[Kutipan] Girls und Panzer der Film

Girls und Panzer der Film
Girls und Panzer der Film

Seperti yang diketahui, semua anime memiliki kutipan atau beberapa ungkapan yang berisi makna dalam atau bahkan terkadang hanya sebatas ucapan tak berarti. Dan dalam film layar lebar Girls und Panzer pun sama. Saya telah mengumpulkan beberapa ungkapan yang diucapkan karakter dalam anime dengan penjelasan singkat di dalamnya.

Berikut beberapa kutipan yang ada dalam anime Girls und Panzer der Film beserta penjelasannya.

Darjeeling dan Orange Pekoe
Darjeeling dan Orange Pekoe

Saat daun teh berdiri, maka tamu mengagumkan akan muncul.

Darjeeling

Kutipan ini diucapkan Darjeeling diawal-awal film saat musuh, yaitu tim Ooarai mengepung tim St. Gloriana. Dan “tamu” yang dimaksud di sini adalah musuh atau tim Ooarai tersebut.

“Tetap elegan dalam kondisi apa pun”, itulah prinsip perang pasukan panser St. Gloriana.

Darjeeling

Maksudnya meski dikepung musuh, tapi harus tetap tenang dan terlihat elegan. Seperti yang disebutkan, ini merupakan prinsip perang St. Gloriana.
Malah lagi perang begini mereka asyik minum teh di dalam tank, tapi meksi begitu mereka tetap serius melawan musuh.

Menyerang secara agresif, sih memang bagus. Tapi kalau kalah sama saja tidak berguna.

Suzuki

Kutipan ini dilontarkan oleh anggota yang menaiki Leopon, yaitu Suzuki, atau tank Tiger (P) yang P sendiri artinya Porche. Kalimat ini sendiri ditujukan pada tim Chihatan yang selalu maju dan menyerang seenaknya tanpa memikirkan strategi penyerangan.

Perintah itu sama dengan peraturan!

Midoriko Sono

Kalimat ini diucapkan Midoriko sang ketua Seksi Kedisiplinan yang mengendarai tank B-1 atau tim yang disebut Bebek Liar, karena memang tank-nya berbentuk seperti bebek. Maksudnya sendiri adalah perintah yang dikeluarkan harus diikuti dan tidak boleh dilanggar.

Peraturan itu ada untuk ditaati. 

Midoriko Sono

Sama seperti sebelumya, kalimat ini ditujukan pada tim Chihatan yang seharusnya menaati peraturan yang ada, yaitu menjaga pos masing-masing tank dan tidak melanggarnya dengan seenaknya maju atau menyerang musuh.

BT-42 yang dikendarai Mika Aki dan Mikko
BT-42 yang dikendarai Mika Aki dan Mikko

Manusia adalah makhluk yang sering gagal, yang terpenting adalah apa yang bisa dipelajari dari itu.

Mika

Yang mengatakannya adalah Mika, saya sendiri kurang tahu dari sekolah mana, yang saya tahu dia mengendarai tank BT-42, tapi kalau di game tank tank yang dimaksud adalah BT-7 Art. Kalimat tersebut sendiri dilontarkan pada tim Ooarai dan kawan-kawan karena gagal mengepung tim musuh. Oh iya, di pertandingan persahabatan ini Mika sendiri hanya sebagai penonton, makanya bisa meihat seluruh pertandingan.

Dalam hidup, masa-masa penting akan datang beberapa kali.

Mika

Seperti yang saya katakan sebelumnya kalau Mika dan teman-temannya hanya menonton pertandingan ini, dan Mika merasa pertandingan ini tidak terlalu penting jadi tidak ikut berpartisipasi.

Meski hanya pertandingan persahabatan, tapi menang itu tetap terasa luar biasa, ya.

Assam

Assam sendiri merupakan pengemudi dari Churchill di St. Gloriana bersama dengan Darjeeling sebagai kapten dan satunya lagi sebagai penembak. Menurutnya, kemenangan di pertandingan yang hanya sebatas persahabatan ini tetap terasa menyenangkan dan luar biasa.

Menang adalah hadiah dari pertempuran. 

Darjeeling

Dan menurut Darjeeling sendiri kemenengan dari suatu pertempuran atau pertandingan adalah hadiah yang bisa didapat.

Kalau tidak berendam lama, maka tidak akan bisa jadi kapten yang baik, lo.

Nonna

Pernyataan ini ditujukan pada Katsyusha yang tidak tahan air panas dan ingin keluar dari pemandian, tapi Nonna menyuruhnya untuk lebih berendam sedikit lama lagi dengan alasan agar bisa menjadi kapten yang baik.

Selama hati kita tidak gugur, bunga akan tumbuh di mana pun. 

Hana Isuzu

Maksud dari penyataan Hana diatas adalah di mana pun berada kita akan tetap bisa hidup selama hati kita tidak menyerah dan terus berjuang.

Dalam Senshado tidak ada yang namanya keberuntungan, yang ada hanyalah kemampuan.

Shiho Nishizumi

Kalimat diucapkan oleh Shiho atau ibunya Miho, dia mengatakan dengan nada tegas kalau kemenangan Ooarai dalam pertandingan sebelumnya bukanlah keberuntungan, melainkan murni kemampuan. Ini juga merupakan bentuk dukungan tidak langsung untuk Ooarai agar bisa mengikuti pertandingan profesional.

Meskipun mustahil, tapi tidak ada jalan yang tidak bisa dilewati panser. Panser akan tetap melaju dibawah tembakan musuh.

Miho Nishizumi

Menurut Miho, apa pun pertarungannya, panser atau tank akan tetap bisa menerjang musuh. Meski pertandingan yang diikuti mereka terlihat sulit, tapi Miho mengatakan untuk pantang menyerah.

Kalau tidak berjuang sekarang, kapan lagi?

Momo Kawashima

Kata-kata ini keluar saat Momo merasa memiliki tanggung jawab untuk memperhatikan semuanya setelah harus turun kapal, apalagi seksi kedisiplinan mogok kerja karena menganggap merekasudah tidak ada gunanya, toh sekolah sudah berakhir? Tapi Momo bersikeras walaupun mengalami hal sulit tapi harus tetap berjuang, karena kalau bukan sekarang mau kapan lagi?

Jika mundur, maka kesempatan akan hilang.

Miho Nishizumi

Sama seperti sebelumnya, menurut Miho kita tidak boleh membuang kesempatan yang ada. Ini juga untuk membuktikan kalau kemengan Ooarai sebelumnya bukanlah sebuah kebetulan.

Percaya dengan dikendalikan itu beda.

Maho Nishizumi

Pernyataan ini sebenarnya lebih ke menyindir Katyusha yang mengatakan harus lebih percaya pada adiknya yaitu Miho. Dan membandingkannya dengan Nonna yang selalu percaya apabila Katyusha mengatakan warna salju itu hitam, tapi menurut Maho pernyataan Katyusha tersebut berbeda dengan pemikirannya yang mengatakan kalau percaya dan dikendalikan atau diperintah harus percaya adalah hal berbeda.

Kesuksesan merupakan buah dari keberanian.

Darjeeling

Yang artinya pencapaian merupakan hasil dari keputusan yang berani diambil, dan hal itu melekat pada Miho yang berani mengambil keputusan untuk sedikit lebih agresif diawal.

Erika saat mengatakan soal Tim Darurat
Erika saat mengatakan soal Tim Darurat

Walaupun tim darurat, tim tetaplah tim.

Maho Nishizumi

Pernyataan ini sedikit menyindir Erika yang mengatakan masa harus bekerja sama dengan tim darurat? Tapi menurut Maho meskipun tim darurat tapi tetaplah disebut tim.

Takdir itu tidak ada yang mengetahuinya, yang tidak diunggulkan belum tentu akan kalah.

Darjeeling

Menurut data yang diperoleh Assam, tim Ooarai akan memasuki pertempuran yang sengit karena memang tim lawan sangat diunggulkan dari segi apa pun. Tapi Darjeeling mengatakan kalau yang diunggulkan justru belum tentu bisa menang. Miho pun setuju dan mengatakan lebih baik kita bertempur sesuai dengan kemampuan masing-masing.

Asal berusaha belum tentu hasilnya bagus.

Mika

Mika berpikir kalau cuma asal berjuang, asal melakukan dengan sebaik mungkin tanpa memikirkan sekitar belum tentu akan membuahkan hasil yang bagus. Dan memang saat pertempuran berlangsung tim Ooarai sedang tidak memperhatikan sekitar kalau mereka sudah terkepung tapi asal menembak dan mengiktui arus musuh yang membuat tim Ooarai terjebak perangkap musuh.

Pertarungan itu dilakukan bersama-sama.

Satoko Nakajima

Setelah semua tim Pravda mengorbankan diri untuk menahan musuh, yang tersisa dari Pravda pun hanya Katyusha. Dan Katyusha sendir masih galau dan berpikir seenaknya sendiri, bahkan saat musuh mengejar Katyusha masih tetap coba untuk menahan dan menyerang musuh. Tapi tim lain mengatakan pada Katyusha untuk mundur terlebih dahulu karena bertarung sendirian akan sulit untuk dilakukan.

Pertarungan ditentukan saat lima menit terakhir.

Darjeeling

Tepat setelah Churchill yang dinaiki Darjeeling dikalahkan, Darjeling mengatakan kalimat diatas dengan maksud pertarungan biasanya akan terlihat hasilnya saat lima menit mendekati akhir.

Aturan ada untuk dilanggar.

Midoriko Sono

Tidak biasanya Sodoko mengatakan hal seperti ini, mungkin karena memang sudah tidak ada cara lain akhirnya mereka pun ikut bertempur mengikuti arus dengan menyetujui perintah Duce tanpa arahan Miho.

Baca Juga:  [Kutipan] Kami-sama no Memochou

Jadi seperti itulah beberapa kutipan karakter dalam anime Girls und Panzer der Film yang saya kumpulkan. Pasti ada beberapa yang membuat kalian mengerutkan dahi karena bingung maknanya, ya? Tidak apa-apa, jangan dipaksakan. Kadang saya pun bingung sendiri.

Kalian harus bijak dalam memahami makna diatas, ya. Kalau jelek jangan ditiru, tapi kalau bagus silakan untuk dilakukan siapa tahu bisa dijadikan semangat dalam hidup kalian.

irzie

Seorang pengulas amatir yang ingin terus meningkatkan kemampuannya. Ada perlu? Kontak saya di twitter @irzie_

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.