, kenapa gk nembak-nembak. щ(゚д゚щ)ゴラー!

    • #teamkaorimiyazono
      Tsubaki kan gak mendukung cita” ny kousei
      Dia jdi benci music krna membuat dia n kousei makin menjuah , mngkin karna dlu ibu ny kousei keras wktu latih kousei tuh

      Si kaori muncul lngsng mengubah dunia kousei yg gelap jdi berwarna

      Salahin kousei aja krna dia gk peka sma tsubaki
      Wwkwkwk

      Hidup #teamkaori wlau pun sudah tiada waifu ku
      Kaori ????

  36. Admin , lu reseh klau lgi caper
    Nih biar baper :v

    Kepada Arima Kousei,

    Rasanya aneh menulis surat untuk seseorang yang baru saja bersamaku. Kau orang yang jahat, sampah, lambat, bodoh. Aku pertama kali bertemu denganmu saat berumur 5 tahun, itu di saat pertunjukkan piano sekolah. Anak laki-laki kikuk yang membuat penonton tertawa karena menjatuhkan kursi pianonya. Dia duduk di depan piano yang lebih besar darinya, tapi saat dia memainkan not pertamanya, aku langsung terpukau mendengarkannya. Suara seperti palet 24 warna dan melodinya seperti berdansa. Aku terkejut saat anak perempuan yang duduk di sampingku menangis kencang.

    Walaupun begitu, kau berhenti bermain piano, padahal kau sudah mempengaruhi hidupku. Kau jahat sekali. Jahat, lambat, bodoh.

    Saat tahu kalau kita satu SMP, aku senang sekali. Bagaimana caranya agar aku bisa bicara denganmu? Apa aku beli roti isi saja setiap hari? Tapi pada akhirnya yang bisa aku lakukan hanyalah memandangimu dari kejauhan. Soalnya semua orang terlihat rapat sekali denganmu. Tidak ada ruang sedikitpun untukku masuk. Saat aku masih kecil aku pernah dioperasi dan sering dirawat di rumah sakit. Setelah aku jatuh pingsan saat kelas 1 SMP, aku jadi lebih sering keluar-masuk rumah sakit dan waktu perawatanku pun jadi semakin lama. Aku jadi banyak bolos sekolah. Aku tahu kalau kondisi tubuhku tidak begitu baik.

    Suatu malam, aku melihat ibu dan ayahku menangis di ruang tunggu rumah sakit, aku sadar kalau waktuku tidak banyak lagi. Saat itulah aku mulai berlari!

    Aku mulai melakukan apa pun yang aku mau, agar aku tidak membawa penyesalan ke surga. Aku tidak takut lagi untuk mengenakan lensa kontak. Memakan banyak kue tanpa khawatir dengan berat badanku. Partitur musik yang selama ini mengaturku, sekarang aku memainkannya dengan caraku sendiri.

    Lalu aku mengucapkan satu kebohongan, kalau Kaori Miyazono menyukai Ryouta Watari. Itulah kebohonganku. Kebohongan itu membawanya ke depanku, Arima Kousei. Itu membawamu kepadaku.

    Sampaikan permintaan maafku pada Watari. Tapi aku yakin sekarang Watari sudah melupakanku. Sebagai teman dia menyenangkan, tapi sepertinya aku lebih menyukai orang yang lebih setia. Dan juga, sampaikan maafku kepada Tsubaki. Aku hanyalah seseorang yang kebetulan lewat dan akan langsung menghilang, aku tidak ingin meninggalkan kesan yang aneh, makanya aku tidak bisa memintanya kepada Tsubaki atau langsung mengatakan “kenalkan aku pada Arima”, aku yakin Tsubaki tidak akan menerimanya. Lagi pula Tsubaki sangat menyukaimu. Semua orang tahu itu kecuali kau dan Tsubaki sendiri.

    Kebohongan licik yang sudah membawamu padaku, tidak pernah aku bayangkan sebelumnya. Kau jauh lebih murung dan suram dari yang aku duga, kau juga keras kepala, tidak kenal lelah dan tukang intip. Suaramu jauh lebih pelan dari yang aku duga, dan kau jauh lebih jantan dari yang aku duga. Namun sesuai dugaanku, kau pria yang baik. Saat kita melompat ke sungai, airnya sangat sejuk dan segar ya? Bulan yang mengintip ke ruang musik seperti roti manju yang enak. Saat kita balapan dengan kereta, aku sangat yakin kita bisa menang. Saat kita berdua bernyanyi Twinkle Twinkle Little Star, rasanya menyenangkan sekali ya? Pasti ada sesuatu di sekolah saat malam hari, ya kan? Salju yang turun terlihat seperti kelopak bunga sakura, kan? Aku adalah musisi namun terpengaruh oleh segala sesuatu dari luar panggung, aku ini orangnya aneh ya? Saat-saat yang tidak terlupakan untukku hanyalah hal-hal kecil, itu aneh, bukan?

    Bagaimana denganmu? Apa aku berhasil masuk ke dalam hati seseorang? Apa aku berhasil masuk ke dalam hatimu? Meskipun hanya sedikit, apa kau akan mengingatku? Jangan menekan tombol reset-nya, ya! Jangan melupakanku, ya! Janji, ya?

    Sudah aku duga, aku bersyukur itu kau. Apa aku mencapaimu? Aku harap ini sampai kepadamu..

    Arima Kouse, aku mencintaimu.

    Maaf aku tidak menghabiskan Caneles-nya. Maaf aku sudah banyak memukulmu. Maaf aku sudah egois. Tolong banyak maafkan aku, ya. Terima kasih.

    P.S. Aku menaruh harta karunku di dalam suratnya.

    • Di episode pertengahan gw dukung tsubaki . Dimana gw rasa tsubaki ceweknya kuat . Yang bisa bertahan ketika arima dideketin kaori dan taubaki sadar kalo arima juga mulai suka sama kaori . Yang gw liat kaori saat itu kayak nya mau PHPin arima . Tapi di episode terakhir pas arima baca surat kaori . Saat itu gw tau perasaan nya kaori.dari kecil dia udah suka trus pas disekolahn pas iya pakai kacamata diam” suka merhatikan arima tapi arima ngga peka lingkungan sekitar nya . Pas dia tau idup nya ngga lama lagi .dia memberanikan diri . Dia tau tsubaki suka arima makanya dia deketin watari yang playboy yang tujuan sebenarnya deketin arima . Yang ada dipikiran kaori meskipun tidak bisa memiliki nya setidaknya bisa membuat kenangan indah bersama arima . Kaori ingin hidup dihati arima seperti arima yang idup di hati kaori . Tsubaki Dan Kaori dua”nya punya cinta yang tulus gw rasa bingung untuk memilihnya tapi karena kaori yang meninggal justru kaori yang idupbsi hati .

    • suka deh sama komentarmu.
      Yah, sayangnya mereka terlalu tarlalu takut buat ngutarain perasaannya. Tp Kaori punya cara yang berbeda. Tsubaki yg tau pun langsung melangkah dengan berpacaran bersama kakak kelasnya, tapi gk berhasil. Hatinya emang gk bisa boong, dia udah keburu cinta ama Arima.

  37. Live Action Your lie in april di release 9 september nnti gan , ga sabar nunggu ny
    Mudah” an bgus LA ny , biasa LA anime bnyk yg mengecewakan sprt Oremonogatari sma Attck on Titan

    • well, 9 september waktu jepang, ‘kan? Bajakan paling nunggu berbulan-bulan dulu. Saya juga gk sabar, sih, pengen liat pemerannya meranin dengan bagus apa gk.

  38. Gua gak terima KAORI MATI!! ending nya gak bahagia, yg tadinya gua jiwa rock malah jadi nangis gara2 kaori, nyesel gua nonton anime ini bawaan nya galau sampe gak mau mandi, Anime termelow yg pernah gua tonton, semoga yg live action kaori nya gak mati, semoga ending nya bahagia , biar lubang di hati ini bisa terobati hahaha #jgnmatiKAORI

    • Wah, selamat sudah kena ke kegalauan kaori.
      Saya juga sependapat buat LiveAct-nya, cuman masalahnya, kayaknya tetep mati deh. (╥╯θ╰╥)

    • Seriusan suka Emi? Saya malah sama sekali gk terpikirkan. Bagaimana pun juga dia gk begitu mencolok. Benar-benar tokoh tambahan yang berubah karena Kousei. Cuma Kousei-nya gk sadar.

  39. Arrggghh,,, kenapa saya baru tahu anime ini sekarang.. marathon 2 hari! Gak nyangka, saya pecinta thriller, action, sci-fi, fantasy dll bisa dibikin nangis khususnya di 2 episode terakhir… Sayonara Kao-chan.. makasi untuk pengarang anime ini T.T

    Sial! Jadi cowo Baper gini hadeeeeuuuhh ._.

    • Wah, selamat bergalau ria pak.
      Saya pun sama. Antara nyesel dan gk nyesel nonton ini. Antara baper dan gk baper. Sampe sekarang masih aja inget mbak kawori. T_T

  40. Hei guys ane kudet bru nnton shigatsu smpai habis ~(*+﹏+*)~ Entah napa ada yg mengganjal di hati saya, rasanya sulit sekali melupakan cerita dalam anime ini apa lagi kaori (っ˘̩╭╮˘̩)っ Dari sini ane menjadi berpikir arti dari hidup ini, teruslah melangkah ke dpn jgn putus asa. Kaori itu ibarat guru kehidupan yang datang untuk menolong Arima tetapi ga selamanya dia bisa selalu menolong dn akan ada saatnya dia pergi. Disinilah ane sngat tersentuh dan susah move on. Apa disini ada yg berpengalam seperti ane ㄟ(≧◇≦)ㄏ mohon bagi cerita, soalnya shigatsu sangat bermakna sekali dan pesan moral nya menyentuh banget. Ane juga waktu itu gara” Angelbeats sampai berminggu” minggu murung di rmh haha. And minta recomen anime yg kyak shigatsu ama angelbeats guys. Mohon di Reply comment ane :)

    • Hai hai.
      Wah, penggalau baru datang, nih. #oops ε=ε=ε=┌(;*´Д`)ノ
      Saya juga sama, galaunya sampe gk sembuh meski ditabrak nonton anime komedi.
      Yap, saya setuju soal Kaori yg ibarat guru. Berkat keegoisannya, Arima jadi mau main piano lagi. Meski caranya yg gk pas, dan malah terkesan egois (seperti yg saya katakan sebelumnya) malah hampir mirip macem ibunya Arima yang maksa biar main piano lagi.

      Hm, anime yg mirip shigatsu, ya? Sebenarnya gk gitu mirip, cuma saya nontonnya juga dibikin galau, kayak AnoHana, Yuuki Yuuna Yuusha wa de aru (kalo ini aksi), Charlotte (ini juga aksi)

  41. Pfftt :’3 liat komen2 di atas bikin penasaran , baru nonton 15eps pngen di lanjutkan tpi ragu :’v tkut kena pnyakit galauisme :’v

  42. Anjirr kata temen2 ane anime shigatsu sedih, ane ga percaya, pas ane tonton anjirr bener :’v

  43. baru selesai nonton (telat banget yak ?)

    semua yg dilakukan Kaori, semua yg ada di Kaori itu sempurna :’) ,, dia bagai malaikat kecil yg membimbing orang2 dr keterpurukan, dia cahaya yg terang bagi orang2 yg terhanyut kegelapan…

    Kaori oh Kaori :’)

    andai ane punya pacar cewek / anak cewek macam Kaori, ane bakal jaga ampe mati :’)

    • Wah, belum bisa move on dari Mbak Kaori nih. Awas kak kelamaan galau. ε=ε=ε=┌(;*´Д`)ノ

    • selain mata bengkak yg ane dapat setelah nonton ini..

      ane jd mensyukuri hidup banget, masih banyak mereka yg seperti Kaori, yg punya semangat hidup tinggi namun takdir berkata lain..

      apalah kita yg sedikit mengeluh, malah ingin membuang hidup dengan mudahnya..

      asli nih anime yg paling ngajarin gw betapa berharga nya hidup..
      so, lets enjoy our life

    • setuju banget kak. Saya yang baca komennya malah lebih menyentuh.
      Jadi harus lebih bersyukur lagi. :)

    • tp ente aktif amat yak,, ini blog udh lama, tp ente msh ngebales cepet

    • tapi sekarang udah termasuk lama nih, terhitung 3 jam setelah situ komen. Gara-gara ketiduran. (ಥ_ಥ)

      emang udah lama bgt ini, jarang post review baru pula. Thanks btw udah mampir. …(_ _).

    • Wah, awas gan, susah sembuhnya. Silakan konsultasi ke rumah sakit umum bagian poli galau. ε=ε=ε=┌(;*´Д`)ノ

    • Wah, udah masuk terminal ente. ( º言º)
      bendungan air matanya aja udah jebol.

      mending ente “ARISAN” sekarang juga dengan membayangkan neng kaori. Jangan lupa pakai pelumas biar nikmat galaunya berasa banget. #IYKWIM ε=ε=ε=┌(;*´Д`)ノ

  44. Berawal dari lagu 7!!-orange di YouTube ,endingnya shigatsu wa Kimi no uso,Nah….lalu ada video shigatsu wa Kimi no uso!
    Lalu ane penasaran??dan mencoba menonton anime ini.awalnya biasa2 aja ehh….ktika si kaori terkena penyakit disitu ane merasa sedih dan terus melanjutkan ceritanya.karna penasaran ane tonton sampe tamat disitu ane merasa merinding(sedih)karna kaori telah meninggalkan arima!dan karna dia umurnya sama kaya ane(14),ane terus mikirin dia,bayanginnya gimana Gitu…..!! #ILOVEKAORI

    • Dan juga setelah mendengar endingnya yg paling akhir,itu menyentuh sekali tiap kali ane dengar tuh musik teringat cerita shigatsu wa Kimi no uso yg sangat menyentuh ceritanya.layaknya seseorang kehilangan sesuatu yg berharga dlm dirinya,aduh….sedih banget.busettt!ane sampe susah makan nih!???(my emotions).gk bisa lupain si kaori miyazono!#ILOVEKAORI

    • admin nya paham2 mulu, pdhl udh 2 tahun ? ..
      masa ga ngelupain galaunya

    • Saya aja gk tau kenapa, padahal gk pernah rewatch. Sumpah, kalau rewatch malah tambah-tambah ntar galaunya, tapi gk rewatch aja tetep keinget mulu adegannya. ?

  45. Haha……rewatch lagi aja min.biar melepas kesedihan di dlm dirimu!hehe…btw..anime ini ada season kedua?moga kalo ada lebih sedih lagi ceritanya!

    • ah, jangan menghasut bang. Saya gk mau galau lagi. ε=ε=ε=┌(;*´Д`)ノ
      Setau saya gk ada S2, tp live action ada,,

  46. Udah donlot lama, tapi kebanyakan yg di donlot jadi baru bisa nonton anime ini dan baru selesai hari ini. Hampir mirip dengan Sakurasou no pet na Kanojo, sedih dan lucunya dapet banget :D

    Yah baru 2 anime seri ini yg pingin ada season 2 nya (mengharap)

    • Weh, tau Sakurasou juga? Tapi menurutku lebih sedih Shigatsu deh. Lebih ngena. Tp lucunya lebih dapet yg sakurasou. ε=ε=ε=┌(;*´Д`)ノ

  47. Aihhh bikin males gerak dari tempat tidur…
    Sial nih anime kayak anohana :’v

    • eps 5 bagian apa, ya? Saya lupa. Btw, saya malah eps 6 ny stop. Tapi dilanjut maraton dalam waktu beberapa jam. Dan akhirnya galau gara-gara tamat. ( ಠ_ಠ)

    • sepele sih, alasan paling utama karena pengisi suaranya Mbak Ayane Sakura.
      Alasan kedua karena saya tau bagaimana rasanya memendam perasaan pada seseorang tapi tidak pernah tersampaikan. (╥╯θ╰╥)

  48. Saya juga #teamtsubaki entah kenapa lebih dapet feelnya pas sama tsubaki apalagi pas tsubaki digendong kousei :v
    Tapi, masih tanda tanya itu kousei menang gak ya final pianonya ?

    • wah, ada yg setim nih.
      Pokoknya mah tetep Tsubaki lah. ngoahahaha ヽ(*´∇`*)ノ
      Eh, saya malah gk kepikiran finalnya. ?

    • Jujur aja saya sama sekali gk kepikiran soal itu. Soalnya tek pikir itu karena permainan pianonya, bukan menang kalahnya.

  49. Kenapa harus kawori yang RIP… Gua penggemar film thriller scifi psycho pokok ada darahnya aja tahan… Giliran nonton ini anime gak doyan makan 2 hari kelingan terus ?????

    • wah, selamat. Sepertinya Anda menemukan genre yang memang cocok untuk ditontnn selain darah-darahan. ε=ε=ε=┌(;*´Д`)ノ

  50. Wah.. pas kousei main piano di last episode trus ngebayangin kaori meninggal, gue kira itu cuma khayal kousei doang.. ehh tapi pas kousei bilang “sayonara” sama scene di makam, itu gue bener2 nyesek disitu :'( ternyata kaori bener2 RIP :'(

    • awalnya juga saya gk percaya, masa endingnya kayak gitu. Yang buat ceritanya berani banget, eh ternyata beneran meninggal. (╥╯θ╰╥)

    • Baru kali ini min ane seumur hidup nonton anime yang sad ending bisa nangis gak ketahan..

    • Banyak yang sudah jadi korban Kaori kok. Yang tabah gan. Saya pun sama. ahahaha :D

  51. Jujur ane bukan penggemar anime setelah jarang muncul di tv, tapi gak Tau kenapa Tau” muncul keinginan Nonton anime yang sedih Dan Nonton anime ini Dan anohana.
    ane telat banget nih Nonton keluar taun 2014 Nonton taun 2017.
    Menurut ane ini anime yang bisa buat siapa aja sedih, gak perlu Tau tentang Musik juga gak masalah.
    Anime yang kayak Gini gak mungkin ada season 2 deh soalnya inti ceritanya kaori.
    Emng bikin galau sih apalagi pas episode terakhir yang kaori muncul pas di councur arima, dari situ udah keliatan operasi nya gak berhasil. Gak perlu sampe episode terakhir anime ini udah bikin mewek pas pertengahan aja.

    • Bener, saya setuju banget. Saya pribadi juga gk begitu mengharapkan S2. Karena kemungkinan besar akan mengecewakan. Cukup diakhiri seperti ini.
      Iya, di pertengahan juga udah keliatan sedihnya, meski kadang ada aja saya nontonnya kebawa emosi sampe jengkel sama kelakukan Kaori. ahahahaha

  52. Sumpah pas saya ca kalo kaori meninggal, dada saya langsung kayak ditekan gitu, walaupun aku belum nonton, kata temen ku endingnya emang menyedihkan, langsung deh saya download. Tapi sebelum sampai last episode aku penasaran sama ending nya. langsung deh Q search ending nya dan ternyata kaori meninggal

  53. pedeess inii mataa, pedeess min
    tolongin ane
    padahal udah dapat spoilernya nih anime habis habisan dari temen ane
    ane denger juga nih OST ending ORANGEnya lebih dulu dari temen ane,
    ane download sendiri,
    ane replay terus lagu ini saking sukanya, sampai sampai ane jadikan nih lagu sbg pengantar setiap tidur ane
    ane merasa gimana gituh setiap dengar nih lagu, udah dibuat mewek mewek ga kerasa sendiri ane, ini lagu seolah olah mampu membuat ane nerka nerka sendiri gimana jalan cerita yang aslinya, pdhl kan ane belum nonton apa apa, belum tau apa apa *msih polos* tentang nih anime

    dari sana semua, malahan ane jadi dibikin penasaran, yaah walaupun udah tau jalan ceritanya gimana gimana

    jadi, ane download semua smpe tamat

    daaann
    ane tonton nih anime 2 hari monoton sampai tamat
    WTF!!
    dibuat bengkak nih mata, sampai ngaum ngaum kaya singa *ngga’ terima kaori meninggal*
    terus terngiang ngiang, kenapa siihh kaori ku cinta *uuppss* harus berbohong, pdhal kan bakal lebih bisa bahagia lagi kalonya dia jujur, bisa lebih nikmatin sisa detik detik kehidupannya
    (ಥ_ಥ)

    bayangkan min, apalagi kalo ane belum / tidak sama sekali mendapat nih spoiler
    bisa bisa hancur belah dua nih kamar
    guling guling di lampu merah

    tapi, ane sama sama suka deh dgn kaori & tsubaki
    sama sama kawaiiii
    masing masing punya karakteristik yang buat ngena dihati ane

    malah ane lebih tertarik sama si Nagi, inii niihh besarnya ane tebak kawaaiinya bisa melebihi kaori & tsubaki
    (๑•́ωก̀๑)
    *berharap cintanya bersemi sama arima di S2* *andai ada S2*

    #Respect ama kedua tim
    థ౪థ

    saddhheess banget sih ane dibuat anime inii…
    (ノಥ益ಥ)

    • Panjang banget komennya, sampe dianggap spam sama sistem.
      Tapi setuju deh sama kamu, saya juga walau udah dikasih spoiler, tetep maksain nonton dan ngena di hati ceritanya. Padahal udah tahu bakal gimana. Saya mah tetep Tsubaki ah. Tapi sedih ditinggal Kaori mah gk boong juga, kok. T_T

  54. Kayak ada yang aneh di dalam dada ane.. pengen ane keluarin aja perasaan aneh dari dada ini.. ada yang bisa jelaskan kenapa perasaan aneh ini bertahan.. stelah nonton mata gak nangis tapi diantara dada ini membuat sulit bernafas dan sakit.. oh shit,dan ada timbul rasa mau jadi musisi.. we love you Kaori :’)

    • Ah, saya paham pake banget perasaan situ. Rasanya kayak antara percaya gk percaya. Pengen menerima tapi hati ini tak kuat menampung kenyataan. #eaaa

    • Suee.. tapi ada benernya juga.. rasa sakit ini biasanya disebut apa ya? Lubangnya menutup perlahan ketika ane curahkan isi anime ini ke teman-teman :’v

    • Hanya sebatas galau, kok. asal jangan dipendem, ntar itu galau berubah jadi ledakan dan sulit disembuhkan. (*・_・)ノ

  55. Dan apa cuma ane disini yang baffer gara-gara anime ini.. quotes alay yang lucknut dan drama Korea gak baffer..

  56. Kalo disuruh milih antara kaori sama tsubaki, ane udah pasti milih kaori, kenapa? Yaa berkat dia arima bisa bangkit dri keterpurukan/trauma masa lalunya.. nah si tsubaki cuma mentingin perasaannya sendiri,, ahhh kamfreeettttt

    • Sebenarnya ada benarnya. Tapi menurut saya dua-duanya salah. Mereka sama-sama egois. Kaori berusaha membuat Arima bisa bermain piano lagi, tanpa memikirkan perasaan Arima.

      Sedangkan Tsubaki? Dia cuma mementingkan perasaannya sendiri dan melarikan diri dari apa yg seharusnya ia lakukan. Bahkan memanfaatkan Kaori yg berusaha membuat Arima mau bermain piano lagi. Akibatnya Tsubaki kena senjatanya sendiri. ( ´_ゝ`)

  57. asem ane belum pernah nonton tapi denger lagunya langsung suka yg 7 oops . Tapi waktu baca ini blog jadi.agak.baper dengernya, belum juga mau nonton , cari info tau tau dah ada kabar endingnya ga enka bgt -..+, keknya mau nonton jadi anu

    • Jangan anu dong, mending nonton deh biar gk anu.
      Nanti pas nonton juga langsung anu, dijamin langsung anu deh pokoknya. :D

  58. Kebetulan baru muter(browsing) si kaori kena ape. eh ga taunya mok*d.. ga jadi lanjut nontonya. :D ga kuat ane, udah diobok2 sama anohana udah cukup xD
    plotnya shigatsu hampir mirip girls of the wild, bedanya cuma cewenya(mau)pindah negara.
    PS: NTR tydak mendydyk

    • ew, webtoon kah? Saya pernah disaranin baca itu. Tapi gk jadi. awkakwakwka

      Ayo dong, tetep lanjut nonton. Prosesnya seru kok. huehehehe

  59. #teamkaori :v walaupun Kaori cuma numpang lewat tapi ane lebih suka Kaori dibanding tsubaki,ganggu aja tuh si tsubaki padahal tsubaki aja yg mati T_T :v !!,btw inget ga pas min pas scene Kaori ke kamar mandi terus ngeluarin obat banyak,perhatiin obatnya yg banyak itu min,obatnya mirip kaya pas flashback ibunya kousei ada dirumah sakit terus disitu ada salah satu scane yg nunjukin obatnya ibunya kousei itu mirip min obatnya terus banyak lagi ??
    Kaori Swann mengapa engkau mati pdahal biarin aja si tsubaki yg mati mau ketabrak ke,kelindes ke,bodo amat kalo tsubaki yg mati mah :v

    • Yap, inget. Makanya saya mengasumsi kalau Kaori menderita penyakit yg sama seperti ibunya Kousei. Bahkan keegoisan yang terus memaksa kousei bermain piano pun ada.

      Anjer, saya #teamTsubaki (ಥ_ಥ)

  60. Baper tingkat dewa . . Tiap malem rewatch endingnya . . Dan ane tetep mewek . . Hiks . .

  61. Ada yang pernah nonton plastic memories?
    Akhir akhirnya sama, kamvret kayak Shigatsu
    btw gw #KaoriSaosTiram

  62. Ni cerita emang nggak bisa di rewatch. Coba kaori nggak mati pasti nggak kayak gini akhirnya. #teamKaori

  63. Ya maksudnya gak kuat ditonton ulang, ngomong ngomong min masih ingat nggak di opening 1 lagu hikaru nara scene arima gendong kaori? Gue kira bakalan gitu endingnya eh malah diluar dugaan endingnya

    • oh iya, saya tau. Wkawkawk, saya malah gk ada kepikiran. Soalnya udah ketebak apalagi dieps pas kaori masuk rumah sakit. huehehe

    • Oh iya min tau anime Golden time nggak? Soalnya gue kira ceritanya hampir sama tapi beda endingnya aja

  64. Baru nonton marathon td seharian telat banget ya wkwk, endingnya bikin saya nangis parah sampe gabisa tidur dan berharap kaori itu tetap hidup :(

  65. abs nonton lagi your lie in april, nonton liga champion jd kebayang Kao-chan -_-
    gafokus, shit lah :(

  66. Ada yg pada sadar gk pas arima baca surat dri kaori….di awal surat “rasanya agak aneh menulis surat untuk seseorang yang baru saja tadi ketemu”

    • Bentar, saya agak lupa ini bagian mana.
      kalo gk salah seingat saya surat ditujukan pas awal-awal, tapi baru dibaca pas akhir episode. Intinya sih gitu.
      Coba koreksi kalo ada yang ganjal.

  67. Gue sebenarnya emang lebih dukung tsubaki buat jadian sama arima, tapi setelah gue tau kalau si kaori udah lama pengen berteman akrab sama arima seperti yang dilakukan watari dan tsubaki, dia ngerasa kalau gak ada tempat lagi buat dia di sisi arima, makanya di sisa hidupnya dia memulai semua kebohongan demi bisa dekat sama arima dan hilangin trauma arima yang gabisa dengarin permainan pianonya sendiri, semoga tenang di alam sana kaori, berhasil juga kaori bikin hilang trauma nya arima, btw setelah nonton kenapa gue yang jadi trauma tiap teringat anime ini ya? Shitt :’v #TeamTsubaki #RespectKaori #RipKaori

    • Mantap! Saya pun juga berpikir demikian. Cuman Tsubaki ny terlalu pengecut, dia gk berani melangkah, makanya dia mulai membohongi Arima dan dirinya sendiri.
      Apalagi pas tau Kaori mau deketin Arima, ini bisa jadi kesempatan buat Arima sembuh dari trauma ny. Cuman masalahnya, dia sembuh bukan karena Tsubaki, tp karena Kaori.

    • Dan menurut gw kousei akhirnya juga bakal move on, sama tsubaki (mangakanya menyerahkan aftermathnya ke imajinasi pembaca/penonton animenya). Atlet dan musisi dikombinasi anak2nya nanti jadi gimana gitu..

      #respecttsubaki #teamkaori

    • well, itu masih jadi misteri. Dan mungkin memang penonton dibiarkan untuk berimajinasi. :D

  68. Hahaha.. Kasian ya pada sedih gini cuman gara2 anime, kayak gue dong, yang cuman ga nyambung klo diajak ngomong smpe 5 harian.. *sama aja*

    Emang sedih banget yak sih ini anime.. Tapi ada yg nyadar gak sih, seandainya si Tsubaki yg mati, jadinya nanti kayak film indonesia yg judulnya “Heart”, yg nirina sama irwansyah itu, bwahahaha..

    Buat yg masih addict sama cerita yg nyesek2 kayak anime ini, gue punya saran, bukan anime sih, tapi novel (kalo minat baca sih), lumayan lah buat gantiin sedihnya anime ini, diganti sama kesedhian yang lain, yg *buat gw* jauh lebih sedih dari anime ini.. Hahaha…
    Coba cek novel Kaskus “Sepasang Kaos Kaki Hitam” a.k.a SK2H.. Yang udah tau, coba bales komen gw, bener ga lebih sedih dari anime ini, ditambah itu novel based on Kisah Nyata.. hahaha..
    Sory bukan promosi ya, itu novel ga berbayar kq.. baca & search aja di kaskus, atau ada yg versi E-Book, gratis semua kq.. Saran gw baca versi kaskus dulu, ntar pas bagian epoliog baca versi E-book.. Maaf ya sebelumnya..

  69. Baru tamat nontonnya, di episode-episode akhir baru terasa bapernya, sampai nangis pas si kaori meninggal, kasihan Kousei.

    Untungnya cepat diobati dengan anime komedi #teamkaori

    • mantap jiwa. Semoga cepat move on. Biasanya kalo diobati anime komedi, pas udah rampung nonton, bapernya nongol lagi, dan itu lebih parah.

      wehehehe #kabor ε=ε=ε=┌(;*´Д`)ノ

    • Mudah-mudahan ndak sampai berkepanjangan, karena jujur gw sudah banyak termakan spoiler tentang kaori-nya wafat tapi efeknya bikin penasaran jadi nonton dan akhirnya kerasa juga hati ini ditusuk..

    • nah itu, saya pun udah kenyang spoiler. Pas nonton beneran kejadian dan sakitnya itu … anjir dah, untung ada Tsubaki. #eh

    • (sedikit sisi lain dari shigatsu untuk mengurangi galau)

      Kalau yang pernah nonton anime/main game gadis kapal angkatan laut “KANCOLLE” pasti kenal 2 kapal ini “Shimakaze” (destroyer/perusak) dan “Ashigara” (heavy cruiser/penjelajah berat), dan gara-gara nonton anime itu gw jadi ingat suara si Tsubaki mirip sama Shimakaze dan Kaori mirip Ashigara.

    • Yap, mereka satu pengisi suara. Salah satu alasan gw #teamtsubaki karena pengisi suaranya Ayane Sakura, huehehe (ノ)’ω`(ヾ)

  70. Sekarang sudah bisa move on tapi belum berani nonton ulang atau melihat ulang adegan-adegannya (misalnya AMV), atau ending keduanya (alias ndak kuat nonton ulang).

    • saya aja udah berapa taun gk mau nonton yg ada kaitannya sama shigatsu. Paling cuma dengerin ost ny huehehe 😂

    • Tapi kalau fanfictionnya ane masih kuat (apalagi ceritanya tentang Kaori ternyata masih hidup #teamkaori). Meski ada juga meski lebih sedikit, cerita #teamtsubaki yg oke.

    • well, ff memang bisa jadi pengobat hati buat penggemar yg gk mau atau belum bisa nerima ending certia. Soalnya di ff kita bebas berekspresi.

      Move on atuh pak, nonton angel beats tuh. mantap. 😂

    • Wah, gw belum berani nonton anime galau lagi (anohana, angel beats, plastic memories, dll). Mending ane nonton anime action-militer dengan taburan fanservice seperti seri strike witches (angkatan udara) atau girls und panzer sekalian (angkatan darat), hehehe.

      BTW ane sebenarnya menerima endingnya lho meski sedih.

    • justru galau dialihkan ke kartun lain, huehehe.

      well, saya juga. Mau gimana lagi, dari episode pertengahan juga udah ketebak. Apalagi banyak spoiler. jadi gk kaget. Cuma galaunya itu tetep ada. (。ŏ_ŏ)

  71. Kasian jyga sih kaori mati.. Tp aku sama kayak kamu.. #tsubakiteam.. Entah kenapa kalok nonton film yg ada sahabatan cewek sama cowok,terus ada pengganggu nih (meskipun pemeran utama) entah kenapa aku ngga suka, kaori memang mampu membangkitkan semangat kousei buat main piano lg, tapi tsubaki itu yg selalu ada buat kousei.. Seneng sedih, tahu kousei dipukul dan dimarahi ibunya, berusaha bikin kousei bahagia dengan caranya sendiri.. Menurutku sih, kaori tuh kayak bidadri penolong dan si tsubaki kayak malaikat pelindung buat kousei😀😍😇

    • aduh,masuk spam nih. Jadi baru ke baca. Maafkan.

      Bagus, #tsubakiteam bertambah. huehehe.
      Tapi kalo soal pengganggu di film itu menurut saya hal biasa. Malah justru pengganggu ini yang membuat ceritanya hidup. Yang bikin emosi penonton dibikin naik-turun. Dan bikin penonton ketagihan dalam arti penasaran buat kelanjutan cerita. hehehe.

      Salam #TsubakiTeam

  72. Aku tim tsubaki juga..entah kenapa kalok ada film ttg persahabatan cewek cowok,terus ada pengganggu (meskipun pemeran utama) aku ngga suka ih.. Kasihan juga sama kaori.. Meskipun dia bisa bikin semangat kousei buat main piano lg tp tsubaki temen masa kecilnya.. Sebagian waktu mereka habiskan lebih banyak ketimbang kaori.. Tsubaki yg selalu ada ketika kousei menangis, dia juga berusaha membuat kousei punya semangat untuk main piano lg.. Tp nihil hasilnya, kenapa?? Karena tsubaki ngga suka musik

    • iyap, Tsubaki udah bingung karena dia gk tau apa itu musik. Dia gk bisa main piano. Apa yg dia dengar dari permainan piano kousei pasti dianggap bagus. Karena emang dia gk tau apa itu musik.

      Dan ketika Kaori datang? Dia pikir ini pilihan tepat untuk membuat Kousei semangat, meski harus membuat dirinya semakin jauh dari Kousei. (ಥ_ಥ)

  73. Tsubaki juga menurutku ngga salah.. Kan dr awal tahunya si kaori suka sama watari.. Ehh kesini2nya malah deket sama kousei.. Di satu sisi dia ngga suka kaori deket sama kousei,tp disisi lain dia juga pengen lihat semangatnya si kousei buat main piano lg.. Dan yg mampu nglakuin itu semua si kaori 😭😭

    • Iyap, dia udah bingung mau bagaimana. Jadi dia cuma bisa diam ngikutin arus. Soalnya dia tau, kalau dia gk bisa apa-apa.

      Hadeh, Tsubaki!! Dirimu sampe segitunya. 😭😭

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *