Apa Itu Daruma Otoshi?

Ada yang sudah nonton Asobi Asobase? Kali ini masih ada kaitannya sedikit, tapi bukan animenya melainkan suatu permainan yang di bahas di dalam anime tersebut. 

Kalau kalian masih ingat anime Asobi Asobase episode satu bagian akhir setelah lagu penutup ada cuplikan mengenai Daruma Otoshi, sebenarnya pengertian yang disampaikan dalam anime tersebut adalah salah, itu hanyalah candaan tentang riajuu/orang populer. Lalu apa itu daruma otoshi?

Daruma Otoshi versi Anime Asobi Asobase

Daruma Otoshi versi Asobi Asobase
Daruma Otoshi versi Asobi Asobase

Gambar diatas memang Daruma Otoshi, tapi sekilas mirip ulat, ya? Saya juga awalnya berpikir demikian. Pengertian Daruma Otoshi menurut Asobi Asobase adalah permainan yang dimainkan cewek populer, lebih tepatnya yang diburu cewek populer, di mana si cewek akan melakukan pesta minum atau kencan buta dengan cowok-cowok tampan dan akan menggait si cowok tersebut dengan tipu muslihatnya. Padahal cowoknya sendiri enggak ada tertarik sama ceweknya. Intinya sih cewek yang mencari cowok hidung belang, itu yang saya tangkap dari kesimpulan di atas.

Tapi, aslinya bukan itu ya. Pengertian di atas adalah salah. Lalu apa Daruma Otoshi itu? Sebelum di bahas lebih lanjut, saya jelaskan dulu arti Daruma.

Daruma (達磨)

Daruma (達磨) adalah boneka yang juga mainan asal Jepang dengan bentuk hampir bulat, dengan bagian dalam yang kosong serta tidak memiliki kaki dan tangan. Boneka ini dipercaya membawa keberuntungan dan lambang harapan yang belum tercapai. Biasanya Daruma ini dijual dengan kedua mata kosong atau belum digambar. Bila seseorang yang membeli ingin suatu harapannya terkabul, maka dia akan menggambar satu mata dengan cara menghitamkannya menggunakan kuas dan tinta, bila harapannya sudah tercapai maka dia akan menggambar mata yang satunya lagi. Bentuknya seperti di bawah ini.

Baca Juga:  Sosok Gakuto Sasajima di Nana Maru San Batsu
Daruma Milik Shinonome Hakase di Anime Nichijou
Daruma Milik Shinonome Hakase di Anime Nichijou

Dengan kata lain Daruma ini seperti sebuah tujuan yang harus dipenuhi, karena bagaimanapun caranya sang pemilik harus menggambar dua matanya dengan semangat menggapai harapan yang ingin dia lakukan.

Daruma Otoshi

Nah, sekarang apa itu Daruma Otoshi? Daruma Otoshi adalah permainan asal Jepang yang di mana kepala Daruma akan memiliki badan terpisah dibagian bawahnya seperti ulat yang ada digambar pertama tadi. Nantinya badan-badan dibawahnya akan dipukul bergiliran menggunakan palu dari kayu tetapi kepala Daruma sendiri jangan sampai terjatuh, kalau ada pemain yang memukul dan kepala Daruma ikut terjatuh maka akan dianggap kalah.

Saya sendiri ingat salah satu permainan balok yang ditumpuk seperti Daruma Otoshi dan kita pemainnya akan mengambil satu per satu balok tersebut secara bergiliran namun tidak boleh sampai hancur atau rubuh. Hanya saja saya lupa nama permainannya, mungkin ada yang tahu?

Permainan Daruma Otoshi di Anime Nichijou
Permainan Daruma Otoshi di Anime Nichijou

Nah, seperti gambar di atas. Badan atau tubuh bawahnya akan dipukul dan bagian kepalanya jangan sampai jatuh. Setelah melihat gambar di atas kalian pasti tahu kenapa namanya Daruma Otoshi, ‘kan? Yap, karena bagian kepalanya mirip boneka Daruma.

Sebenarnya ada satu permainan lagi yang menggunakan nama Daruma, yaitu Daruma ga Koronda. Tapi saya enggak akan membahas itu, mungkin lain kali saja. Terima kasih, sampai jumpa.

irzie

Seorang pengulas amatir yang ingin terus meningkatkan kemampuannya. Ada perlu? Kontak saya di twitter @irzie_

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.